8 Ide Jualan Bulan Puasa untuk Menyambut Ramadhan

ide jualan bulan puasa

Marhaban ya Ramadhan! Waktunya menangkap peluang bisnis yang menguntungkan di bulan suci ini. Ide jualan bulan puasa ternyata bervariasi karena kebutuhan masyarakat selama Ramadhan pun meningkat. Jika berminat mencari penghasilan tambahan atau sekadar belajar berbisnis, Anda bisa mencoba berbagai ide jualan rekomendasi Modalku di artikel ini.

Ragam Ide Jualan Bulan Puasa yang Menguntungkan

Bulan Ramadhan sangat dirindukan oleh umat Muslim setiap tahunnya. Selain menjadi kesempatan menambah pahala, bulan ini pun menjadi ladang rezeki bagi pengusaha. Keuntungan bisnis kian meningkat lantaran orang berburu produk yang dibutuhkan untuk menyambut Ramadhan dan Idul Fitri.

Saat memikirkan ide bisnis di bulan Ramadhan, banyak orang yang berpikir untuk berjualan takjil. Faktanya, ide bisnis di bulan suci ini tidak berputar di kuliner saja. Justru ada bidang bisnis lain yang bisa Anda coba. Selama peminatnya tinggi, Anda pasti mendapatkan banyak keuntungan dari usaha yang dijalankan.

Anda pun bisa mengembangkan ide bisnis jadi lebih kreatif sehingga mampu menjangkau seluruh kalangan. Pelayanan baik dengan ikhtiar tulus akan meningkatkan angka penjualan bisnis Anda seiring tingginya kepuasan konsumen.

Cobalah berbagai ide bisnis di bawah ini sebagai produk jualan Anda di bulan Ramadhan.

1. Takjil

Menu ini paling umum dijadikan sebagai ide jualan bulan puasa. Jenis takjil yang tersedia bermacam-macam, mulai dari kue, kolak pisang, hingga minuman segar. Anda bisa memproduksi takjil sendiri atau menerima titip jual takjil dari pihak ketiga. Bisnis kuliner pun bisa menambah takjil sebagai variasi menu agar penjualan semakin meningkat.

Keuntungannya, Anda tidak menyasar umat Muslim saja, tapi juga non-Muslim yang tidak berpuasa. Mereka pun penasaran dengan takjil yang dijual dan belum tentu dijual selain momen Ramadhan. Agar keuntungannya semakin meningkat, Anda bisa membuka cabang digital di beberapa aplikasi ojek daring.

Baca Juga: Kelebihan Pemasaran Online dibanding daripada Cara Promosi Offline

2. Katering Buka Puasa atau Sahur

Bulan puasa menjadi ajang reuni lewat acara buka bersama. Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk menawarkan katering dengan menu sehat kepada mereka. Tidak hanya mereka, Anda pun bisa menyasar target pasar yang tidak memiliki cukup waktu untuk menyiapkan hidangan berbuka puasa.

Keuntungan semakin meningkat saat Anda juga menambah menu sahur kepada pelanggan. Hanya saja, riset juga kebutuhan pasar di sekitar Anda karena belum tentu semua keluarga memesan menu sahur dari luar. Bisnis ini cocok diterapkan di area perkotaan, di mana orang tidur cukup lama akibat kelelahan bekerja sehingga tidak sempat menyiapkan makanan sahur.

3. Perlengkapan Alat Salat

Bulan puasa menjadi ladang pahala dan umat Muslim memanfaatkan momen tersebut dengan meningkatkan ibadah. Bisnis perlengkapan alat salat pun menguntungkan lantaran tingginya permintaan. Baju koko dan mukena yang kekecilan atau sajadah yang tidak lagi bersih bisa menjadi alasan orang berburu seperangkat alat salat baru.

Anda tidak perlu menyewa lapak di pasaran, cukup pasarkan saja secara online lewat media sosial atau situs jual beli. Gunakan gambar yang menarik agar peminat produk Anda semakin banyak.

Baca Juga: 7 Ide Jualan Online Paling Laris untuk 2022

4. Kurma

Permintaan buah ini semakin meningkat di bulan Ramadhan, sehingga bisa dijadikan ide jualan. Anda tidak hanya menyasar konsumen secara individu, tapi juga bisnis kuliner atau hampers yang membutuhkan buah khas Timur Tengah ini untuk lini produk mereka.

Kurma menyimpan banyak manfaat kesehatan jika dikonsumsi saat berbuka puasa. Kadar glukosa semakin meningkat apabila orang mengonsumsi kurma setelah seharian berpuasa. Selain itu, mengonsumsi kurma merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW yang sering dilakukan oleh umat Muslim.

5. Kue Kering

Menjelang lebaran, Anda bisa menjual hidangan khas hari kemenangan ini. Jika memiliki bakat memanggang kue, tidak ada salahnya menjual kue lebaran yang bervariasi. Kue kering tergolong lebih mudah dibuat dibandingkan hidangan pastry lainnya.

Gunakan stoples yang cantik untuk menambah daya tarik kue kering yang dijual. Kue kering bisa dijadikan sebagai menu hampers lebaran untuk diberikan kepada orang terkasih.

Baca Juga: 5 Cara Jualan Online Tanpa Modal Banyak untuk Pemula

6. Parsel atau Hampers

Kepedulian yang semakin meningkat sejak pandemi Covid-19 membuat banyak orang membagikan hampers kepada sesamanya. Anda bisa menjual parsel atau hampers lebaran dengan isian yang bervariasi.

Saat memilih hadiah untuk hampers, pilihlah supplier yang menyediakan barang berkualitas terbaik. Tawarkan pula kartu ucapan sebagai tanda kasih dari pengirim kepada penerimanya. Apabila ada waktu lebih, Anda bisa menawarkan jasa antar hampers hingga sampai di tangan penerima hadiah.

7. Busana Muslim

Lebaran selalu identik dengan baju baru, jadi tidak ada salahnya Anda berjualan busana muslim di bulan suci ini. Bisnis fashion bisa meluncurkan lini pakaian Ramadhan yang identik dengan nuansa islami atau Timur Tengah.

Bagi bisnis pemula, Anda bisa reseller atau dropship busana muslim, seperti baju koko, jilbab, dan lain-lain. Kemasan produk harus dirancang dengan baik agar kualitas bajunya tetap terjaga dan tidak lecek saat digunakan.

Baca Juga: Bantu Bisnis UMKM, Modalku dan BukaPengadaaan Jalin Kerjasama

8. Jasa Jahit

Jika memiliki kemampuan menjahit, tawarkan jasa Anda kepada orang di sekitar. Wanita tidak hanya memburu pakaian langsung jadi dari toko, mereka pun ingin membuat pakaian bergaya unik dan beda dari lainnya. 

Anda berpeluang mendapatkan pesanan jahitan baju lebaran dalam partai besar atau seragam yang jelas membuat keuntungan semakin meningkat. Sediakan pula aksesoris pakaian yang banyak agar pelanggan merasa spesial dalam baju buatan Anda.

Bulan Ramadhan kian dekat, jadi segera eksekusi ide jualan bulan puasa di atas demi keuntungan yang meningkat. Jika belum memiliki modal untuk menjalankannya, jangan khawatir. Modalku menyediakan layanan pinjaman online tanpa agunan dengan prosedur pendaftarannya yang tidak sulit. Jangan tunda lagi keuntungan di bulan suci dan dapatkan keuntungan dari program pinjaman Modalku sekarang juga.

Tinggalkan Balasan