Anda pasti pernah mendengar pernyataan bahwa nama adalah doa. Hal ini tidak berlaku pada penamaan anak saja, tetapi juga nama untuk bisnis Anda. Agar bisnis sukses, Anda tidak bisa sembarangan memilih nama. Pilihlah nama terbaik yang mencerminkan usaha dan harapan Anda melalui bisnis tersebut. Untuk membantu Anda, berikut adalah tips menentukan nama untuk bisnis online yang bagus dan menarik.
Baca juga: Cara Berbisnis Online Tanpa Modal
7 Tips Menentukan Nama untuk Bisnis Online
Nama untuk bisnis haruslah singkat, menarik, mudah diingat, dan menggambarkan bisnis dengan baik. Jika Anda masih bingung akan menamai bisnis Anda dengan nama apa, coba terapkan tujuh tips ini.
1. Hindari nama yang sulit diucapkan
Tips pertama, hindari nama yang sulit diucapkan. Melansir dari laman The Wall Street Journal, nama untuk bisnis yang mudah dieja dan diucapkan akan lebih mudah melekat dalam ingatan para konsumen.
Contoh nama bisnis yang mudah dieja dan diucapkan adalah: Roti Mama, Harum Parfum, Berkah Rezeki, dan lain-lain. Hindari nama seperti: Roti Gryvind, L’achoux Parfum, dan ejaan sulit lainnya.
2. Gunakan nama sendiri atau keluarga
Banyak bisnis yang menggunakan nama sendiri atau keluarganya sebagai nama bisnis. Menggunakan nama seperti ini sekaligus terselipkan doa dan harapan supaya citra keluarga Anda terus baik di mata orang lain. Anda pun bisa melakukan hal ini karena bagus untuk branding. Contoh bisnis yang menggunakan nama sendiri adalah: Sambal Bu Mia, Petis Cak Jon, Soto Haji Murti, dan sebagainya.
3. Cari yang mencerminkan bisnis Anda
Berikutnya, pilihlah nama yang mencerminkan bisnis Anda. Jadi, ketika orang mendengar nama bisnis Anda, orang akan langsung tahu produk apa yang Anda jual. Misalnya seperti Pintar Stationery (alat-alat tulis), Chloe Florist (toko bunga), Resto Baba Ali (restoran ala Timur Tengah), atau Honey Bakery (roti dan kue).
Baca juga: Tips dan strategi pemasaran bisnis online
4. Pilih nama dengan makna positif
Nama adalah doa. Maka dari itu, pilihlah nama untuk bisnis yang mencerminkan makna positif; bisa berisi harapan, doa, atau ungkapan yang baik. Contoh nama bisnis yang bermakna positif adalah: Toko Rizki, Toko Amanah, Berkah Cellular, Langgeng Jaya, dan sebagainya. Hindari nama bisnis yang berkonotasi negatif karena bisa membuat konsumen meragukan bisnis Anda.
5. Cek apakah nama sudah terpakai atau belum
Berikutnya, sebelum memutuskan nama tertentu, periksalah terlebih dahulu bahwa nama tersebut belum pernah terpakai. Jika sudah terpakai oleh bisnis lain, takutnya konsumen akan salah persepsi. Maka dari itu, hindari nama-nama yang sudah umum terpakai untuk bisnis. Mencari nama yang unik dan belum pernah ada justru akan memberikan nilai tambah untuk bisnis Anda.
6. Singkat dan mudah diingat
Selain harus mudah diucapkan, seperti pada tips pertama, nama untuk bisnis juga sebaiknya singkat dan mudah diingat. Nama yang mudah diingat akan membantu pelanggan untuk merekomendasikan bisnis Anda ke orang lain. Orang juga akan lebih mudah mencari bisnis Anda secara online.
Contoh nama bisnis yang singkat dan mudah diingat adalah: Sandal Kakiku, Dapur Koki, Cici Baso Aci, dan sebagainya. Hindari nama bisnis yang terlalu panjang, seperti: Toko Kemilau Gemintang Harapan Sejahtera atau Sandal Galaksi Sky Sagitarius.
7. Pakai akronim
Nama untuk bisnis yang bagus juga bisa pakai akronim atau singkatan. Nama bisnis seperti ini akan unik, menarik, dan mudah diingat. Misalnya seperti Baciki – Baso Aci Cuanki, Warung Naruto – nasi rujak soto, Tahu Walik KPK – Kamu Pasti Ketagihan, Kedai Parjo – pancong dan burjo, dan semacamnya.
Memilih nama untuk bisnis adalah hal penting untuk membangun bisnis itu sendiri. Melalui nama, ada banyak harapan, doa, dan ungkapan yang Anda panjatkan agar bisnis Anda terus lancar dan menjadi ladang rezeki yang baik untuk Anda dan keluarga. Selain itu, nama bisnis yang bagus pun tentunya baik untuk branding.
Agar bisnis semakin sukses, Anda juga perlu modal yang cukup banyak untuk memperpanjang umur bisnis. Untuk kebutuhan satu ini, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa mengajukan kredit usaha ke Modalku. Klik tombol di bawah ini:
Modalku adalah platform pendanaan online yang berfokus untuk membantu seluruh UMKM di Indonesia. Dengan modal yang Anda dapatkan, Anda bisa memanfaatkannya untuk membangun bisnis sampai berkembang pesat.
Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!
Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.
Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.
Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.
Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.
Ubaidillah Pratama is Modalku SEO & content marketing, blog writer & FinTech enthusiast.