3 Keunggulan Strategi Bundling Saat Jualan Online

Saat berbelanja online, Anda pasti sudah cukup akrab dengan penawaran bundling. Strategi bundling sendiri artinya strategi untuk menggabungkan penjualan beberapa produk menjadi satu paket. Strategi bundling sering kita temui dalam penjualan gadget, furniture, bahkan produk makanan. 

Tujuan dari strategi bundling tentu untuk meningkatkan penjualan dan memberikan prosedur pembelian dan tentunya harganya murah. Dengan banyak keunggulan, pembeli pasti akan lebih tertarik berbelanja di toko Anda. Jika Anda ingin menerapkan strategi bundling dalam jualan online Anda, simak penjelasannya berikut ini!

Lihat juga: “Ini Dia! 5 Strategi Pemasaran Online agar Toko Anda Makin Ramai”


Jenis Bundling

Jenis bundling dibagi menjadi dua, bundling alternatif dan bundling murni. Bundling alternatif memberikan pilihan untuk pembeli untuk membeli salah satu produk atau membeli satu paket produk secara bersamaan. Contoh saat berjualan gadget, pembeli bisa membeli paket gadget dengan perangkat tambahan atau gadget-nya saja. 

Berbeda dengan bundling murni, jenis bundling ini tidak memberikan pembeli pilihan untuk membeli salah satu produk saja. Mereka hanya bisa paket produk, misalnya membeli rumah yang sudah termasuk dengan desain interiornya dalam satu paket utuh.

Manfaat Strategi Bundling

Strategi bundling memiliki 3 manfaat untuk pembeli dan Anda sebagai penjual. Apa saja? berikut ini penjelasan singkatnya:

  • Memudahkan pembeli dalam berbelanja

Saat berbelanja, sering kali pembeli terjebak dalam memilih produk. Strategi bundling hadir untuk mengurangi kebingungan pembeli. Misalnya mereka menginginkan satu produk saja, tetapi ada produk baru yang menarik untuk dicoba. Dengan strategi bundling, pembeli bisa memenuhi kebutuhannya sekaligus juga mendapat pengalaman dengan produk baru yang dicobanya.

  • Sekali promosi untuk lebih dari satu produk

“Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui,” pepatah tersebut menggambarkan efektivitas strategi bundling. Karena produk dijual dalam satu paket, strategi bundling juga bisa mempromosi lebih dari satu produk sekaligus.

  • Nilai jual jadi lebih tinggi

Percayalah, penjualan bundling ternyata lebih diminati oleh pembeli. Dengan banyaknya minat pembeli, tentunya nilai jual menjadi lebih tinggi dibandingkan hanya menjual satu produk secara terpisah.


Cara Mengaplikasikan Strategi Bundling

Dalam mengaplikasikan strategi bundling, Anda juga tidak boleh sembarangan. Salah-salah, Anda bisa merugi karena bundling justru kurang diminati oleh pembeli. Tenang saja, ada cara mengaplikasikan strategi bundling yang mudah diikuti sebagai berikut.

1. Pasangkan produk baru dengan produk terlaris

Produk baru pasti masih asing di mata pembeli. Itu sebabnya, tanpa promosi yang tepat, produk baru bisa jadi tak laku. Itulah mengapa strategi bundling diperlukan untuk mengenalkan produk baru pada pembeli. Caranya dengan memasangkan produk baru dengan produk terlaris di toko Anda. Selain produk baru, Anda bisa menjualnya bersama dengan produk lama atau produk yang jarang dibeli. Tujuannya agar produk-produk ini ikut terjual saat pembeli membeli produk yang laris.


2. Patok dengan harga yang lebih murah dari harga satuan

Tujuan pembeli membeli bundling adalah lebih hemat dibandingkan beli satuan. Untuk itu, Anda harus cermat mengatur harga bundling agar jatuhnya bisa lebih murah dari harga satuan tanpa membuat Anda merugi.


3. Kemas dengan menarik

Bundling yang menarik tentunya menarik perhatian pembeli. Itulah mengapa  Anda sebagai penjual harus bisa mengemas bundling agar terlihat menarik. Beri tampilan unik dan menarik agar mudah memancing minat pembeli. Jangan lupa untuk mempromosikan bundling agar pembeli semakin tertarik membeli jualan Anda. Promosikan jualan online Anda di media sosial supaya bisa mencangkup calon pembeli lebih luas lagi.

Jualan online dengan strategi bundling memang bisa meningkatkan penjualan jika dilakukan dengan benar. Itulah mengapa Anda harus terus mencermati perkembangan zaman dan memanfaatkan waktu yang tepat agar bundling bisa menarik perhatian. Jangan lupa untuk selalu berinovasi dan lakukan promosi produk bundling di media sosial toko Anda. 

Lihat juga: “Pentingnya Desain Kemasan Produk Bagi Bisnis Online”

Sebagai strategi agar jualan online makin laris, bundling patut dicoba. Selain menguntungkan, bundling dapat membantu menghabiskan stok barang lama. Agar bundling lebih maksimal, Anda perlu tambahan modal, Modalku menyediakan pinjaman modal usaha bagi pengusaha online. Anda dapat mendapat modal hingga 250 juta rupiah. Segera klik tombol di bawah ini untuk ajukan pinjaman! Jadikan jualan online makin laku bersama Modalku!

Ajukan Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply