Mau Wirausaha? Ini 6 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing!

6 peluang usaha yang belum banyak pesaing

Bicara soal bisnis, pasti di kepala Anda langsung muncul berbagai macam ide mengenai usaha yang bisa dilakukan. Namun, nyatanya, tidak semua ide bisa berjalan dengan baik, apalagi jika sudah banyak pesaing yang telah mulai lebih dulu. Artinya, kunci dari usaha yang sukses bukan hanya mengerti cara mendirikan usaha, tapi juga mengerti peluang usaha yang belum banyak pesaing. Dengan begitu, Anda bisa dengan leluasa mengeksplorasi pasar tanpa perlu takut memiliki terlalu banyak pesaing.

Sebenarnya, ada banyak peluang usaha yang belum banyak pesaing. Tetapi, kami sudah merangkumnya dan memilih enam peluang usaha yang bisa Anda mulai dengan modal tidak terlalu besar berikut ini.

Baca juga: 9 Kriteria Peluang Usaha yang Ideal

1. Barang Antik

Pertama, Anda bisa coba melakukan bisnis jual beli barang antik. Bisnis ini cocok untuk dilakukan oleh Anda yang memiliki modal cukup tinggi atau memang mengoleksi barang-barang antik. Barang antik yang dimaksud ada banyak, mulai dari gelas dan cawan cantik hingga perabotan rumah tangga zaman dahulu yang nggak cuma punya nilai estetika, tapi juga bernilai sejarah. Tentu saja, untuk melakukan bisnis ini, Anda perlu mengerti bagaimana cara mendirikan usaha jual beli barang antik serta pengetahuan mengenai barang itu sendiri.

2. Hasil Daur Ulang

Peluang usaha yang belum banyak pesaing berikutnya adalah kreasi barang hasil daur ulang. Ya, barang-barang bekas, seperti botol, koran, hingga bungkus plastik, bisa didaur ulang menjadi barang yang berguna, bahkan karya seni. Misalnya, koran-koran bekas yang menumpuk di rumah bisa diubah menjadi bubur kertas, kemudian dibentuk menjadi berbagai macam barang, seperti lukisan timbul, miniatur, serta kerajinan lainnya. Cara mendirikan usaha hasil daur ulang pun simpel. Anda juga bisa memulainya dari rumah dengan modal kecil dan menjualnya secara online.

3. Bumbu Makanan

Karena bisnis makanan sudah terlalu mainstream, Anda bisa mencoba bisnis lainnya yang masih berhubungan dengan makanan, yaitu bisnis bumbu makanan. Peluang usaha yang belum banyak pesaing ini cukup berpotensi karena banyak anggota masyarakat yang masih ingin memasak untuk menghemat pengeluaran, tetapi tidak memiliki skill memasak yang mumpuni. Oleh sebab itu, solusi bagi mereka adalah membeli bumbu makanan instan yang persiapannya mudah dan tidak memakan waktu lama.

4. Cloud Kitchen

Semenjak bisnis jasa pengantaran makanan online semakin naik, bisnis cloud kitchen menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Cloud kitchen sendiri adalah sebuah bisnis yang menawarkan penyewaan area dapur besar bagi para pebisnis food & beverage yang tidak memiliki dapur sendiri. Peluang usaha yang belum banyak pesaing ini cocok untuk Anda yang sedang mencari pemasukan tambahan tanpa perlu meluangkan banyak waktu.

Baca juga: Peluang Usaha Kuliner Internasional

5. Hampers

Berikutnya, ada bisnis penjualan hampers atau bingkisan. Pada perayaan tertentu, seperti hari Lebaran atau Natal, banyak orang yang akan mencari hampers untuk diberikan kepada orang terkasih. Nah, kesempatan tersebut bisa Anda jadikan peluang untuk bisnis sampingan Anda. Cara mendirikan usaha ini juga tidak terlalu ribet. Anda hanya perlu membeli beragam isian hampers beserta bungkusnya secara grosir, kemudian menjualnya secara online

6. Penitipan Hewan

Saat musim liburan tiba, pastinya banyak orang yang mencari tempat untuk menitipkan hewan peliharaannya. Ya, membawa hewan peliharaan saat pulang kampung atau liburan memang tidak mudah. Nah, inilah saatnya Anda memanfaatkan peluang usaha yang belum memiliki banyak pesaing. Cara mendirikan usaha ini juga simpel. Pertama-tama, Anda bisa menawarkan jasa ke orang-orang terdekat. Jika mereka puas, Anda tinggal memperluas bisnis Anda menjadi bisnis yang lebih serius.

Setelah memperhatikan tulisan di atas, mungkin Anda jadi berpikir. Selain mengerti cara mendirikan usaha, menjajal peluang usaha yang belum banyak pesaing pasti membutuhkan modal untuk mengembangkan bisnis. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena ada Modalku! Melalui platform Modalku, Anda dapat memperoleh dana pengembangan usaha secara praktis tanpa jaminan. Untuk mulai mengajukan kredit usaha online di Modalku atau mengetahui syarat dan limit kredit, Anda bisa tombol di bawah ini:

Ajukan Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan kredit modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat ModalkuĀ di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? KlikĀ di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan