UMKM Makin Berdaya Karena Inovasi Layanan FinTech

inovasi layanan fintech

Virtual, 7 Desember 2021 – Sebagai tulang punggung perekonomian bangsa, UMKM patut mendapat perhatian khusus. Khususnya masalah keterbatasan akses permodalan. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi layanan keuangan agar bisa membantu UMKM-UMKM mengembangkan bisnisnya. Inovasi-inovasi tersebut disajikan oleh platform FinTech/teknologi finansial di Indonesia. Topik ini lah yang dibicarakan dalam acara bertajuk ”#CatatanFinTech: Mengenal Ragam FinTech Pembiayaan Serta Tantangan yang Dihadapinya”. Sebagai FinTech pembiayaan, Modalku turut hadir untuk menyampaikan tantangan dalam pembiayaan usaha pada UMKM. 

Head of Partnership & Special Project Modalku, Mario Enrico menyampaikan bahwa banyak kegiatan UMKM itu modalnya swadaya atau dari kantong sendiri. Hal ini terjadi karena UMKM kesulitan dalam mencari partner pendanaan usaha. Alhasil, bisnis pun jadi sulit berkembang. Fenomena seperti ini, tidak terjadi pada perusahaan-perusahaan besar yang sudah mapan. Atas dasar inilah FinTech hadir dengan inovasi layanan keuangan yang solutif.

“Keberadaan FinTech dapat menjembatani financial gap yang dihadapi UMKM tersebut. Dalam hal ini kami melihat bahwa model pembiayaan di lembaga keuangan yang ada kurang cocok dengan UMKM. Oleh karena itu, Modalku hadir untuk membantu UMKM-UMKM tersebut, ” tandas Mario. 

Selain dari Modalku, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari layanan payment gateway DOKU, dan Wallex, layanan transfer antar negara. Semuanya sepakat bahwa inovasi yang dilakukan FinTech berdampak positif pada percepatan pertumbuhan bisnis UMKM di Indonesia. 

Acara selengkapnya, dapat Anda simak pada kanal di bawah ini:


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply