7 Cara Menjadi Pengusaha Sukses

cara menjadi pengusaha sukses

Bagaimana cara menjadi pengusaha sukses? Tiap orang yang menjalankan usaha pasti ingin mencapai kesuksesan. Namun, jalan untuk mencapai kesuksesan tersebut jelas tidak mudah. Tidak pernah ada dalam sejarah, seorang pengusaha sukses dalam semalam saja. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa mencapai kesuksesan tersebut. Berikut beberapa cara menjadi pengusaha sukses yang bisa Anda terapkan.

Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Apa saja yang harus dilakukan agar bisa menjadi pengusaha sukses? Tidak ada rumus pastinya memang, namun Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

1. Start dari bisnis kecil-kecilan

Kebanyakan orang merasa ragu ketika ingin memulai usaha sendiri. Hal yang wajar jika mengingat risiko yang mungkin timbul. Namun, jika terus-terusan ragu, kapan Anda memulai usaha sendiri?

Cobalah mulai dari bisnis kecil-kecilan yang masih dalam jangkauan finansial Anda, tapi memiliki prospek yang menjanjikan, seperti berjualan pulsa atau menyediakan jasa bayar tagihan. Cara ini akan melatih mental Anda untuk menjadi seorang pengusaha. Dengan membiasakan diri untuk berbisnis, lama-kelamaan Anda bisa dengan mudah membaca peluang bisnis di sekitar.

2. Berani hadapi risiko

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, salah satu alasan orang enggan untuk segera memulai bisnis adalah karena terlalu mengkhawatirkan risiko. Padahal, risiko sebenarnya akan selalu ada, apa pun pilihan yang Anda ambil. Apa yang bisa Anda lakukan bukanlah menghindari risiko, tapi mencari cara agar risiko tersebut bisa diminimalkan dampaknya.

Beranikan diri untuk hadapi risiko yang mungkin timbul. Namun, Anda harus ingat, berani di sini bukan berarti nekat, tapi juga penuh perhitungan sehingga potensi risiko pun bisa diminimalisir.

3. Susun rencana bisnis

Beberapa orang terkadang terlalu nekat menjalankan bisnis hanya dengan bermodalkan keyakinan bahwa, “Produk ini akan laris.” Padahal, pendekatan tersebut bisa sangat berisiko. Anda sekadar tahu produk apa yang ingin dijual, tanpa memahami apa kelemahan dan keunggulannya yang bisa sangat memengaruhi strategi pemasaran produk.

Untuk itu, susunlah rencana bisnis yang mendetail dan bukan sekadar “ingin berjualan produk X”. Akan lebih baik lagi kalau rencana bisnis Anda juga sudah disertai dengan anggaran keuangan. Sebab, anggaran keuangan akan memudahkan Anda dalam hal operasional serta pendanaan. Investor cenderung tertarik pada bisnis yang memiliki gambaran keuangan jelas karena hal tersebut dapat membantu mereka memprediksi performa bisnis tersebut di masa mendatang.

4. Perluas networking

Networking bisa membuka banyak peluang, termasuk peluang kolaborasi untuk memulai bisnis. Anda bisa menjalin networking dari mana saja, mulai dari menghubungi rekan dengan passion yang sama hingga mengikuti komunitas bisnis atau hobi. Intinya, kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang dapat mengarahkan Anda meniti jalan hingga menjadi pengusaha sukses.

5. Fokus pada satu bisnis

Cara menjadi pengusaha sukses yang selanjutnya adalah fokus pada satu bisnis terlebih dulu. Banyak pengusaha pemula yang menggebu-gebu untuk menjalankan bisnis. Mereka pun mudah tergiur dengan model bisnis baru dan kemudian menelantarkan bisnis yang sudah dirintis sebelumnya.

Dari fenomena ini, Anda bisa belajar bahwa ketika baru merintis bisnis sendiri, jangan mudah tergoda untuk pindah haluan, apalagi ikut-ikutan tren. Sebagai gantinya, gali semua potensi pengembangan bisnis yang Anda rintis hingga produk bisa laris terjual.

6. Jangan berhenti belajar

Belajar jadi pengusaha tidak pernah ada ujungnya. Bahkan ketika Anda sudah mencapai kesuksesan pun harus tetap belajar, yaitu belajar cara mempertahankan kesuksesan.

Cara menjadi pengusaha sukses yang satu ini hendaknya dijadikan sebuah mindset atau bahkan pedoman hidup. Jangan pernah merasa cukup dengan pengetahuan yang Anda miliki. Belajarlah dari siapa saja, tidak harus dari pebisnis yang sudah tenar namanya. Kisah-kisah kegagalan pun bisa dijadikan bahan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam menjalankan bisnis.

7. Kembangkan bisnis dengan pendanaan modal usaha

Jika bisnis yang sudah Anda rintis berjalan dengan baik, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan opsi pengembangan. Bisnis yang berkembang berarti lebih banyak pelanggan, semakin banyak pelanggan maka semakin besar pula pendapatan Anda. Namun, masalahnya, pengembangan bisnis jelas butuh modal yang tidak sedikit.

Tidak perlu khawatir karena kini Anda bisa mengajukan pendanaan melalui program Modal Kawan Mikro dari Modalku. Program pembiayaan tanpa jaminan ini dikhususkan untuk memberikan pendanaan modal bagi UMKM dalam negeri. Dengan begitu, UMKM pun bisa semakin berkembang dan berperan aktif dalam menggerakkan roda perekonomian Indonesia.

Semoga ulasan mengenai cara menjadi pengusaha sukses ini bisa membantu Anda. Jika saat ini bisnis Anda memerlukan pendanaan, Modalku menyediakan program pembiayaan Modal Kawan Mikro yang bisa diajukan tanpa jaminan. Untuk informasi selengkapnya, silakan klik tombol di bawah ini!

Ajukan Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan