Jual Barang Bekas Online Semakin Laku dengan 5 Trik Ini

Tertarik untuk jual barang bekas online tetapi belum tahu caranya? Siapa sangka, barang bekas yang sudah tidak terpakai ternyata masih bisa mendatangkan manfaat. Caranya adalah dengan menjualnya kembali. Strategi menjual barang bekas tentu tidak bisa disamakan dengan menjual bar

ang baru.

Anda mungkin butuh upaya ekstra agar calon pembeli merasa yakin pada produk yang ditawarkan. Terlebih lagi jika Anda menjual barang bekas online. Untuk membantu Anda, berikut cara jual barang bekas online agar semakin laku.

Foto Produk dengan Angle dan Lighting yang Tepat

Trik pertama yang bisa Anda lakukan saat jual barang bekas online adalah melakukan foto produk dengan tepat. Pilihlah angle yang tepat dan lighting yang sesuai. Anda tidak harus menyewa jasa fotografer atau menggunakan kamera mahal. Cukup pastikan foto dari produk yang dijual tidak buram dan bisa terlihat jelas.

Pilihlah resolusi menengah (medium) atau jika memungkinkan resolusi tinggi (high). Semakin tinggi resolusi yang digunakan, maka semakin jelas gambar yang dihasilkan. Namun Anda perlu ingat, resolusi yang terlalu besar juga bisa membuat gambar susah untuk di-upload, sehingga bisa mempersulit proses jual barang bekas online.

Anda juga sebaiknya mengambil foto produk dari beberapa sisi, baik itu depan, belakang, maupun kanan-kiri. Dengan gambar yang detail, pelanggan bisa lebih mudah membayangkan produk yang Anda jual. Terlebih saat Anda menjualnya secara online, sehingga calon pembeli tidak bisa langsung mencoba produk.

Untuk lebih lengkap mengenai foto produk, Anda bisa cek di sini.

Cantumkan Kondisi dan Deskripsi Produk yang Jelas

Selanjutnya, pastikan Anda mencantumkan kondisi dan dekripsi produk yang jelas. Kemungkinan, kondisi barang bekas yang Anda tawarkan tidak sebaik saat masih baru. Anda bisa menggunakan persentase untuk menggambarkan kondisi barang. Misalnya, 90% untuk barang yang masih bagus namun memiliki noda di bagian tertentu.

Begitu pula untuk deskripsi produk. Saat menjual barang bekas online, tuliskan detail mengenai warna, ukuran, bahan, dan sebagainya. Katakanlah Anda menjual sepasang sepatu. Anda bisa menulis merek sepatu, warnanya, dan ukuran yang tercantum.

Hindari menuliskan deskripsi yang tidak sesuai dengan kondisi barang sebenarnya. Anda mungkin bisa menarik calon pembeli dengan cepat, namun tingkat kepercayaan terhadap produk pun akan turun. Saat kepercayaan pembeli turun, akan sulit bagi Anda untuk berjualan barang bekas online kembali.

Lihat juga: Mau Launching Produk? Hindari 7 Kesalahan Ini!

Bersihkan Barang Bekas Terlebih Dulu

Anda bisa menyulap barang bekas agar terlihat “baru” dengan trik yang sederhana: membersihkannya. Bersihkanlah barang bekas terlebih dulu sebelum Anda tawarkan kepada calon pembeli. Jika memungkinkan, jangan sampai ada kotoran yang tertinggal pada barang. Anda bisa menggunakan cairan khusus untuk menghilangkan  noda.

Misalnya, jika Anda menjual pakaian, cuci bersih pakaian tersebut. Gunakan cairan disinfektan agar pakaian benar-benar bersih. Begitu pula jika Anda menjual barang lain seperti buku atau alat-alat rumah tangga. Usahakan agar barang tersebut memang masih layak untuk digunakan meski bukan barang baru.

Tentukan Harga yang Sesuai

Berbeda dengan barang baru, kualitas barang bekas bisa sangat variatif. Ada yang kualitasnya benar-benar baik sehingga terlihat seperti barang baru, tetapi ada juga yang kualitasnya kurang baik akibat pemakaian.

Harga barang bekas yang kualitasnya baik tentunya tidak bisa disamakan dengan barang bekas yang kualitasnya sudah menurun. Untuk itu, sebelum menjual barang bekas pastikan Anda telah menentukan harga yang sesuai dengan kualitasnya.

Anda mungkin tertarik: Cara Mencari Supplier untuk Kualitas & Harga Terbaik

Rekomendasi Tempat Jual Barang Bekas

Sekarang waktunya menjual barang bekas Anda. Sekarang ini, sudah ada banyak sekali platform untuk jual barang bekas secara online. Kebanyakan e-commerce yang ada di tanah air juga terbuka untuk jual-beli barang bekas.

Namun, ada beberapa platform yang memang mengkhususkan diri untuk jual-beli barang bekas. Pertama, ada website Carousell. Di Carousell, Anda bisa menjual aneka barang bekas. Kedua, ada OLX. Situs ini populer di Indonesia karena menawarkan beragam pilihan barang bekas untuk dijual maupun dibeli, mulai dari pakaian hingga rumah. Terakhir, ada Prelo. Selain jual beli barang bekas online, situs ini juga melayani jasa titip barang.

Dengan 5 trik jual barang bekas online di atas, semoga barang dagangan Anda semakin laku. Tertarik untuk mulai bisnis barang bekas atau preloved? Serahkan masalah pendanaan pada Modalku. Dengan proses yang mudah dan tentunya tepercaya, Modalku siap membantu untuk mengembangkan bisnis barang bekas online Anda.

Ajukan Dana!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply