7 Bisnis Modal Kecil yang Bisa Dijadikan Sampingan

bisnis modal kecil untuk sampingan

Saat ini, Anda dapat menjadikan setiap peluang sekecil apa pun menjadi bisnis menjanjikan. Bahkan, bisnis modal kecil sekalipun dapat mendatangkan keuntungan besar jika sesuai dengan target pasar yang ada. Ditambah lagi dengan semakin berkembangnya teknologi yang memungkinkan bisnis dijalankan secara online tanpa membutuhkan toko fisik berskala besar, membuat bisnis kini dapat dilakukan dari rumah.

Dengan begitu, Anda pun bisa memiliki sumber penghasilan sampingan. Bahkan jika terus dikembangkan, bukan tidak mungkin bisnis modal kecil tersebut akan menjadi jaminan penghasilan utama. Lantas, apa saja ide bisnis yang bisa Anda jalankan dengan modal kecil? Berikut beberapa rekomendasinya!

1. Jasa titip

Ide bisnis satu ini cocok untuk Anda yang hobi belanja. Anda bisa membuka jasa titip atau jastip untuk teman atau relasi yang kurang begitu mengerti dengan mekanisme belanja online. Bisnis ini juga sangat berguna untuk belanja online melalui toko yang berada di luar negeri. Hal ini terjadi karena sistem yang sedikit berbeda dan biasanya lebih rumit jika dibandingkan dengan berbelanja di toko lokal.

Anda cukup menentukan fee untuk tiap produk yang dititipkan oleh pelanggan. Fee dapat ditentukan berdasarkan beberapa faktor, seperti jarak dari rumah Anda ke mall atau ongkir belanja dari website luar negeri ke Indonesia.

2. Reseller frozen food

Frozen food merupakan salah satu kudapan pilihan masyarakat yang sedang berkumpul bersama teman di satu tempat dan membutuhkan makanan untuk dimakan bersama. Cukup direbus dalam kuah kaldu, dibakar sebagai BBQ, atau digoreng, pengolahan frozen food sangatlah mudah sehingga bisa dimasak siapa saja.

Tidak mengherankan jika frozen food menjadi salah satu ide jualan kekinian modal kecil yang cukup populer. Untuk berbisnis frozen food, Anda cukup menyiapkan freezer dan bekerja sama dengan penyedia layanan kurir yang telah tepercaya dalam mengirimkan jenis makanan ini.

3. Franchise makanan kekinian 

Makanan kekinian saat ini banyak dicari oleh masyarakat, terutama anak muda. Biasanya, makanan ini akan mereka jadikan konten di media sosial sehingga tidak jarang mereka mencari makanan kekinian yang unik. Anda bisa memanfaat kesempatan ini untuk membuka bisnis franchise makanan kekinian seperti croffle, minuman boba, atau toasted bread.

Mungkin Anda masih ragu untuk membeli franchise makanan kekinian karena konsep ini identik dengan modal yang cukup mahal. Namun, sudah banyak sejumlah franchise makanan yang tidak membutuhkan bujet besar sehingga cukup ramah kantong pebisnis pemula.

4. Budidaya ikan

Ide bisnis modal kecil berikutnya cocok untuk Anda yang punya hobi memelihara ikan. Budidaya ikan pada umumnya memang membutuhkan modal besar, seperti menyiapkan tempat untuk kolam ikan, pasokan pakan secara teratur, hingga ketersediaan oksigen yang selalu dijaga. Namun, Anda sebetulnya juga bisa memulai budidaya ikan secara kecil-kecilan dari rumah, seperti menggunakan ikan hias.

5. Laundry kiloan

Sibuknya kegiatan masyarakat sehari-hari membuat mereka sering tidak memiliki waktu untuk melakukan kegiatan rumah tangga, seperti mencuci pakaian. Anda bisa memenuhi kebutuhan tersebut dengan membuka usaha laundry kiloan. Cukup bermodalkan mesin cuci dan setrika, Anda sudah bisa membuka laundry kiloan sebagai bisnis modal kecil menjanjikan.

6. Affiliate marketing

Affiliate marketing bisa jadi salah satu ide jualan kekinian modal kecil yang dapat Anda jadikan sumber penghasilan sampingan. Dengan bermodalkan media sosial, Anda dapat mempromosikan sejumlah barang milik klien. Sebagai gantinya, Anda akan mendapat komisi dari hasil penjualan barang yang dihasilkan melalui promosi Anda. 

7. Kursus online

Pandemi yang sempat menghantam Indonesia dan membatasi kegiatan masyarakat justru menghadirkan kursus online sebagai peluang bisnis menjanjikan. Hal itu dapat terjadi karena sekarang, orang-orang dapat meningkatkan keahlian tanpa harus keluar rumah atau meninggalkan kesibukan utama mereka.

Menariknya, kursus online juga tidak hanya terbatas pada murid sekolahan. Para karyawan dan pebisnis juga bisa ikut kursus online sesuai bidang yang ingin ditekuni, misalnya kursus tentang digital marketing, data scientist, dan lainnya. Jadi, jika Anda punya keahlian pada bidang tertentu, tak ada salahnya untuk membuka kursus online sebagai ide jualan kekinian modal kecil.

Berbagai ide bisnis modal kecil di atas merupakan sejumlah peluang bisnis yang dapat Anda bangun untuk dijadikan penghasilan sampingan. Jika butuh modal tambahan untuk mengembangkan bisnis tersebut, Anda dapat mengajukan pinjaman dana secara cepat dengan tenor bersahabat melalui Modalku. Klik tombol di bawah ini untuk ajukan pinjaman:

Ajukan Sekarang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan