3 Jenis Usaha Perseorangan yang Perlu Dicoba

jenis-jenis usaha

Zaman sekarang, makin banyak orang yang memilih untuk membuka usaha sendiri daripada harus bekerja di perusahaan. Untungnya, kita mengenal banyak jenis usaha perseorangan yang bisa dijalankan di rumah. Ini adalah bentuk usaha berskala kecil yang cocok bagi para pebisnis yang ingin mendirikan bisnis dari awal. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Selain itu, jenis usaha perseorangan juga lebih fleksibel dari segi usaha, produk, waktu, dan tempat.

Oleh karena itu, mulailah usaha dari skala kecil agar kerugian bisa diminimalkan. Kalau Anda masih bingung memutuskan usaha apa yang akan Anda buat, berikut ini penjelasan serta jenis usaha perseorangan yang bisa Anda coba!

Apa itu usaha perseorangan?

Usaha perseorangan adalah suatu badan usaha yang dimiliki atau dikelola oleh satu individu saja. Dalam pengoperasiannya, jenis usaha ini tidak mendapatkan campur tangan dari pihak lain secara langsung. Teknologi yang dibutuhkan pun bisa dibilang sederhana, modal yang cenderung sedikit, serta jenis produksi dan tenaga kerja yang tidak banyak.

Karena dikelola oleh satu individu saja, keuntungan yang didapat tidak dibagi-bagi dan sepenuhnya menjadi milik pengelola atau pemilik. Jika dijalankan dengan baik, usaha perseorangan akan bisa menghasilkan pendapatan yang cukup besar. Meski begitu, semua risiko bisnis yang muncul juga akan ditangani dan dihadapi oleh perseorangan.

Baca juga: Wirausaha; Pengertian, Jenis, dan Contoh

3 Jenis usaha perseorangan 

Ada banyak jenis usaha yang bisa dilakukan seorang diri. Berikut ini adalah beberapa contoh jenis usaha perseorangan yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Bidang pertanian 

Jenis usaha perseorangan di bidang pertanian banyak dilakukan di pedesaan. Misalnya, para petani akan mengelola lahannya sendiri agar modal yang dibutuhkan minim. Berkat kemajuan zaman dan teknologi, pertanian memiliki potensi yang tinggi dalam mendatangkan keuntungan. Sekarang, para petani bisa menjual hasil dari lahan mereka secara online untuk mengembalikan modal. Dengan banyaknya aplikasi yang memudahkan konsumen membeli bahan-bahan segar, petani dan konsumen sama-sama diuntungkan.

Banyak usaha yang sukses bergerak di bidang ini berkat bantuan teknologi. Bahkan, jika Anda bukan petani dan Anda tidak mempunyai lahan, Anda tetap bisa memiliki usaha di bidang ini. Contohnya dengan berjualan bibit tanaman. Anda tidak memerlukan lahan untuk memulai jenis usaha ini, tapi Anda akan tetap bisa meraup keuntungan yang besar.

Baca juga: 6 Jenis Penjualan yang Perlu Anda Ketahui

2. Perdagangan

Seperti namanya, jenis usaha perdagangan dilakukan dengan menjual atau memperdagangkan produk kepada masyarakat. Fokus utama jenis usaha ini adalah menjual produk, alih-alih proses produksinya. Kalaupun Anda ingin menjual prosesnya juga, hal ini biasanya jarang terjadi dengan lokasi produksi dan perdagangannya terpisah.

Contohnya adalah pemilik warung, usaha catering, atau rumah makan. Berhubung semua orang pasti butuh makan, jenis usaha ini bisa dikatakan menjanjikan, apalagi jika Anda memiliki kemampuan memasak yang baik. Dari sekian banyak menu yang bisa dijual, sebaiknya Anda memilih menu yang familier juga cocok di lidah orang Indonesia. Pastikan bahwa kualitas yang ditawarkan pun baik dan rasanya enak.

3. Jasa 

Meskipun membutuhkan keahlian khusus, jenis usaha yang satu ini rupanya paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Jenis usaha ini tidak menjual produk fisik yang bisa diproduksi, melainkan pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa kepada konsumen. Selain karena fleksibel dan menyesuaikan dengan kemampuan kita, Anda bisa memilih berjualan jasa yang sesuai dengan bakat dan minat.

Misalnya, jika Anda suka menulis, Anda bisa menjadi penulis freelancer. Dalam satu bulan, penghasilan yang didapat ternyata cukup besar, bahkan bisa mencapai jutaan Rupiah. Tawarkan jasa Anda kepada usaha-usaha lain yang membutuhkan konten yang baik dan berbobot. Cara lain adalah dengan menjalin kerja sama dengan penerbitan-penerbitan kecil. Anda juga bisa menulis secara independen dan mengirimkan tulisan-tulisan Anda ke berbagai media.  

Baca juga: Cara Kerja Bisnis Jastip yang Menguntungkan

Itu tadi informasi mengenai jenis usaha perseorangan yang menjanjikan dan bisa Anda pertimbangkan untuk dicoba. Mulailah dari skala kecil yang lebih mudah diatur agar Anda tahu bagaimana rasanya menjadi pebisnis. Tapi, sebelum mulai membuka usaha, pastikan bahwa Anda sudah memiliki semua modal yang dibutuhkan, terutama dari segi uang. 

Gunakan layanan pinjam dana Modalku untuk membuka usaha perseorangan. Anda bisa memilih pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dilakukan secara online, pinjaman Modalku aman, berizin, dan telah mendapat pengawasan langsung oleh OJK. Cari tahu lebih lanjut dengan klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Reference:

https://www.lemonilo.com/blog/5-contoh-usaha-perseorangan-yang-menguntungkan

https://www.kompas.com/skola/read/2022/05/19/093000569/3-macam-jenis-usaha-perseorangan-beserta-contohnya?page=all

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan