Promo Ramadhan, Strategi Jitu Tingkatkan Penjualan

promo ramadhan

Ramadhan menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh para pelaku bisnis. Ketika memasuki bulan Ramadhan, banyak bisnis atau usaha yang memberikan promo Ramadhan, mulai dari paket bundling, buy 1 get 1, dan lainnya. Lalu, mengapa promo Ramadhan itu penting dan bagaimana strategi yang pas saat menjalankan promo ini? Simak jawabannya pada penjelasan berikut!

Mengapa Promo Ramadhan Penting?

Program promo Ramadhan memang sudah terbukti sangat ampuh dalam menarik hati konsumen agar membeli produk kita, apalagi kalau produk yang dijual berhubungan dengan kebutuhan Ramadhan. Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh penjual saat melakukan promo ini?

  1. Meningkatkan penjualan usaha

Saat bulan Ramadhan, banyak orang menerima Tunjangan Hari Raya (THR), sehingga membuat orang lebih terdorong untuk berbelanja. Maka, berbagai sektor pun mengalami peningkatan penjualan dengan drastis. Promo Ramadhan sudah tentu menjadi satu hal yang banyak dicari orang dan bisa menjadi kesempatan untuk meningkatkan penjualan usaha.

  1. Bisnis berinovasi lewat produk baru

Bulan Ramadhan juga menjadi momen yang tepat untuk menciptakan produk baru, terutama produk-produk yang banyak dicari di bulan Ramadhan, seperti hampers, menu takjil, perlengkapan beribadah, pakaian lebaran, dan lainnya. Momen Ramadhan menjadi kesempatan emas untuk berinovasi. Jika inovasi tersebut ditambah dengan promo Ramadhan, usaha Anda berpotensi menarik banyak konsumen. 

3. Sebagai bentuk apresiasi

Terakhir, alasan mengapa promo Ramadhan sangat penting adalah sebagai momen untuk mengapresiasi konsumen, terutama yang sudah setia dan loyal terhadap produk Anda. Dengan adanya apresiasi berupa promo Ramadhan, konsumen akan semakin loyal terhadap bisnis Anda.

Gunakan promo dengan penawaran terbatas dan hanya orang tertentu saja yang bisa menerimanya, yaitu konsumen setia yang sudah menjadi pelanggan. Dengan begitu, konsumen kita akan merasa istimewa dan memberikan respons baik terhadap produk yang dijual. Kepercayaan konsumen pun bisa semakin meningkat.

Strategi memberikan promo Ramadhan

Ada beberapa strategi meningkatkan penjualan dengan cara menerapkan promo Ramadhan. Berikut ini adalah empat strategi yang bisa Anda lakukan.

  1. Buat tema promo yang identik dengan Idulfitri

Strategi pertama saat melakukan promo Ramadhan adalah pastikan tema yang Anda angkat berkaitan dengan hari raya tersebut. Tema ini bisa mempengaruhi keseluruhan konsep bisnis Anda, mulai dari posting-an, kemasan, hingga pilihan produk yang dijual. Semakin relate tema yang Anda pakai, semakin tinggi keinginan konsumen untuk membeli produk Anda.

  1. Tujukan promo untuk keluarga

Bulan Ramadhan juga menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga. Hal ini menjadi kesempatan yang bagus untuk mengarahkan target promosi bisnis Anda pada keluarga. Gunakan tema tentang keluarga untuk konten-konten di media sosial. Strategi ini juga sudah banyak dilakukan oleh brand-brand besar untuk strategi menaikkan penjualan mereka di bulan Ramadhan. 

3. Upload pada jam-jam tertentu

Salah satu hal yang sering terjadi di bulan Ramadhan adalah perubahan traffic media sosial. Mengingat waktu orang melihat media sosial yang cenderung lebih banyak pada saat sahur dan menjelang berbuka puasa, Anda bisa upload foto pada jam-jam tersebut agar unggahan Anda mendapatkan banyak perhatian dari pelanggan dan calon konsumen.

4. Berikan promo pada produk terlaris 

Strategi meningkatkan penjualan terakhir yang bisa dilakukan di momen Ramadhan adalah dengan memberikan promo Ramadhan pada produk tertentu, misalnya pada produk-produk yang paling laris terjual. Hal ini akan meningkatkan penjualan menjadi lebih pesat lagi. 

Promo pada produk tertentu ini bisa juga diterapkan pada produk baru. Jika sebelumnya sudah melakukan inovasi terhadap produk baru, langkah ini bisa dilakukan untuk memaksimalkan penjualan pada produk hasil inovasi tersebut. Dengan begitu, keuntungan yang didapatkan di bulan Ramadhan akan semakin meningkat.

Itulah beberapa strategi meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan momen Ramadhan. Berikan promo Ramadhan agar pelanggan dan calon konsumen semakin lekat dengan produk Anda. Pastikan juga Anda selalu berinovasi dengan mengeluarkan produk-produk baru.

Jika Anda kekurangan modal untuk melakukan inovasi atau memasang promo Ramadhan, Anda bisa mengajukan pinjaman di Modalku, platform pinjaman dana untuk para pelaku UMKM. Ajukan pinjaman sekarang dan kembangkan bisnis Anda selama bulan Ramadhan! Klik tombol di bawah ini untuk dapatkan pinjaman:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan