Hindari Menggunakan Pinjaman Kredit Tanpa Agunan untuk 5 Hal Ini

Pinjaman kredit tanpa agunan menjadi favorit banyak orang karena proses pengajuannya yang mudah serta persyaratannya yang minimal. Anda tidak perlu memiliki aset untuk dijadikan sebagai jaminan, sehingga kredit tanpa agunan bisa dijadikan pilihan saat Anda membutuhkan dana. Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai hal, mulai dari membeli rumah, modal membuka usaha, investasi, dan sebagainya.

Meskipun umumnya bermanfaat dan berdampak positif, pinjaman ini bisa merugikan jika Anda tidak bijak dalam menggunakannya. Dampak negatif dari gaya hidup boros bisa sangat terasa jika Anda menggunakan pinjaman kredit tanpa agunan untuk hal-hal yang tidak tepat. Hal apa saja yang dimaksud?

Lihat juga: “Bisnis Onlinemu dapat Pinjaman Modal, Ini Cara Mengelolanya”

Beli Smartphone atau Laptop Baru

Ini soal gengsi dan dampak negatif dari gaya hidup boros. Anda mungkin tertarik membeli smartphone atau laptop baru karena merasa membutuhkannya, tetapi coba pikirkan kembali dengan baik. Apakah smartphone atau laptop lama Anda sudah tidak bisa dipakai dan berfungsi dengan baik? Jika kondisinya baik-baik saja namun Anda ingin membeli yang baru, itu bukan kebutuhan, melainkan keinginan yang tidak penting.

Menggunakan pinjaman kredit tanpa agunan untuk membeli smartphone atau laptop baru tidak akan memberikan Anda keuntungan apapun, justru jadi boros. Jika memang ingin membeli gadget baru, alih-alih kredit tanpa agunan, Anda bisa menggunakan kartu kredit yang menawarkan cicilan 0 persen atau cicilan online tanpa kartu kredit.

Lihat juga: “Pinjaman Usaha dengan atau Tanpa Agunan, Mana yang Lebih Cocok untuk Anda?”

Beli Kendaraan Baru

Ini juga harus dihindari terutama jika Anda membelinya secara kredit. Akan sangat memberatkan jika Anda mencicil untuk membeli kendaraan baru saat juga harus mencicil untuk membayar pinjaman online. Sebaiknya, beli kendaraan baru saat Anda memang punya cukup uang untuk itu, atau dengan kredit bunga 0% yang bisa Anda manfaatkan.

Beli Kebutuhan Sehari-hari

Tingkat keborosan Anda sudah sangat akut jika Anda bahkan rela melakukan pinjaman kredit tanpa agunan hanya untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Jika memiliki pekerjaan, Anda harus memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari seperti makan dan biaya transportasi dengan sumber penghasilan bulanan sendiri. 

Jangan terlalu mudah meminjam uang untuk hal-hal yang tidak krusial karena jika tidak bijaksana, Anda bisa terjerat hutang. Stres berkepanjangan karena memikirkan cara melunasi hutang yang menumpuk akan lebih menyusahkan dibanding menahan diri untuk tidak boros.

Bayar Utang Kartu Kredit

Pernah dengar istilah gali lubang tutup lubang? Anda akan melakukan hal ini jika menggunakan pinjaman kredit tanpa agunan untuk membayar utang kartu kredit. Membayar utang dengan berutang akan membuat Anda terjerat dalam lubang hitam perutangan tanpa bisa keluar. Jika terlalu nyaman berutang, Anda akan jadi lepas kontrol dan terus-menerus memakai kartu kredit di luar batas kemampuan keuangan Anda.

Jangan mengambil jalan pintas seperti ini karena meskipun sudah melunasi cicilan utang kartu kredit, Anda masih punya kewajiban untuk membayar cicilan pinjaman. Jika nanti tidak mampu membayar cicilan pinjaman, apakah Anda mau berutang ke pihak lain lagi? Big No!. Sadarilah kondisi keuangan Anda dan pastikan untuk cerdas dalam menggunakan kartu kredit. Jika sudah tahu tidak akan mampu membayar utang kartu kredit, mungkin ini saatnya Anda mengucapkan selamat tinggal kepada kartu kredit dan lebih berhemat.

Bak pisau bermata dua, dengan penggunaan yang benar, kartu kredit bisa menolong Anda lho! Klik di sini untuk info lebih lanjut

Pinjaman Kredit tanpa Agunan untuk Shopping

Satu lagi dampak negatif dari gaya hidup boros jika melakukan pinjaman kredit tanpa agunan, yaitu menggunakannya untuk shopping. Memang menyenangkan menghabiskan uang untuk membeli barang-barang yang Anda sukai jika punya dananya, namun jika sampai harus berutang, apakah perlu? Melakukan hal semacam ini hanya akan membuat Anda terjerumus dalam lingkaran hedonisme yang tidak ada akhirnya.

Kesenangan dari puas shopping menggunakan uang pinjaman akan sirna dan tidak tersisa saat Anda harus membayar cicilan setiap bulannya. Tidak masalah jika gaji Anda cukup untuk membayar cicilan tersebut, namun bagaimana kalau tidak cukup? Berusahalah untuk lebih bijaksana soal keuangan. Jika belum mampu shopping dengan gaji sendiri, lebih baik bekerja keras dulu sampai bisa melakukannya suatu hari nanti.

Itulah setidaknya 5 hal yang harus Anda hindari untuk penggunaan pinjaman kredit tanpa agunan. Gunakanlah pinjaman untuk kebutuhan penting seperti berinvestasi atau sebagai modal usaha supaya Anda punya sumber penghasilan tambahan untuk membayar cicilannya setiap bulan tanpa perlu gali lubang tutup lubang.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply