6 Cara Pilih Jenis Kemasan untuk Produk Jualan

Cara pilih jenis kemasan

Saat Anda memilih untuk membuka bisnis, bukan hanya inti produk saja yang harus dipikirkan. Agar produk tetap awet, Anda juga perlu memilih kemasan yang baik. Kemasan produk memiliki peran penting dalam melindungi barang, meningkatkan daya tarik visual, dan memberikan informasi kepada konsumen. Selain itu, memilih jenis kemasan yang sesuai dengan produk Anda pun dapat membawa Anda ke ke kesuksesan. Bagaimana caranya?

6 Cara Memilih Produk Kemasan untuk Jualan

Jenis kemasan dapat bervariasi tergantung jenis produk yang Anda jual. Beberapa jenis kemasan umumnya meliputi kotak karton, botol plastik, kemasan pouch, blister pack, dan banyak lagi. Supaya bisa mendapatkan kemasan terbaik, ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan. Berikut adalah enam cara untuk memilih jenis kemasan produk dengan tepat.

  1. Sesuaikan dengan ukuran produk yang dijual

Poin pertama yang harus menjadi bahan pertimbangan Anda adalah ukuran kemasan. Pastikan ukuran kemasan cocok dengan ukuran produk Anda. Produk yang tidak sesuai dengan ukuran kemasannya dapat berisiko rusak selama proses pengiriman. Kemasan yang ukurannya terlalu besar dapat membuat produk bergerak di dalamnya dan berpotensi mengalami kerusakan.

Di sisi lain, jangan pula memilih kemasan yang terlalu kecil sehingga produk terjepit atau tertekan. Ini tentunya dapat mengakibatkan produk menjadi rawan pecah atau tidak mendapatkan fungsi perlindungan yang semestinya.

  1. Riset material yang digunakan

Pilihlah material kemasan yang sesuai dengan jenis produk Anda. Misalnya, jika Anda menjual makanan, pastikan material kemasan aman dan tidak berbahaya jika bersentuhan langsung dengan makanan. Perhatikan juga keamanan lingkungan saat Anda melakukan pemilihan material kemasan. Pastikan bahan kemasan yang Anda pilih memenuhi standar keamanan dan kualitas yang diperlukan produk Anda.

  1. Pastikan materialnya cukup ringan dan kokoh

Fungsi perlindungan memang diperlukan. Akan tetapi, memilih kemasan yang terlalu berat justru dapat menambah biaya pengiriman. Sementara itu, kemasan yang terlalu ringan mungkin tidak memberikan perlindungan yang cukup. Pilihlah material yang ringan, tapi tetap kokoh agar produk dapat terlindungi dengan baik. Selain itu, perhatikan juga ketahanan kemasan terhadap benturan atau guncangan selama proses pengiriman.

  1. Perhatikan fitur tambahan pada kemasan produk

Beberapa fitur tambahan pada kemasan, seperti valve untuk produk yang membutuhkan sirkulasi udara atau resealable zipper untuk kemasan yang ingin dapat dibuka dan ditutup kembali, dapat memberikan nilai tambah di mata konsumen. Ditambah lagi, fitur-fitur tersebut dapat membuat kemasan makin memberikan fungsi perlindungan pada produk. Misalnya, produk makanan yang memiliki valve dapat memiliki kesegaran yang lebih lama. Jadi, mulailah untuk mempertimbangkan fitur-fitur tambahan sesuai dengan jenis produk yang Anda jual, ya!

  1. Pertimbangkan kesesuaian jenis kemasan dengan kebiasaan pelanggan

Perhatikan juga preferensi dan kebiasaan pelanggan Anda. Jika produk Anda sering dikonsumsi, kemasan dengan ukuran single-serve atau kemasan yang mudah dibuka dan ditutup kembali dapat menjadi pilihan terbaik. Misalnya, pilihlah packaging single-serve untuk mi instan supaya lebih mudah dikonsumsi di berbagai lokasi. Menyesuaikan kemasan dengan gaya hidup dan preferensi pelanggan juga dapat meningkatkan pengalaman konsumen dan membuat produk Anda lebih menarik bagi target pasar.

  1. Pilih berdasarkan budget yang tersedia

Terakhir, tetap perhatikan faktor anggaran saat pemilihan jenis kemasan terbaik untuk produk Anda. Meskipun kemasan berkualitas tinggi dapat memberikan daya tarik lebih ke target pasar menengah ke atas, tapi Anda tetap mesti mempertimbangkan, apakah produk Anda memang dibutuhkan dan digemari oleh mereka. Seimbangkanlah antara kualitas kemasan dan kemampuan finansial bisnis Anda. Jangan sampai mengorbankan kualitas produk atau keberlanjutan bisnis hanya untuk kemasan yang mahal.

Itu dia enam cara memilih jenis kemasan yang tepat untuk produk jualan Anda. Dalam memilih jenis kemasan, Anda perlu memperhatikan karakteristik produk, kebutuhan konsumen, dan budget yang tersedia. Ingatlah bahwa kemasan bukan hanya sebagai pelindung produk, tapi juga sebagai representasi merek Anda. Sebab, kemasan adalah salah satu statement ketika Anda ingin rebranding bisnis. Nah, jika Anda memang berniat memperbaiki jenis kemasan untuk produk jualan Anda, ajukan saja pinjaman ke Modalku. Dengan bunga pinjaman yang rendah dan ramah-UMKM, Anda jadi tak perlu khawatir kerepotan membayar cicilan tiap bulannya. Klik di sini untuk info lengkap mengenai pinjaman tanpa agunan di Modalku!

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan