5 Bisnis Startup yang Sukses Lakukan Pivot

Di tengah ramainya ekosistem ekonomi kreatif seperti saat ini, pertumbuhan startup pun tak kalah ramai. Meski demikian, banyak perusahaan startup yang mengalami penurunan performa dalam usahanya. Hal tersebut wajar dalam membangun bisnis startup. Bahkan perusahaan-perusahaan besar juga mengalami naik-turunnya keadaan ekonomi perusahaan mereka. Beragam cara seperti akuisisi, berganti fokus produksi, dan banyak lagi telah dilakukan. Nah, hal-hal tersebut disebut sebagai pivot. Berikut adalah beberapa perusahaan sukses setelah melakukan pivot.

Lihat juga: “Kolaborasi: Cara Kerja Startup Memanjakan Pelanggan” dan “10 Mitos yang Beredar di Lingkungan Startup”

Twitter

Pada awalnya, pendiri Twitter, Jack Dorsey memperkenalkan Twitter sebagai suatu layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dalam sebuah kelompok kecil. Twitter pertama kali dikembangkan oleh Dorsey dan kontraktor Florian Weber untuk digunakan sebagai layanan internal karyawan Odeo, sebuah perusahaan podcast. Setelah itu, versi lengkapnya diperkenalkan secara publik pada 15 Juli 2006.

Terdapat 400.000 kicauan yang diposting per kuartal pada tahun 2007. Jumlah ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan pada tahun-tahun berikutnya. Hingga bulan Maret 2011, jumlah kicauan yang diposting setiap harinya mencapai 140 juta. Bisa dilihat bahwa hal tersebut merupakan strategi bisnis yang sangat menguntungkan yang bisa membawa Twitter menjadi suatu perusahaan startup yang sukses seperti sekarang.

Paypal

PayPal Corp. sebenarnya merupakan sebuah perusahaan yang didirikan dari penggabungan antara Confinity dengan X.com pada tahun 2000. Peter Thiel dan Max Levchin mendirikan Confinity pada bulan Desember 1998 untuk berperan sebagai perantara pembayaran Palm Pilot dan penyedia layanan kriptografi. Sedangkan pada Maret 1999, X.com didirikan oleh Elon Musk sebagai penyedia layanan jasa perencanaan keuangan.

eBay melihat bahwa PayPal bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan jika PayPal digunakan sebagai perantara pembayaran untuk lelang online eBay. Semenjak penggunaan PayPal, rata-rata penawaran barang per hari yang dilakukan eBay dengan menggunakan PayPal mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Hingga pada akhirnya, eBay mengakuisisi PayPal dengan harga USD 1,5 miliar pada tahun 2002. Dengan adanya akuisisi tersebut, banyak pesaing utama PayPal yang bangkrut atau dijual.

Nintendo

Fusajiro Yamauchi membangun Nintendo dengan tujuan awal untuk memproduksi kartu-kartu buatan tangan hanafuda. Pada pertengahan 1990-an, Nintendo mencoba beberapa peluang bisnis khusus kecil dari memproduksi kartu-kartu permainan hingga menjadi penginapan asrama dan sebuah perusahaan taksi.

Beberapa tahun kemudian, Nintendo berubah menjadi sebuah perusahaan startup permainan video dan tumbuh menjadi salah satu perusahaan terbesar dalam industri permainan video. Pada tahun 2001, Nintendo melakukan pivot dengan mengakuisisi beberapa bagian besar dari Gyration Inc., sebuah perusahaan yang berfokus pada gyro dan sensor gerak. Saat ini, saingan utama Nintendo dalam bidang tersebut adalah Sony and Microsoft.

Hewlett-Packard

Hewlett-Packard atau biasa disebut HP didirikan dengan tujuan awal untuk memproduksi sederetan alat uji elektronik. HP berokus pada pengembangan komputasi, penyimpanan data. Selain itu juga berfokus pada hardware jaringan, merancang software, dan memberikan layanan. HP secara langsung memasarkan produknya ke rumah tangga, perusahaan kecil hingga menengah serta melalui distribusi online, pengecer barang elektronik dan perkantoran, mitra peranti lunak, dan vendor teknologi besar.

Hewlett-Packard sempat melakukan pemisahan diri dari Agilent Technologies pada tahun 1999 dan melakukan penggabungan dengan Compaq pada tahun 2002. Pada tahun-tahun berikutnya, masih banyak lagi pivot yang dilakukan oleh HP untuk meningkatkan keuntungan yang besar bagi bisnis startup mereka. Pada akhirnya, Hewlett-Packard memisahkan produk perusahaan dan bisnis layanannya sebagai Hewlett Packard Enterprise serta memegang bisnis PC dan printer, kemudian mengubah namanya menjadi HP Inc.

Nokia

Nokia didirikan oleh Fredrik Idestam sebagai perusahaan yang berfokus pada penggilingan pulp pada tahun 1865. Kemudian pada awal abad ke-20, sebuah perusahaan karet asal Finlandia mendirikan pabriknya dan mengganti nama menjadi merek Nokia. Berakhirnya Perang Dunia I, perusahaan karet asal Finlandia tersebut mengakuisisi Perusahaan Kabel Finlandia (sebuah produsen kabel telepon dan telegraf) dan Perusahaan Penggilingan Kayu Nokia. Ketiga perusahaan ini akhirnya bergabung menjadi Nokia Corporation tepatnya di tahun 1967 silam. Kemudian berkembang menjadi sebuah produsen mesin bubur kayu dan pembuat kertas pada tahun 1920.

Kemudian, tahun 1950-an Nokia Corporation berubah menjadi divisi elektronik pada pabrik kabel di Helsinki, dari sinilah awal mula fokus kerjanya menjadi sektor seluler. Pada tahun-tahun berikutnya, Nokia bergabung dan melakukan integrasi dengan beberapa perusahaan lainnya dalam bidang produksi telepon seluler. Kemudian pada awal tahun 1990-an, Nokia sempat mengalami krisis dan memfokuskan hanya pada telepon seluler dan jaringan telepon. Akibat hal tersebut, Finlandia menjadi negara pertama yang meluncurkan teknologi GSM dan menjadi produk yang paling banyak digunakan secara global.

Lihat juga: “Menjaga Smartphone agar Tetap Awet” dan “Penghasilan Tambahan Lewat Smartphone for Smart Milenial”


Itulah kisah-kisah bagaimana perusahaan-perusahaan besar saat ini mengalami sukses besar setelah bangkit dari keterpurukan ekonomi dengan melakukan pivot. Mereka berhasil dengan melakukan pivot yang tepat. Strategi yang mereka lakukan sangatlah bermanfaat untuk Anda jadikan inspirasi dalam membangun bisnis startup yang sukses.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply