5 Soft Skill yang Harus Dimiliki Pengusaha Agar Bisa Sukses

Di tengah pandemi, banyak orang yang terpaksa harus kehilangan pekerjaannya. Ada pula yang harus rela gaji yang diterima tak sebanyak sebelumnya. Namun, dari fenomena ini, banyak bermunculan pengusaha

-pengusaha yang membuka bisnis baru. Tapi, tahukah Anda soft skill yang harus dimiliki oleh pengusaha sukses?

Semua orang bisa menjadi pengusaha. Sayangnya, belum tentu semua bisa bertahan di dunia bisnis. Apalagi kalau mereka tidak memiliki soft skill yang wajib dimiliki oleh pengusaha sukses. Nah, sebelum terjun di dunia bisnis, intip 5 soft skill yang harus dimiliki pengusaha agar bisa sukses! Apa saja? Berikut ulasannya!

Mengatur dan Membagi Waktu

Semuanya harus memiliki timing atau waktu yang tepat. Karena itu, pengusaha sukses adalah mereka yang dapat mengatur dan membagi waktu yang tepat. Pembagiannya mulai dari mengurus bisnis, mengasah skill baik untuk diri sendiri hingga karyawan, sampai networking dengan sesama pebisnis atau klien. 

Salah-salah mengatur dan membagi waktu, pengusaha harus rela kehilangan banyak hal, mulai dari operasional bisnis yang tidak berjalan lancar, kesempatan networking yang hilang, hingga kemajuan bisnis yang tersendat. Lalu, bagaimana cara mengatur dan membagi waktu yang baik? Anda butuh membuat schedule yang harus benar-benar dipatuhi. Awalnya memang sulit, tetapi nantinya Anda akan terbiasa untuk menyesuaikan diri dengan waktu yang sudah Anda tetapkan.

Lihat juga: “5 Tanda Anda Lebih Cocok Jadi Pengusaha Daripada Karyawan Kantoran”


Berpikir Kritis dalam Menganalisis Berbagai Hal

Pergerakan di dunia bisnis begitu cepat. Itulah mengapa pengusaha sukses harus bisa berpikir kritis dalam menganalisis berbagai hal. Soft skill yang harus dimiliki ini tentu bisa diasah, namun Anda tak bisa berguru dengan siapapun kecuali pengalaman. Pengalaman-pengalaman dalam mengatasi masalah inilah yang akan melatih Anda untuk berpikir kritis dalam menganalisis berbagai hal. Sehingga, saat Anda mengalami krisis tertentu, Anda sudah tahu bagaimana cara mengatasinya tanpa membuang banyak waktu.

Tepat dalam Decision Making, Soft Skill yang Harus Dimiliki

Sebagai pengusaha sukses, Anda dituntut untuk dapat mengambil keputusan. Tak sembarangan, keputusan Anda bertanggung jawab pada bisnis dan pelaku bisnis di dalamnya. Itulah sebabnya Anda harus melatih ketepatan Anda dalam decision making atau pengambilan keputusan. 

Lihat juga: “Memulai Bisnis Baru dengan 5 Peluang Bisnis Online Ini”

Salah satu cara untuk membuat keputusan yang tepat adalah meninggalkan ego dan emosi pribadi. Dengan meninggalkan keduanya, Anda akan lebih mampu berpikir jernih dan membuat keputusan yang lebih objektif lagi. Ingat, apapun keputusan yang Anda ambil, keputusan ini adalah yang terbaik untuk bisnis Anda bukan Anda sendiri.

Komunikasi Verbal dan Non-verbal yang Lancar

Kemampuan berkomunikasi yang excellent pasti dimiliki pengusaha sukses. Mengapa soft skill satu ini diperlukan? Nentunya untuk menjalin kerja sama yang baik antara sesama klien, sesama pengusaha, bahkan pesaing sekalipun. Komunikasi yang harus dikuasai tak hanya komunikasi verbal saja, tetapi juga meliputi non-verbal. 

Selain berbicara langsung dengan klien atau sesama pengusaha, Anda juga harus bisa menguasai komunikasi non-verbal seperti saat membalas email atau bahkan dari bahasa tubuh Anda. Untuk meningkatkan skill komunikasi verbal, Anda bisa melatih kelihaian berbicara Anda dengan banyak membaca buku atau laporan-laporan yang berkaitan dengan dunia bisnis.

Lihat juga: “Ini Dia Keuntungan Memiliki Bisnis Rumahan”

Bernegosiasi dengan Baik, Salah Satu Softskill yang Harus Dimiliki

Soft skill terakhir yang harus dimiliki pengusaha sukses adalah bernegosiasi dengan baik. Meski Anda sudah pandai berkomunikasi, tentunya percuma kalau Anda tak bisa bernegosiasi dengan baik. Dalam berbisnis, jangan sampai Anda  berpikir “asal untung saja.” Sebagai pengusaha, Anda harus bisa bernegosiasi untuk mendapatkan keuntungan yang sama rata antara dua belah pihak. Lalu, apakah keuntungan tersebut bisa diraih dalam jangka panjang? Apa efeknya dalam keberlangsungan bisnis Anda ke depannya dan seterusnya. 

Itulah 5 soft skill yang harus dimiliki jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses. Soft skill sendiri tak dapat dipelajari dalam institute resmi, tetapi dipelajari dengan memperbanyak pengalaman dan tentunya analisis yang mendalam. Bagaimana jika Anda sudah menguasai soft skill pengusaha sukses, tapi rencana bisnis mogok karena kurang modal? Tenang, kini hadir Modalku yang memiliki program khusus pemilik UMKM termasuk pedagang online. 

Cara pendaftarannya mudah tanpa harus datang ke kantornya, cukup kunjungi website resmi Modalku. Peminjaman modal di Modalku juga paling besar di Indonesia dan tanpa agunan. Tunggu apa lagi? Kunjungi Modalku dan jadilah pengusaha sukses!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply