Menjaga Agar Smartphone Terus Awet

Menganggap smartphone sebagai instrumen investasi mungkin terdengar aneh. Namun, bagi pekerja muda yang berada pada rentang usia 20-an hingga awal 30-an, smartphone dapat dianggap sebagai aset karena fungsinya sebagai medium kerja. Dengan smartphone, Anda bisa mengecek email, membalas pesan, hingga membuat rencana bisnis. Sayangnya, smartphone tidak kebal terhadap kerusakan, baik karena jatuh atau performanya yang melambat.

Bila terjadi kerusakan, Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk membetulkan atau bahkan mengganti dengan perangkat yang baru. Nah, dengan menggunakan konsep investasi, Anda bisa menjaga agar smartphone yang merupakan salah satu aset berharga ini bisa tahan lama tanpa harus membayar lebih. Begini tips-tips menjaga agar smartphone dapat awet lebih lama.

Tambahkan Pelindung

Untuk menjaga agar smartphone tetap awet, Anda bisa menambahkan pelindung layar dan bodi sesuai dengan tipe gadget yang dimiliki. Mungkin kesannya seperti membayar biaya yang tidak penting, tetapi pelindung dapat mencegah smartphone terkena benturan dan goresan. Karena smartphone merupakan perangkat yang dibawa on the go ke mana-mana, smartphone cukup rentan jatuh atau terbentur saat beraktivitas. Pelindung juga membantu menjaga tampilan ponsel lebih lama dan mungkin juga melindunginya dari beberapa kerusakan internal jika Anda secara tidak sengaja mengetuk atau menjatuhkan telepon.

Letakkan di Tempat yang Aman

Kerusakan pada smartphone sering terjadi saat Anda tidak meletakkan perangkat ini di tempat yang aman. Anda bisa meletakkan smartphone di atas meja, dalam rak buku, atau di dalam laci. Sebaiknya pilih satu tempat saja agar Anda dapat mudah menemukannya saat diperlukan cepat.

Jauhkan dari Air

Mungkin saat membaca poin di atas Anda berpikir “Ih, memang siapa yang ga tahu kalau smartphone ga boleh kena air? Ga penting!” Tetapi realitanya, banyak yang asyik menggunakan smartphone sambil minum atau makan kuah. Atau menggunakan smartphone di kamar mandi. Sebaiknya jangan terbiasa melakukan ini karena ketidaksengajaan seperti smartphone terciprat atau tercemplung semakin mungkin terjadi.

Bersihkan Secara Berkala

Untuk menjaga agar smartphone tahan lama, Anda bisa membersihkan secara berkala. Gunakan lap kain lembut atau kertas tisu kering untuk membersihkan permukaan luar ponsel. Jangan gunakan air, tisu basah, atau bahkan pembersih lain yang secara tidak sengaja dapat menambah kelembapan perangkat smartphone Anda.

Jangan Sampai Baterai 0%

Membiarkan baterai smartphone habis sampai di angka 0% akan menyebabkan kerusakan internal pada sistem perangkat mobile itu sendiri. Meskipun pada akhirnya Anda harus mengganti baterai setelah pemakaian sekian tahun, rutin mengisi daya baterai akan membantu agar smartphone Anda menjadi investasi jangka panjang.

Selalu Back Up Data

Pada beberapa kasus, pengguna lupa untuk melakukan back up data sehingga apabila terjadi kerusakan smartphone, pengguna kehilangan semua data penting yang disimpan di dalam perangkat tersebut. Mitigasi risiko ini dengan memastikan bahwa Anda selalu meluangkan waktu untuk back up data-data di dalam smartphone ke komputer melalui kabel USB, Wi-Fi, atau Bluetooth untuk mempermudah.

Siapkan GPS

Seiring dengan perkembangan teknologi, hampir semua perangkat smartphone dilengkapi dengan alat pelacak GPS. Dengan pengaturan tertentu, Anda akan menerima pesan lokasi saat smartphone ini hilang atau dicuri. Selain itu, alat pelacak ini juga memungkinkan Anda menghapus seluruh database dari jauh sehingga informasi penting tidak akan jatuh ke tangan orang lain, terutama bila Anda termasuk yang menggunakan smartphone untuk bekerja atau mencatat informasi penting.


Tujuh cara mudah menjaga smartphone agar bisa digunakan dalam jangka waktu panjang tadi sangat mudah dilakukan, bukan? Mulai sekarang Anda bisa menghemat pengeluaran untuk biaya perawatan smartphone. Investasi yang sangat cerdas dan efektif untuk menjaga performa smartphone pribadimu. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Apa lagi yang bisa dianggap investasi? Mobil pribadi. Sedang menabung untuk membeli mobil pribadi? Bacalah “4 Tips Ampuh untuk Memiliki Mobil Pertama”.

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply