7 Cara Menabung dengan Cepat dan Sukses

cara menabung dengan cepat

Bagi sebagian orang, menabung bukanlah sebuah hal gampang. Keinginan untuk berlibur, membeli kopi, atau belanja di pusat perbelanjaan saat akhir pekan membuat tabungan tak kunjung terkumpul. Alih-alih menabung, bisa jadi Anda justru terjerumus pada pemborosan dengan membeli barang kurang penting. Oleh sebab itu, agar tidak terjebak kebiasaan boros, alangkah baiknya mengikuti cara menabung dengan cepat berikut ini!

1. Tentukan tujuan menabung

Salah satu tips menabung agar sukses dan cepat terkumpul adalah menentukan tujuan; apakah itu untuk menyisihkan dana cadangan, membeli barang tertentu, dana liburan, hingga persiapan dana pendidikan anak. Pastikan tujuan menabung Anda jelas serta terarah. Akan lebih baik apabila Anda juga menentukan waktu kapan tujuan menabung itu bisa tercapai. Misalnya, menabung untuk membeli barang dalam satu tahun ke depan.

2. Buat batasan waktu menabung

Langkah awal merapkan cara ini adalah menentukan batasan waktu. Seperti yang sedikit disinggung pada poin sebelumnya, Anda bisa menetapkan target waktu kapan tabungan harus segera terkumpul. Contohnya saja tabungan harus terkumpul dalam satu tahun ke depan, bulan depan, atau mungkin rencana jangka panjang puluhan tahun mendatang. Semua itu Anda yang tentukan sendiri. Hal paling penting adalah tetapkan batasan waktu ini sesuai dengan kemampuan Anda sehingga tidak membebani finansial.

3. Tentukan nominal uang yang harus ditabung

Selain menentukan batasan waktu menabung, cara menabungnya adalah dengan menetapkan nominalnya. Tentukan nominal tabungan yang harus Anda kumpulkan, sesuaikan dengan harga barang yang ingin dibeli atau dana yang dibutuhkan untuk aktivitas berlibur. Jadi, sebelum mulai menabung, tentukan dulu jumlah yang harus terkumpul.

Tips menabung dengan menetapkan nominal yang harus terkumpul ini selanjutnya akan membantu Anda mengatur keuangan per bulan. Pasalnya, menabung Rp50 juta dalam setahun dengan Rp20 juta setahun pastinya akan berbeda, bukan? Oleh karena itu, tetapkan angka pasti berapa yang ingin ditabung, sehingga Anda bisa memperkirakan uang yang harus disisihkan tiap bulan atau tiap pekan. Untuk membantu, Anda bisa mencoba pakai kalkulator tabungan.

4. Periksa catatan pemasukan dan pengeluaran saat ini

Cara menabung dengan cepat dan sukses yang berikutnya adalah memeriksa catatan pemasukan dan pengeluaran rutin bulanan Anda. Pasalnya, uang untuk menabung sudah pasti didapatkan dari pemasukan bulanan Anda, setelah dibagi juga dengan pengeluaran rutin setiap bulan. Dengan memiliki pencatatan keuangan yang jelas, maka lebih mudah nantinya saat harus mengalokasikan dana untuk tabungan.

Disarankan, Anda tidak menabung lebih besar daripada pengeluaran atau lebih dari separuh penghasilan bulanan. Apabila Anda memaksa untuk menabung sebagian besar pendapatan tiap bulan, maka bisa jadi kebutuhan tiap bulan tidak tercukupi. Anda bisa menyisihkan sekitar 20% dari penghasilan untuk ditabung tiap bulannya. 

5. Buat anggaran menabung secara rutin

Tips menabung agar sukses dan tercapai adalah disiplin. Kedisiplinan menjadi kunci penting apakah usaha Anda menabung akan berhasil atau tidak. Anda harus disiplin dan tegas terhadap diri sendiri untuk menabung rutin setiap bulan. Ini merupakan cara menabung yang sesuai tujuan keuangan. Jangan tergiur untuk beli camilan atau jajanan di luar menu makan utama, beli barang lucu di mall, atau nongkrong kurang penting. Ingatkan diri bahwa Anda harus menabung rutin agar tujuan keuangan segera tercapai.

Hal terpenting lainnya dalam membuat anggaran menabung secara rutin ini adalah menyisihkan di awal. Maksudnya, saat Anda sudah mengetahui nominal yang harus ditabung tiap bulan untuk mencapai tujuan keuangan, maka sisihkan uang tabungan itu di awal. Saat mendapatkan gaji, sisihkan langsung anggaran menabung. Simpan pada rekening tabungan khusus. Dengan begitu, tips menabung ini menghindari kelalaian jika menyisihkannya di akhir.

6. Cara menabung dengan cepat atur ulang gaya hidup

Tak dapat dimungkiri kalau gaya hidup ikut menentukan apakah cara menabung yang Anda terapkan bakal berhasil. Pasalnya, banyak orang gagal menabung, bahkan setelah memiliki tujuan dan menyisihkan anggaran tiap bulan, gara-gara hidup konsumtifnya tak dapat ditinggalkan. Oleh karena itu, apabila Anda benar-benar bertekad menabung demi meraih impian yang dicitakan, maka aturlah ulang gaya hidup.

Cara ini bisa dimulai dengan lewat usaha mengatur ulang gaya hidup bisa dimulai dari hal sederhana. Contohnya memotong pengeluaran yang sifatnya tersier atau hiburan. Coba cek lagi berapa biaya langganan aplikasi streaming yang Anda keluarkan tiap bulannya. Jika ada yang tidak terpakai, maka hapus biaya untuk anggaran itu dan pakai untuk menambah jumlah tabungan.

7. Cari pekerjaan tambahan

Jika nominal tabungan yang harus Anda kumpulkan termasuk besar, maka tidak ada cara lain agar tips menabung ini berhasil kecuali dengan mencari pekerjaan tambahan. Saat penghasilan bulanan tidak mencukupi anggaran besar tabungan setiap bulan, maka Anda harus mencari pekerjaan sampingan. Hasil dari bekerja sampingan ini bisa menambah anggaran tabungan tiap bulan agar lebih besar. Dengan begitu, target total tabungan Anda bisa segera tercapai.

Cara menabung di atas bisa Anda pakai untuk tujuan apa pun, termasuk  membuka usaha. Ketika Anda ingin memulai usaha baru, maka modal yang harus dimiliki salah satunya berasal dari tabungan.

Dapatkan Info Terkini dari Blog Modalku
Loading

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan