Kolaborasi: Cara Kerja Startup Memanjakan Pelanggan

Banyak cara yang bisa dilakukan startup untuk memanjakan pelanggan, kolaborasi adalah salah satunya. Kolaborasi yang merupakan salah satu tahapan dalam bisnis ini dilakukan untuk mencapai kesuksesan dan memperluas jangkauan startup yang dibangun. Melalui kolaborasi, banyak hal yang akan diperoleh oleh startup bagi perkembangannya. Tertarik mengetahui lebih lanjut tentang kolaborasi sebagai cara kerja startup memanjakan pelanggan? Cek informasi berikut ini!

Mengapa Perlu Berkolaborasi?

Mengapa startup perlu berkolaborasi? Mungkin pertanyaan tersebut menjadi pertanyaan pertama yang muncul di benak Anda. Jawaban atas pertanyaan itu tidaklah susah, salah satunya adalah karena startup membutuhkan inovasi. Startup tidak bisa lepas dari inovasi karena masyarakat saat ini membutuhkan sesuatu yang baru, dan hal ini bisa diperoleh melalui kolaborasi. Inovasi sendiri  bisa berupa ide, konsep, maupun perbaikan terhadap sesuatu yang sudah ada.

Kolaborasi di Era Digital

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kolaborasi merupakan salah satu bagian penting bagi startup karena kebutuhannya terhadap inovasi. Terlebih di era digital saat ini, kolaborasi menjadi tren masa depan yang harus dipertimbangkan. Kolaborasi sendiri bisa dilakukan baik secara internal maupun dilakukan dengan pihak lain. Startup yang terbuka terhadap kolaborasi pada era digital saat ini memiliki peluang lebih besar untuk melakukan perkembangan.

Kolaborasi di era digital juga penting untuk mendorong bisnis startup lebih efisien. Contohnya, bisnis halal seperti fashion muslim saat ini memanfaatkan kolaborasi untuk menjangkau pasar luar negeri. Memperluas jangkauan pasar bisnis bukanlah hal yang mudah dilakukan sendiri, namun sangat mungkin diwujudkan melalui kolaborasi. Tumbuhnya ekosistem yang baik akan mendorong industri startup tumbuh berkesinambungan. Kolaborasi adalah salah satu pendorong terbentuknya ekosistem tersebut.

Lihat juga: “Kupas Tuntas Seluk Startup Unicorn”

Kolaborasi Sukses di Dunia Startup Indonesia

Salah satu contoh kolaborasi sukses di dunia startup Indonesia adalah kolaborasi yang dilakukan oleh Grab (platform ojek online) dan OVO (platform pembayaran). Kedua brand di Indonesia tersebut memilih jalan kolaborasi sebagai strategi untuk bersaing di era yang sangat kompetitif seperti saat ini. Apalagi, sulit bagi startup untuk berkembang tanpa bantuan. Melalui kolaborasi yang dilakukan, keuntungan yang diterima baik Grab maupun OVO semakin besar.

Bagi OVO, kolaborasinya bersama Grab semakin menguatkan posisinya sebagai platform pembayaran dengan penerimaan terluas di Indonesia. Sementara bagi Grab, OVO memberikan kenyamanan pembayaran bagi pelanggan. Faktor saling menguntungkan itulah yang membuat Grab dan OVO menjalin kolaborasi.

Manfaat Kolaborasi Startup bagi Pelanggan

Tidak hanya bermanfaat mendorong inovasi dan memperluas jangkauan bisnis startup, kolaborasi juga membawa manfaat besar bagi pelanggan. Salah satu yang utama adalah manfaat memudahkan pelanggan untuk menikmati berbagai layanan yang dihadirkan. Kemudahan dalam menikmati layanan tersebut salah satunya ditunjukkan melalui kolaborasi yang dilakukan oleh Modalku dengan Tanihub, platform yang menghubungkan petani, nelayan, dan peternak dengan pembeli.

Melalui kolaborasi Modalku dan Tanihub, Modalku kini dapat memberikan pinjaman terhadap para petani, nelayan, serta peternak di Indonesia yang berada di dalam platform TaniHub lewat layanan terbarunya berupa Supply Chain Financing (SCF). Fakta bahwa kolaborasi ini bisa mendorong para petani Indonesia untuk terus fokus memproduksi hasil panen berkualitas menjadi salah satu bukti kolaborasi startup membantu memanjakan pelanggan dalam menikmati berbagai layanan.

Lebih lanjut: “Modalku dan Tokopedia Luncurkan Saldo Prioritas untuk Merchant Online”


Nah, karena kolaborasi merupakan jawaban bagi cara kerja startup memanjakan pelanggan, bukankah sebaiknya Anda juga mulai mempertimbangkan? Startup Anda akan memiliki peluang untuk menjadi lebih besar dan berkembang melalui kolaborasi yang tepat. Semoga bermanfaat!

Artikel blog ini ditulis oleh anggota tim Modalku. Kami adalah platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply