6 Contoh Usaha UMKM yang Dapat Dicoba

contoh usaha umkm

Bagi Anda yang ingin mulai mencoba berbisnis, ada banyak contoh usaha UMKM yang dapat dicoba. Sebelum membuka bisnis sendiri, pastikan Anda sudah mempelajari usaha yang akan dipilih, agar bisnis dapat berjalan dalam jangka waktu yang panjang. Dengan UMKM yang menjadi pilar perekonomian Indonesia, bisnis-bisnis yang baru dibuka diharapkan dapat bertahan, bahkan berkembang hingga menjadi besar. Berikut ini adalah usaha-usaha UMKM yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk membuka bisnis yang baru. 

Contoh-contoh Usaha UMKM

Saat ini ada banyak contoh usaha yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi dari bisnis yang akan dibuka. Langsung saja kita bahas contoh-contoh usaha UMKM yang bisa dicoba. 

1. Kuliner

Usaha dalam bidang kuliner pasti sudah sering Anda lihat di berbagai website dan media sosial yang ada. Dari makanan beku hingga makanan siap saji, dari makanan pembuka hingga makanan penutup, semuanya bisa Anda coba. Menghindari rasa kebingungan akibat banyaknya pilihan dalam bidang kuliner, Anda dapat memperhatikan tren yang saat ini sedang berjalan. Apa makanan yang sedang digemari oleh mayoritas masyarakat? Apa yang sekiranya belum banyak dijual? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda jadi bisa menentukan bisnis kuliner mana yang bisa dijadikan usaha. 

Baca Juga: 3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman

2. Pakaian

Berjualan produk pakaian bisa jadi salah satu pilihan bisnis Anda. Produk pakaian juga sangat luas. Anda bisa menjual pakaian dari berbagai kategori seperti atasan, bawahan dan terusan, baik untuk perempuan atau laki-laki. Anda bisa menjual pakaian dengan berbagai pilihan usia, dari pakaian bayi hingga orang dewasa atau lansia. 

Berjualan produk pakaian pada umumnya tidak akan pernah mati, karena bisnis pakaian memiliki model baru dari waktu ke waktu. Saat ada acara besar seperti lebaran, natal dan tahun baru, mayoritas masyarakat pasti akan membeli baju baru dengan model yang baru. Oleh karena itu berjualan produk pakaian bisa jadi usaha yang cukup stabil untuk dijalankan. 

Baca Juga: 5 Ide Bisnis Online Pemula yang Menjanjikan untuk 2022

3. Kecantikan

Jika Anda memiliki skill dan keahlian untuk menata dan memotong rambut, membuka salon bisa jadi pilihan yang baik. Atau jika Anda tertarik dengan produk kecantikan seperti skin care, lip product dan produk kecantikan lainnya, tentu produk-produk tersebut bisa dijadikan pilihan berjualan. Dengan pengetahuan yang sudah Anda miliki, tentu menjual produk kecantikan akan jadi lebih mudah. Saat ini bahkan Anda bisa menjadi reseller produk-produk kecantikan dan keuntungan yang didapatkan juga cukup besar. 

4. Kerajinan Tangan

Usaha kerajinan tangan juga bukan hal yang baru. Bisa dibilang usaha kerajinan tangan adalah usaha yang sering dipilih kebanyakan orang, khususnya anak muda untuk usaha pertama mereka. Berangkat dari mengerjakan hobi dan apa yang mereka suka, lalu menjadi usaha dan pendapatan tambahan yang lumayan. Tidak ada yang salah dengan hal ini, bahkan Anda bisa melakukan hal yang sama. Ini karena mengerjakan apa yang Anda suka akan lebih berpotensi untuk berjalan dalam jangka waktu yang lama. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Agunan

5. Peralatan Alat Tulis

Saat ini berjualan produk alat tulis juga bisa Anda jadikan usaha. Membuka usaha yang satu ini tidak memerlukan modal yang banyak. Anda bisa memulainya dari menjadi reseller dan saat bisnis sudah mulai stabil, Anda dapat menjual produk buatan sendiri. Misalnya Anda bisa membuat buku catatan atau buku planner dengan desain unik. Dengan desain-desain dan gambar yang menarik serta estetik, produk Anda pasti akan laku terjual. 

6. Elektronik 

Semua aktivitas yang dilakukan di rumah, membuat mayoritas masyarakat membeli produk elektronik untuk menunjang aktivitas yang harus mereka kerjakan. Oleh karena itu berjualan produk elektronik bisa Anda jadikan pilihan. Namun tentu saja modal yang dibutuhkan tidak sedikit, apalagi jika Anda ingin menimbun barang di rumah agar saat ada yang membeli, Anda bisa langsung mengirimkannya. Mengetahui tren gadget dan pengetahuan lainnya seputar teknologi akan sangat berguna bagi Anda saat melakukan bisnis satu ini. 

Jika Anda sudah menjatuhkan hati kepada salah satu usaha yang ada di atas, jangan lupa untuk melakukan perencanaan dan persiapan yang matang. Hal ini dilakukan agar Anda dapat menghindari risiko-risiko yang tidak perlu terjadi dalam bisnis. Modal awal sangat penting saat Anda ingin membuka usaha.

Jika Anda bingung harus melakukan pinjaman modal awal ke mana, Modalku bisa jadi solusi atas segala kebingungan. Modalku akan membantu Anda, pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis supaya dapat maju dan menjadi besar. Anda dapat mengajukan pinjaman modal kerja dengan proses yang mudah dilakukan. Dengan izin dan pengawasan dari OJK, Anda sangat bisa mempercayai Modalku sebagai platform pinjaman online. Kunjungi Modalku sekarang juga, ya!

Tinggalkan Balasan