5 Rahasia Sukses Elon Musk yang Perlu Anda Pelajari

Belajar dari Elon Musk

Siapa yang tidak kenal dengan Elon Musk? Pengusaha sukses yang terkenal sebagai CEO Tesla Motors dan SpaceX ini begitu disorot karena sederet inovasinya. Setelah sempat menghebohkan dunia karena hampir membeli media sosial Twitter, sebelumnya Elon Musk melalui SpaceX sudah memberangkatkan sejumlah orang untuk liburan ke luar angkasa.

Rahasia sukses CEO Tesla, Elon Musk

Tidak heran, dengan dua bisnis besar tersebut, Elon Musk tercatat memiliki kekayaan hingga 219 miliar US Dolar. Kesuksesan tersebut pun menimbulkan pertanyaan, apa rahasia Elon Musk dalam mengembangkan perusahaan miliknya hingga bisa sebesar sekarang? Untuk menginspirasi Anda sebelum memulai bisnis sendiri, berikut lima cara menjadi pengusaha sukses ala Elon Musk sebagai CEO Tesla yang bisa dipelajari.

1. Tidak asal ikut-ikutan tren

Rahasia sukses pertama Elon Musk sebagai CEO Tesla hingga mampu menjadi pengusaha sukses adalah membuat tren sendiri dan tidak asal mengikuti tren yang sedang berkembang. Hal tersebut dapat kita lihat saat Elon Musk mendirikan sejumlah usaha yang saat itu tidak ngetren. Elon Musk bersama rekannya mendirikan perusahaan otomotif berbahan bakar listrik, Tesla, pada 2003, dan perusahaan antariksa pada 2002.

Perlu diketahui, saat itu mobil listrik sama sekali belum populer karena industri otomotif masih didominasi bahan bakar fosil. Berkat kerja kerasnya, Tesla mampu merilis Tesla Roadster, kendaraan dengan bahan bakar listrik yang dapat diproduksi massal. Mobil ini juga yang akhirnya mendapat penghargaan Global Green 2006 karena penggunaan mobil listrik mampu mencegah terjadinya pemanasan global yang dihasilkan oleh pembakaran dari bahan bakar fosil.

Sementara itu, SpaceX menjadi perusahaan antariksa pertama yang dikelola oleh pihak swasta. Padahal, saat itu perusahaan yang berkutat dalam eksplorasi alam semesta masih didominasi oleh perusahaan milik negara, seperti NASA dari Amerika serikat atau Rocosomos dari Russia. 

Artinya, saat Anda ingin membangun sebuah bisnis, pastikan Anda memiliki ide sendiri dan tidak asal mengikuti tren yang berkembang. Hal itu harus dilakukan karena tren tidak selamanya bisa bertahan lama atau bahkan cenderung hilang dalam waktu singkat. 

2. Berani ambil risiko

Selanjutnya, cara menjadi pengusaha sukses adalah keluar dari zona nyaman dan berani mengambil risiko. Jika Anda tetap berjalan di zona nyaman, perusahaan akan lambat berkembang dan dikhawatirkan nantinya tertinggal dari kompetitor. Elon Musk berani mempertaruhkan nasibnya dengan menggunakan seluruh uangnya untuk pengembangan Tesla dan SpaceX.

Hasilnya, CEO Tesla ini harus meminjam uang dari teman-temannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya karena ia tidak ingin perusahaannya kekurangan modal. Ditambah lagi, saat itu Elon Musk sudah menikah dengan Justine Musk dan sudah memiliki Anak. Oleh karena itu, ia benar-benar mengambil risiko besar dengan mempertaruhkan seluruh kekayaannya untuk pengembangan perusahaan hingga menjadi pengusaha sukses.

3. Cepat beradaptasi

Seorang pengusaha harus memiliki cara pandang yang luas dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Hal itu dilakukan agar perusahaan dapat menyesuaikan diri dengan hal yang sedang populer dan cepat beradaptasi agar menyesuaikan permintaan pasar. Hal itu bisa kita lihat dari perkembangan Tesla yang selalu beradaptasi mengikuti perkembangan sehingga Tesla dianggap sebagai salah satu mobil terbaik yang pernah dibuat. 

Baca juga: Tips Jadi Pengusaha Sukses

4. Upgrade diri dengan skill baru

Apakah Anda tahu bahwa Elon Musk tidak memiliki latar belakang di bidang antariksa? Namun, ia berani mendirikan SpaceX dan mengandalkan tenaga ahli untuk mengembangkan perusahaannya sambil mempelajari segala hal yang berhubungan dengan luar angkasa. Hal ini bisa menjadi pelajaran bahwa salah satu cara menjadi pengusaha sukses adalah dengan terus meningkatkan kualitas diri melalui penguasaan skill baru. Siapa tahu skill tersebut dapat Anda kembangkan menjadi bisnis dan memperoleh keuntungan.

5. Selalu belajar dari kritik

Semakin besar hal yang Anda coba buat, semakin banyak pula hambatan yang akan menjegal langkah Anda. Kritik merupakan salah satu hal yang bisa menghambat Anda dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. Namun, jika diterima dan diolah dengan baik, kritik justru yang akan membuat bisnis Anda melaju pesat.

Sama halnya dengan Elon Musk yang mendapat berbagai kritik saat peluncuran The SpaceX Falcon 1 gagal total. Namun, ia tetap teguh dengan pendiriannya untuk terus membuat proyek lainnya. Belajar dari kritik, Elon Musk terus memperbaiki diri hingga berbagai proyek luar angkasa lain dari SpaceX pun akhirnya bisa sukses.

Itulah rahasia sukses dari Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX yang kini disejajarkan dengan deretan pengusaha sukses seperti Bill Gates dan Jeff Bezos. Jalan yang dilalui untuk sampai ke titik sekarang bukanlah hal yang mudah. Namun dengan kerja keras dan tidak pernah menyerah, Anda akan mendapatkan kesuksesan bisnis yang diinginkan.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan