5 Tips Memeriksa Stok Barang untuk Pedagang Online

Banyak kemampuan yang perlu dikuasai mereka yang ingin terjun ke bisnis perdagangan online atau marketplace. Salah satu rekomendasi jualan online yakni terkait pengetahuan perhitungan stok barang. Manajemen stok barang jadi salah satu faktor terpenting dalam berbisnis toko online. Terlebih jika bisnis online yang Anda jalankan tersebut dipercayakan kepada karyawan. 

Stock opname adalah aktivitas penghitungan persediaan stok barang di tempat penyimpanan atau gudang sebelum dijual. Kegiatan dalam stock opname mencakup pemeriksaan dan penghitungan menyeluruh terhadap barang yang tersedia di tempat penyimpanan secara langsung. 

Meski bisa dibilang cukup merepotkan dan menyita waktu, stock opname sangat diperlukan untuk kelancaran penjualan, terutama dalam kaitannya dengan stok barang. Berikut 5 tips dalam memeriksa stok barang dalam menghitung stock opname yang jadi rekomendasi jualan online:

Membuat laporan stok

Agar lebih mudah membuat laporan stok, sebaiknya Anda membuat template laporan stok yang mudah dipahami. Beberapa poin penting yang perlu dimasukan dalam laporan stok di antaranya adalah jumlah stok awal, stok masuk, dan stok keluar.

Cantumkan poin lain yang dianggap penting dalam pembuatan laporan stok barang, seperti barang yang rusak atau hilang. Buat tabel-tabel yang terpisah dalam satu halaman agar mudah dipahami. Satu yang tak kalah penting dalam laporan stok barang, buat kolom khusus berupa stok akhir. Ini sangat berguna untuk mengetahui ketersediaan barang secara berkala. Stok akhir dihitung dari penjumlahan stok awal ditambah stok masuk, dan dikurangi stok keluar. 

Buat laporan penjualan

Sebagaimana laporan stok barang, Anda juga bisa menyiapkan template untuk pembuatan laporan penjualan. Bentuk template laporan ini dibuat sesuai dengan produk yang dijual di toko Anda. Catat setiap produk yang dijual serta berapa banyak penjualannya dalam sehari. Lakukan input data secara terus menerus. 

Data dari laporan penjualan ini bisa dipakai juga untuk membantu menganalisis barang-barang yang masuk kategori paling sering terjual, juga sebaliknya untuk mendeteksi produk yang sulit dijual. 

Pakai alat untuk mempermudah

Rekomendasi jualan online lain yaitu mempersiapkan alat penunjang untuk memudahkan proses stock opname barang. Bisa berupa stiker, buku catatan, tag, atau jika jumlah produknya cukup banyak bisa menggunakan barcode. Tidak sedikit juga bisnis online yang mulai beralih ke teknologi QR code untuk memudahkan operasional bisnis.

Penggunaan alat-alat penanda ini akan sangat membantu Anda mencatat stock opname yang lebih mudah dan akurat. Penanda juga mengurangi risiko barang-barang di penyimpanan yang luput dari hitungan. Pemberian tanda juga diperlukan untuk memastikan barang tidak terpisah dari kelompoknya. 

Jika barang tidak ditandai, kemungkinan Anda akan kerepotan ketika mendapati banyak pesanan yang datang, sehingga Anda harus seringkali kesulitan menemukan barang yang dicari. Pada kasus penjual online yang sudah cukup sukses, tempat penyimpanan biasanya didesain dengan denah khusus dan memiliki sistem penomoran tersendiri. Pedagang menempatkan barang dagangan sesuai kriteria tertentu untuk memudahkan proses perhitungan fisik. 

Pisahkan stok lama dengan stok baru

Jangan sampai Anda mencampurkan stok lama dan stok baru di satu tempat. Ini akan membuat pencatatan stock opname membingungkan. Pemisahan stok lama dan stok baru juga bertujuan agar barang yang masuk lebih awal bisa terjual lebih dulu. Ini erat kaitannya dengan risiko barang yang kadaluarsa atau rusak.

Sebaiknya, gunakan rak khusus agar penataan stok barang lama dan yang baru bisa efisien sekaligus memudahkan perhitungan stock opname. Jika enggan menggunakan rak, Anda juga bisa memakai kardus untuk memisahkan stok barang.

Stock opname berkala

Anda harus benar-benar mengetahui barang yang keluar masuk di gudang penyimpanan. Maka dari itu, penting melakukan stock opname barang secara periodik. Masalah yang sering dialami pemilik bisnis adalah tidak sempat melakukan aktivitas pencatatan lantaran terlalu sibuk akibat toko miliknya mendapatkan banyak pesanan pelanggan.

Ketika hal tersebut terjadi, Anda bisa mengakalinya dengan melakukan stock opname ketika bisnis sedang berada di masa low season. Tetapi, hal tersebut tidak direkomendasikan jika produk yang Anda jual berupa makanan dan minuman. 

Itulah beberapa rekomendasi jualan online yang bisa Anda praktikkan untuk menunjang ketersediaan stok barang. Bisnis yang semakin berkembang tentunya memerlukan sistem pemeriksaan stok barang yang lebih kompleks. Oleh sebab itu, Anda perlu menunjang kemajuan bisnis Anda dengan modal yang cukup untuk membiayai lebih banyak tenaga kerja. Urusan pinjaman modal usaha, percayakan saja dengan Modalku.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply