Punya Banyak Barang Lama? Ini Trik Jual Barang Cepat Laku

Jangan biarkan barang lama menumpuk di ruang penyimpanan terus-menerus. Jika barang tidak kunjung laku, harus ada strategi yang dilakukan untuk menyiasatinya. Gunakan trik untuk bisa jual barang cepat laku yang akan dibahas di artikel ini. Ada beberapa trik ampuh yang bisa Anda terapkan dalam menangani beberapa stok lama Anda tanpa harus mengalami kerugian. Tips ini juga berguna bagi Anda yang berbisnis online, apalagi banyak sekali dagangan jualan online paling laris.

Dengan menerapkan trik jual barang cepat laku ini, Anda bisa lebih gesit dalam mengelola pasokan barang yang Anda miliki. Termasuk juga menghindari potensi-potensi kerugian yang tidak perlu. Dari ulasan ini juga, ada catatan penting yang bisa Anda jadikan pedoman, yakni riset minat terhadap produk adalah hal penting untuk dilakukan agar Anda punya gambaran tentang produk yang punya potensi jual dengan yang tidak.

Bagi Anda pebisnis yang ingin jualan online paling laris, Mulailah dengan merapikan stok barang Anda!

Pilah Produk yang Laku dengan yang Kurang Laku

Trik pertama yang penting sekali untuk dilakukan adalah memilah-milah produk Anda. Pisahkan mana jualan online paling laris dan mana barang yang kurang laku. Hitung juga stok barang-barang ini untuk bisa menerapkan trik jual barang cepat laku yang lainnya. 

Dengan mengetahui produk mana saja yang kurang laku, Anda kemudian bisa memisahkannya lagi berdasarkan tenggat tanggal kedaluwarsanya. Tujuannyanya adalah agar Anda tahu barang lama mana saja yang harus segera dijual sebelum mencapai tanggal masa kedaluwarsanya. Ini tentunya juga berguna demi menghindari kerugian.

Promosikan Lebih Gencar, Kunci Jual Barang Cepat Laku

Setelah memilah dan memberi kategori tambahan untuk stok barang lama sekaligus barang yang kurang laku ini, hal berikutnya yang harus Anda lakukan agar dapat jual barang cepat laku adalah mempromosikan barang tersebut. Tentunya dengan lebih gencar, seolah produk tersebut adalah produk jualan online paling laris dari sekian produk yang Anda jual.

Jangan ragu juga untuk menggunakan beberapa opsi promosi yang ada, mulai dari memakai iklan berbayar di platform media sosial hingga endorsement atau paid promote. Melakukan promosi mandiri dengan menyertakan beberapa strategi promosi lainnya juga bisa dilakukan, seperti melakukan challenge, kuis, atau giveaway.

Tahukah Anda? Promosi bisnis juga bisa dilakukan dengan TikTok lho! Ga Percaya? Simak ulasannya di sini!

Berikan Diskon atau Penawaran Spesial 

Masih ada kaitannya dengan berpromosi dengan gencar, trik jual barang cepat laku lainnya adalah dengan memberikan diskon atau penawaran-penawaran spesial. Jika ada momen tertentu, Anda bisa menawarkan potongan harga khusus untuk produk tersebut. Bisa juga dengan memberi tawaran beli 1 gratis 1 agar bisa menjual barang cepat laku dan lebih cepat habis.

Siasat lainnya yang juga patut dicoba adalah menyertakan beberapa produk dengan pasokan lama yang kurang laris dalam kategori flash sale. Kategori ini sudah cukup umum ditemukan di beberapa platform e-commerce karena memungkinkan Anda untuk menjual produk dengan tawaran harga jauh lebih murah dengan lebih cepat pula.

Jual Cepat Laku engan Produk Terlaris dalam Paket Bundling

Trik jual barang cepat laku yang terakhir adalah membuat paket bundling. Trik paket bundling ini cukup umum ditemukan di beberapa supermarket atau pusat perbelanjaan besar. Ini dikarenakan bisnis supermarket biasanya memasok barang dalam jumlah yang sangat besar. Jadi, wajar jika terjadi penumpukan barang yang tidak begitu laku dalam waktu-waktu tertentu.

Biasanya di dalam paket bundling ini akan dibuat penawaran menarik, seperti menjual produk yang tidak laku atau stok lama bersamaan dengan produk-produk paling laris dan banyak dicari oleh pembeli. Harga yang dipasang untuk paket bundling ini juga biasanya relatif lebih murah daripada membeli barang tersebut secara satuan.

Agar memungkinkan untuk melakukan pengurangan harga, Anda juga bisa menggabungkan dua jenis barang dengan margin harga yang berbeda. Produk yang satu dengan margin lebih rendah, sementara yang lainnya dengan margin lebih tinggi. Produk dengan margin lebih tinggi ini umumnya adalah produk yang laris itu tadi. Jadi, dalam paket bundling, biasanya harga produk margin rendah akan dikurangi.

Hasilnya, kerugian karena memasok terlalu banyak barang yang kurang laku bisa dihindari. Jika Anda hendak memasok barang yang sangat laris, Anda pun makin yakin mengambil dengan jumlah banyak.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKMĀ di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply