Ingin Balik Kampung? Ini Dia Usaha yang Cocok Pemula di Pedesaan

usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan, apa saja ya?

Kerasnya kehidupan di perkotaan sering kali menimbulkan keinginan untuk kembali pulang ke kampung dan memulai hidup baru. Suasana yang lebih sepi namun nyaman membuat pulang kampung menjadi salah satu pilihan untuk mereka yang merasa sudah bosan dengan pekerjaan di kota, atau mereka sudah memiliki cukup modal untuk membuka usaha di kampung. Kabar baiknya, terdapat banyak peluang usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Berikut beberapa di antaranya yang layak untuk dicoba.

1. Toko Kelontong

Sulitnya menemukan minimarket yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari membuat toko kelontong menjadi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan, apalagi jika Anda punya akses kendaraan roda empat untuk membeli stok jualan di perkotaan agar mendapat barang berkualitas tinggi.  Anda juga bisa menambahkan sejumlah produk segar seperti hewan hidup atau sayur untuk menambah variasi.

Baca juga: 5 Cara Buka Toko Online bagi yang Sudah Berjualan Offline

2. Beternak Ayam

Salah satu tantangan untuk memulai bisnis peternakan di perkotaan adalah kegiatan operasional yang cenderung menimbulkan suara berisik dan bau yang tidak sedap, sehingga mengganggu masyarakat. Nah, di pedesaan, bisnis satu ini tidak akan mendapat tantangan tersebut karena masih banyak tanah kosong yang jauh dari pemukiman penduduk.

Anda bisa mencoba usaha peternakan, terutama peternakan unggas seperti ayam, mengingat mudahnya akses mencari pakan. Nantinya, hasil produk seperti daging dan telur dapat didistribusikan ke toko kelontong di perkampungan atau dikirim ke perkotaan untuk keuntungan yang menggiurkan.

3. Tanaman Hidroponik

Masih bagusnya kualitas udara yang ada di pedesaan membuat tanaman hidroponik bisa dijadikan peluang usaha rumahan di desa. Anda tidak memerlukan tempat yang luas seperti jika ingin membuka peternakan, cukup memiliki lahan kecil atau teras di depan rumah. Selain itu, Anda juga mudah mendapat akses tanah yang bagus untuk tanaman sehingga peluang usaha Anda untuk sukses pun cukup tinggi.

4. Jajanan Kekinian

Jajanan kekinian seperti boba, makaroni pedas, atau dessert box sudah tersebar luas di perkotaan, namun masih banyak masyarakat pedesaan yang belum pernah merasakan jajanan tersebut. Karena hal tersebut, bisnis makanan dan minuman kekinian bisa dijadikan usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan.

5. Pom Bensin Mini

Selain toko kelontong, masyarakat pedesaan juga sering mengalami kesulitan untuk akses bahan bakar sehingga masih harus ke perkotaan untuk mengisi BBM. Bisnis pom bensin mini bisa jadi usaha yang cocok untuk dibuka karena memberikan kemudahan, terutama untuk pemilik kendaraan roda dua dan empat dalam mengisi bahan bakar.

6. Pulsa 

Bisa dikatakan bahwa perkembangan teknologi sudah cukup pesat di daerah pedesaan sehingga masyarakat di sana sudah menggunakan gadget seperti smartphone. Sehingga, Anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka toko yang menyediakan berbagai kebutuhan seperti pulsa atau kuota. Anda juga bisa menambahkan beberapa servis seperti jasa beli token listrik, bayar cicilan, hingga top up game.

7. Budidaya Ikan Air Tawar

Selain beternak ayam, hewan lain yang juga dapat Anda budidaya di daerah pedesaan adalah ikan air tawar karena akses untuk mendapat air tawar yang jernih masih mudah didapatkan. Anda dapat langsung mengambil air dari sungai atau bahkan membuat tambak budidaya air tawar tepat di pinggir sungai, sehingga tidak perlu repot-repot memindahkan air dari sungai ke tambak. Ikan akan tumbuh di tempat alaminya sehingga kualitas daging ikan yang didapat akan jauh lebih tinggi.

8. Warung Kopi

Warung kopi di pedesaan merupakan tempat yang paling dicari oleh masyarakat untuk melepas penat selepas bekerja atau sekadar mencari tempat istirahat. Anda bisa menambahkan sejumlah makanan seperti gorengan dan mi instan untuk menemani secangkir kopi. Cukup dirikan warung kecil di depan rumah untuk warung dan Anda sudah bisa mengembangkan peluang usaha rumahan di desa.

Jangan salah, tren cafe dan kopi kekinian kini juga sudah populer di berbagai daerah lho! Simak analisa usaha kopi kekinian serta potensi keuntungannya!

9. Jasa Fotokopi

Peluang usaha terakhir yang dapat Anda coba di pedesaan adalah jasa fotokopi. Jasa satu ini sangat diperlukan oleh pegawai kantor desa hingga anak sekolah sehingga keuntungan yang ditawarkan pun cukup menggiurkan. Satu-satunya hal yang harus dipertimbangkan adalah akses untuk membawa mesin fotokopi ke pedesaan.

Demikian peluang usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan dan layak Anda coba. Selain akses tempat, Anda juga memerlukan modal agar bisa membeli peralatan yang diperlukan sebelum membuka usaha. Untuk kebutuhan satu ini, Anda bisa mengandalkan Modalku! Klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan pendanaan Modal Usaha.

Ajukan Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pendanaan modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi pemberian dana dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. 

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan