7 Contoh Jenis Usaha Mikro

jenis usaha mikro

Beberapa tahun terakhir UMKM mendapat perhatian khusus oleh pemerintah Indonesia. Hal ini terjadi karena UMKM ternyata memiliki peranan yang cukup besar dalam perekonomian Indonesia. Data menunjukkan bahwa lebih dari setengah produk domestik bruto Indonesia didominasi oleh penghasilan UMKM. UMKM sendiri merupakan kepanjangan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Oleh karena alasan tersebut, pemerintah mulai memberikan dukungan berupa bantuan dana langsung secara cuma-cuma kepada jutaan pelaku UMKM sesuai anggaran yang ditentukan. Untuk mengenal lebih jauh, kali ini kita akan fokus membahas jenis usaha mikro yang ada di Indonesia. 

Mengenal Ciri-ciri dari Jenis Usaha Mikro

Usaha mikro adalah suatu badan usaha yang termasuk memiliki pendapatan bersih atau aset di bawah Rp50 juta per bulan. Jumlah ini tidak termasuk tempat atau bangunan yang digunakan untuk berbisnis. Jenis usaha mikro memiliki beberapa ciri-ciri seperti berikut ini:

  • Produk (barang atau jasa) yang dijual tidak selalu sama dan bisa berubah pada waktu tertentu.
  • Lokasi untuk berjualan bisa berubah-ubah.
  • Tidak memiliki administrasi keuangan yang profesional.
  • Pemilik usaha perlu melakukan semua hal sendiri tanpa bantuan karyawan dan pihak lainnya. Oleh karena itu pemilik biasanya memiliki kemampuan melakukan semua hal sendiri dengan baik.
  • Tenaga kerja yang ada biasanya hanya pemilik usaha atau setidaknya sampai enam orang. 
  • Manajemen usaha yang dilakukan sangat sederhana dan tidak kompleks seperti usaha yang sudah besar. 

Contoh Jenis Usaha Mikro

Contoh dari jenis usaha mikro ini sebenarnya bisa ditemukan dengan mudah di lingkungan rumah kita. Untuk memberikan gambaran lebih jelas mengenai contohnya, kami telah menyiapkan beberapa bisnis yang termasuk usaha mikro. 

1. Laundry Kiloan

Saat ini, bisnis laundry kiloan memang sudah banyak dibuka, tetapi tidak menutup kemungkinan bagi Anda jika ingin membuka bisnis laundry. Modal yang dibutuhkan terbilang lumayan banyak, karena Anda memerlukan beberapa peralatan seperti mesin cuci, mesin pengering dan alat seterika. Anda bisa membeli alat tersebut satu persatu atau membeli alat yang sudah mencakup ketiga fungsi yang dibutuhkan. 

Perkiraan modal yang dibutuhkan sebesar Rp10 juta – Rp20 juta. Modal awal yang dikeluarkan memang besar, tetapi setelah itu Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Alat yang dibeli juga bisa digunakan dalam jangka waktu panjang, sehingga tidak ada pengeluaran dana besar hingga 10 tahun atau 15 tahun mendatang. 

Baca Juga: Ketahui Cara Mendapatkan Bantuan UMKM untuk Usaha Anda

2. Kuliner

Saat ini siapapun bisa memasak. Bermodalkan resep di internet, Anda bisa mengasah kemampuan memasak dengan mudah. Apabila memasak adalah ketertarikan dan keterampilan yang Anda punya, maka bisnis kuliner bisa jadi pilihan tepat. Usaha mikro kuliner memang sangat banyak, tetapi Anda bisa menambahkan inovasi baru ke dalam resep supaya memiliki nilai jual yang berbeda dari kompetitor. 

Bisnis kuliner yang bisa dipilih juga sangat beragam, dari katering makanan rumahan, frozen food, kue ulang tahun, pastry, dessert, dan lainnya. Bisnis kuliner pada dasarnya tidak akan pernah kehabisan pembeli, karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia.

3. Online Shop

Online shop bisa termasuk ke dalam usaha mikro. Mereka adalah para pebisnis pemula yang mencoba membangun bisnis mereka dari kecil. Online shop yang termasuk usaha mikro juga beragam, bisa berupa stationary, pakaian, produk rumah tangga, alat elektronik dan masih banyak lagi. 

4. Suvenir 

Suvenir pernikahan atau sweet seventeen juga tergolong usaha mikro. Bisnis satu ini bisa Anda jadikan pilihan yang tepat. Meskipun ada pandemi, masih ada orang-orang yang mencari suvenir untuk memberikannya kepada tamu atau teman terdekat mereka sebagai pengganti undangan atau buah tangan. 

Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini kira-kira sebesar Rp1 juta sampai Rp5 juta. Untuk membuatnya lebih menarik, packaging atau pengemasan yang cantik dan estetik perlu dilakukan. Berikan sentuhan unik sebagai ciri khas produk Anda dan sebagai pembeda dari kompetitor. 

Baca Juga: Ciri-ciri Wirausaha Sukses yang Harus Anda Tanamkan Dalam Diri

5. Toko Sembako

Toko sembako adalah tempat yang menjual banyak barang kebutuhan rumah tangga yang dibutuhkan masyarakat. Keuntungan dari toko sembako bergantung pada berapa banyak barang yang ada di toko tersebut. Apabila barang yang dijual banyak, maka pendapatan yang didapat juga banyak. Perkiraan omzet yang didapat oleh pemilik toko sembako per bulan sebesar Rp5 juta sampai Rp10 juta. 

6. Florist atau Perkebunan Bunga

Berjualan bunga termasuk usaha mikro, karena penjualan bunga tidak bisa terus menerus dilakukan. Ada masa di mana bunga sedang melalui proses pertumbuhan dan belum bisa dipotong untuk dijual. Mereka yang mengelola perkebunan bunga sebenarnya memerlukan usaha yang besar dan modal tidak sedikit. 

Meskipun begitu, penghasilan yang didapat cukup besar yakni sebesar Rp15 juta. Selain itu ada juga usaha florist atau menjual rangkaian bunga. Modal awal yang dibutuhkan setidaknya Rp1 juta sampai 3 juta. Pendapatannya bisa sangat tinggi tergantung target pasar yang dituju. Perkiraan omzet yang didapat mulai dari Rp5 juta sampai Rp30 juta. 

Baca Juga: 7 Peluang Usaha Modal Kecil yang Paling Menjanjikan

7. Waralaba Makanan dan Minuman

Usaha mikro selanjutnya adalah waralaba atau franchise. Usaha waralaba sudah sejak lama dilakukan. Usaha ini dilakukan dengan menyewa atau membeli brand suatu makanan atau minuman yang sudah dikenal baik oleh masyarakat. Pendapatan yang didapat per bulan sekitar Rp5 juta sampai Rp15 juta. 

Kini pengetahuan Anda semakin bertambah mengenai jenis usaha mikro. Anda bisa mencoba memilih salah satu dari tujuh usaha yang sudah dijelaskan di atas. Pendapatan yang akan didapat memang tidak langsung sebesar Rp50 juta, tetapi Anda bisa mengembangkannya perlahan-lahan. 

Apabila Anda membutuhkan dana tambahan untuk mengembangkan bisnis, Modalku menyediakan pinjaman online tanpa agunan. Dengan Modalku, Anda bisa mengatur waktu pinjaman sesuai kebutuhan dan sudah pasti terjamin aman oleh OJK. Untuk mengetahui syarat dan ketentuan terkait, Anda bisa mengunjungi website Modalku.

Tinggalkan Balasan