Investasi

5 Pelajaran Investasi Jangka Panjang dari Saham GoTo

GoTo Group adalah holding company yang terdiri dari beberapa perusahaan teknologi, seperti Gojek, Tokopedia, hingga Bank Jago. Pertama kali menggelar IPO (Initial Public Offering) pada 15 Maret 2022 lalu, saham GoTo sempat booming hingga membuat harganya melonjak tinggi. Akan tetapi, nyatanya pada Oktober tahun lalu harga saham dari perusahaan ini pun goyah.

Meski sempat goncang dan nilainya turun 5%, masih banyak yang percaya bahwa GoTo Group ini memiliki prospek yang menjanjikan, sehingga banyak yang tetap bertahan dengan saham tersebut. Dari kejadian ini, kita bisa memetik beberapa ilmu untuk investasi jangka panjang yang menguntungkan. Seperti apa maksudnya?

Tentukan Tujuan Investasi sejak Awal

Apa pun instrumen investasi yang akan Anda ambil nantinya, menentukan tujuan investasi di awal tetaplah menjadi hal penting. Dengan tujuan investasi yang jelas, Anda jadi tahu sampai kapan Anda bisa menyimpan uang tersebut, berapa perkiraan bunga yang Anda cita-citakan, dan menyesuaikan risiko yang dimiliki oleh masing-masing instrumen investasi.

Jika Anda berinvestasi untuk menuai keuntungan dalam waktu cepat, misalnya hanya hitungan bulan, tentu investasi jangka panjang tidak bisa menjadi pilihan terbaik. Namun, apabila Anda berfokus pada hasil optimal di masa yang akan datang, investasi jangka panjang mungkin cocok untuk Anda.

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda tidak bisa memilih instrumen investasi berdasarkan pada keuntungannya saja. Sebab, bunga yang diperoleh pada saat ini mungkin berbeda pada beberapa waktu mendatang. Bagaimana kalau hal ini sampai terjadi? Itulah mengapa mengetahui tujuan investasi itu penting.

Pertimbangkan Jangka Waktu Investasi

Setelah menentukan tujuan investasi yang jelas, Anda bisa menetapkan jangka waktunya. Apakah Anda akan berinvestasi sebentar saja, misalnya dalam hitungan bulan? Jika demikian, instrumen investasi dengan profit cenderung stabil akan kurang cocok bagi Anda. Sebaiknya, pilihlah instrumen saham yang cocok untuk trading sehingga bisa memberikan hasil signifikan dengan cepat. Akan tetapi, kalau periode waktu Anda cukup panjang, instrumen investasi saham yang punya bunga stabil dan minim risiko mungkin bisa menjadi pilihan yang aman.

Jangan Takut dengan Volatilitas Harga Saham

Saat Anda memutuskan untuk berinvestasi di saham, pahami bahwa harganya bisa sangat fluktuatif, sebab saham memang memiliki kecenderungan akan hal itu. Namun, volatilitas saham semestinya tidak perlu terlalu Anda risaukan, khususnya bila akan berinvestasi jangka panjang.

Di samping itu, ada banyak faktor yang menyebabkan harga saham mengalami perubahan. Bahkan, saham dari perusahaan sekelas GoTo pun bisa mengalami penurunan seperti yang terjadi pada Oktober 2022 lalu.

Meski begitu, saham GoTo Group tetap saja menarik karena cakupan ekosistemnya sangat luas dan cenderung stabil karena menggawangi tiga perusahaan teknologi dengan kondisi finansial bagus, yakni Gojek, Tokopedia, dan Bank Jago.

Tetap Jaga Emosi di Tengah Terpaan Berita

Anda mungkin jadi sering mengecek perubahan harga saham ketika memutuskan untuk berinvestasi di instrumen satu ini. Di tengah banyaknya kemungkinan dan berita, misalnya seperti yang dialami oleh saham GoTo kemarin, Anda tetap harus bisa menjaga emosi. Tujuannya tak lain agar kewarasan mental Anda tetap bagus dan tujuan investasi tercapai pada akhir periode. Jika Anda lalai mengontrol emosi, kemungkinan Anda jadi lebih gegabah dalam mengambil keputusan. Hindari hal semacam itu agar Anda juga terhindar dari risiko kerugian.

Fokus ke Pertumbuhan Perusahaan

Instrumen saham sangat mungkin mengalami kenaikan dan penurunan. Daripada berfokus pada hal-hal semacam itu, sebaiknya Anda memusatkan pikiran pada pertumbuhan perusahaan. Seperti saham GoTo yang harganya turun 5% pada akhir 2022, Anda tidak perlu khawatir hingga merasa ingin segera menjualnya, sebab kondisi finansial perusahaannya masih bagus.

Dengan keadaan keuangan yang baik, masih ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi di masa depan. Ada kalanya harga saham akan mengalami penurunan, tapi pasti ada juga peluang harganya naik. Itulah alasan yang mesti Anda pegang sebagai investor jangka panjang. Tetaplah sabar dalam berinvestasi sampai akhirnya bisa mencapai tujuan investasi Anda.

Berinvestasi jangka panjang mungkin bisa menjadi hal yang susah-susah gampang, apalagi jika Anda memilih instrumen investasi saham. Persis seperti yang terjadi pada saham GoTo kemarin, harganya mungkin akan turun. Namun, Anda tidak boleh gegabah dalam mengambil keputusan, khususnya bila uang investasinya berasal dari bisnis. Nah, jika Anda ingin mengembangkan usaha tapi kondisi keuangan sedang tidak memungkinkan, jangan lupa dengan layanan pendanaan dari Modalku.

Ajukan Sekarang!

Recent Posts

Tips Manajemen Stok Barang untuk Bisnis UKM Offline

Manajemen stok barang yang efektif tidak hanya menguntungkan toko online, tapi juga bisnis yang beroperasi…

4 hari ago

Seluk-beluk Modal Ventura untuk Kesuksesan UKM

Bagi UKM yang sedang membutuhkan dana untuk menjalankan bisnis, modal ventura layak dipertimbangkan. Yuk, kenali…

1 minggu ago

Manfaat Transparansi Keuangan dan Cara Menerapkannya

Bagaimana cara menerapkan transparansi keuangan dalam bisnis agar meningkatkan kepercayaan pegawai hingga mendukung pengambilan keputusan?

2 minggu ago

6 Cara Mengurangi Beban Pajak Usaha untuk UKM

Mengurangi beban pajak usaha efektif untuk menekan pengeluaran UKM. Begini cara yang bisa Anda lakukan…

3 minggu ago

Manfaat dan Tips Pengembangan SDM dalam UKM

Tanpa SDM berkualitas, UKM Anda akan lebih sulit bertahan di tengah persaingan pasar. Simak bagaimana…

4 minggu ago

Cara Membuat Jadwal Kerja yang Efektif untuk Karyawan Anda

Bingung soal cara membuat jadwal kerja yang tepat untuk karyawan perusahaan Anda? Tenang, Anda bisa…

4 minggu ago