5 Tips Memilih Pinjaman Kredit Tanpa Agunan di Tengah Pandemi

pinjaman kredit tanpa agunan berupa paylater

Pinjaman kredit tanpa agunan menjadi salah satu “pelampung” bagi masyarakat untuk bertahan di tengah perekonomian yang masih tak stabil karena pandemi. Itulah mengapa kini banyak orang yang mengandalkan lembaga pinjaman seperti pinjaman online. Apalagi aplikasi financial technology (fintech) semakin berkembang, sehingga proses meminjam uang semakin mudah dan cepat. 

Tak hanya itu, pencairan dananya pun juga hanya memakan waktu 1-2 minggu dan tidak membutuhkan jaminan. Namun, Anda tak boleh terlena begitu saja dengan pinjaman kredit tanpa agunan dari sumber yang tidak jelas. Ada 5 tips memilih pinjaman kredit tanpa agunan yang wajib Anda perhatikan. Yuk, lebih cermat memilih pinjaman kredit tanpa agunan supaya keamanan dan kesejahteraan Anda tetap terjaga.

Pilih Penyedia Pinjaman Kredit tanpa Agunan yang Berizin OJK dan Member AFPI

Tips pertama memilih pinjaman kredit tanpa agunan adalah harus terdaftar OJK dan AFPI. OJK adalah lembaga yang mengawasi dan mengatur seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan seperti perbankan, pasar modal, dan sektor IKNB. Anda bisa mengecek lembaga pinjaman tersebut terdaftar atau tidak di OJK dengan cara mengeceknya di situs resmi OJK. 

Ketahui 6 Ciri Pinjaman Online yang Terdaftar OJK

Sedangkan fungsi bergabung di Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) adalah mempermudah para nasabah mengakses informasi juga pengaduan layanan pengaduan seputar jasa dan layanan fintech yang kini banyak di Indonesia. Dengan berizin OJK dan mengantongi status sebagai member AFPI, maka lembaga pinjaman kredit tanpa agunan ini sudah terbilang aman.

Pinjaman tanpa jaminan untuk tambah stok

 
Segera Buat Daftar Utang 

Bila sedang terdesak perekonomian yang melemah, tidak sedikit masyarakat yang bahkan mengambil pinjaman di lebih dari satu tempat. Bahkan, banyak kasus peminjam yang terlilit utang karena tidak bisa melacak pinjaman apa saja yang sudah jatuh tempo. 

Nah, agar Anda tidak terjerumus ke jurang utang, sebaiknya sebelum mengajukan pinjaman di tempat lain, Anda sudah mencatat jumlah uang yang sudah dipinjam. Dengan mencatatnya, Anda tidak akan lupa untuk membayar cicilan utang dan bisa mempersiapkan dana untuk melunasi utang sebelum jatuh tempo.


Harus Punya Tujuan Pinjaman yang Jelas

Banyak orang yang tergiur pinjaman kredit tanpa agunan karena prosesnya yang mudah dan pencairan dana yang cepat. Namun, kemudahan pinjaman kredit tanpa agunan ini membuat banyak orang tergiur untuk terus meminjam. Semakin mudah proses peminjamannya, semakin banyak orang yang tak mempertimbangkan tujuan mengajukan pinjaman

Sebelum meminjam uang, Anda harus memikirkan tujuan pinjaman yang jelas sebagai tips mengatur keuangan di situasi mendesak. Jika memang bukan kebutuhan prioritas dan bisa ditunda, maka pikirkan kembali apakah perlu mengajukan pinjaman. Tidak memiliki tujuan pinjaman yang jelas justru akan membuat Anda terjebak dan terlilit utang.


Perhatikan Syarat, Bunga, dan Prosedur 

Sebagai nasabah cermat, penting sekali untuk memperhatikan syarat, bunga, dan prosedur yang diterapkan lembaga pinjaman kredit tanpa agunan. Biasanya, syarat yang mereka tawarkan terpampang di situs resmi lembaga pinjaman tersebut. Namun, tak ada salahnya untuk meminta penjelasan dari customer service supaya lebih jelas lagi. Jika Anda merasa persyaratan bisa dipenuhi, maka perhatikan juga prosedur yang berlaku. 

Lihat juga: “Memilih Pinjaman tanpa Jaminan Platform Pendanaan Digital”

Di dalam prosedur ini terdapat tata cara meminjam, cicilan yang harus dibayarkan, tenor pembayaran, cara pelunasan, bunga yang diberikan setiap pinjaman, dan tentunya denda yang berlaku jika tidak membayar tepat waktu. Pahami prosedur, bunga, dan syaratnya agar proses pinjaman baru bisa dilaksanakan dengan aman.


Pastikan Tidak Telat Melunasi Pinjaman Kredit Tanpa Agunan

Tips mengatur keuangan yang tak kalah penting saat mengajukan pinjaman kredit tanpa agunan adalah jadwal bayar cicilan. Membayar cicilan pinjaman tepat waktu akan menghindari Anda dari musibah. Ingat, telat bayar cicilan akan dikenakan denda keterlambatan dan juga membuat skor kredit Anda jadi menurun. Kalau skor kredit Anda menurun, maka lembaga pinjaman lainnya akan berpikir dua kali untuk memberikan pinjaman kepada Anda.

Supaya tidak telat membayar cicilan, selalu pasang pengingat pada handphone Anda. Lalu, langsung pisahkan gaji bulanan Anda untuk membayar cicilan atau Anda juga bisa memanfaatkan fitur autodebet bila tersedia. Dengan melakukan langkah-langkah ini, dijamin Anda akan terhindar dari denda keterlambatan membayar cicilan.

Untuk Anda yang sedang mencari pinjaman yang aman, sudah terdaftar di OJK dan APFI, serta proses pencairan dana yang cepat, percayakan saja dengan pada Modalku. Untuk Anda yang berbisnis, kami juga punya produk paylater Modalku Virtual Credit yang dapat memperlancar arus kas Anda.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply