5 Cara Mendapatkan Testimoni Pembeli untuk Strategi Pemasaran

Mengumpulkan testimoni pembeli adalah hal yang penting untuk dilakukan oleh pemilik bisnis. Testimoni pembeli akan menjadi tolok ukur sempurna untuk menilai tingkat kepuasan pelanggan Anda. Selain itu, testimoni-testimoni ini akan membantu Anda dalam merancang strategi pemasaran yang jauh lebih efektif untuk menyasar pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Untuk mendapatkan testimoni pembeli, ada banyak cara yang bisa Anda ambil. Dimulai dari pendekatan langsung pada pelanggan hingga cara-cara unik lainnya seperti memberikan hadiah tertentu pada pelanggan yang memberi testimoni positif. Beragam cara mendapatkan testimoni dari pembeli ini bisa Anda baca selengkapnya di bawah ini.

Kontak pembeli secara langsung

Mendapatkan testimoni pembeli bisa Anda lakukan dengan menghubungi para pembeli secara langsung. Begitu seorang pembeli selesai melakukan transaksi dengan membeli salah satu produk atau memakai jasa dari usaha Anda, Anda bisa langsung menghubungi mereka untuk memberikan testimoni terhadap produk atau jasa tersebut.

Testimoni ini bisa dalam bentuk apa saja, mulai dari komentar singkat yang berisi apresiasi atau kritikan maupun data dari survey singkat yang diisi pembeli. Anda bisa menghubungi pembeli ini melalui jalur atau media kontak yang ia gunakan sebelumnya untuk melakukan transaksi, misalnya melalui pesan WhatsApp atau email.

Sisipkan kolom review di website

Cara lainnya yang juga bisa dilakukan adalah dengan memasang kolom untuk mengulas produk atau jasa di website resmi bisnis Anda. Dengan begini, kapan saja pembeli memiliki waktu luang atau merasa sangat perlu menyampaikan testimoni pembeli terkait produk, bisa langsung mengakses website bisnis dan menulis ulasan di sana.

Saat Anda menghubungi pembeli secara langsung, Anda juga bisa menyisipkan link URL untuk membuka laman review di website Anda ini. Dengan begitu, jelas akan lebih efisien bagi pembeli untuk memberi testimoni. Kolom review di website juga akan lebih mudah didata. Semua entry review akan terekam dengan rapi, jadi Anda bisa membaca dengan lebih mudah untuk meneliti kepuasan pelanggan Anda.

Buat konten di media sosial 

Hampir dapat dipastikan bahwa semua jenis usaha apapun sudah pasti memiliki platform media sosialnya sendiri untuk bisa menjangkau lebih banyak pembeli. Platform yang sama juga bisa Anda pakai untuk mengumpulkan testimoni pembeli. Caranya, cukup tanyakan langsung kepada para pelanggan Anda terkait beberapa produk yang Anda jual di media sosial tersebut.

Anda bisa menggunakan berbagai fitur interaktif di media sosial untuk mendapat testimoni pembeli tersebut. Selain bertanya langsung, Anda juga bisa mengemas konten media sosial untuk mengajak pembeli membagikan pengalaman berbelanja mereka di tempat Anda. Tidak hanya dari konten yang bersifat jemput bola seperti ini, Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak respon dengan memeriksa kolom komentar atau direct message yang dikirimkan ke akun Anda.

Tawarkan rewards bagi pembeli yang memberi testimoni positif

Untuk memancing antusiasme pembeli, Anda juga bisa menawarkan reward khusus bagi pelanggan yang memberikan testimoni pembeli yang positif. Reward ini bisa apa saja bentuknya yang Anda rasa menarik dan sesuai dengan karakter target pasar Anda. Contohnya seperti voucher belanja, cashback, diskon, sampai giveaway salah satu produk yang Anda jual.

Setelah mendapatkan testimoni pembeli yang positif ini, jangan lupa juga untuk mengumumkannya. Bagikan di media sosial juga laman website resmi Anda. Dengan begini, saat ada calon pembeli baru yang datang ke salah satu platform digital Anda, mereka bisa melihat sendiri beberapa review baik dari pembeli yang sebelumnya sudah pernah membeli produk usaha Anda tadi.

Tanggapi testimoni yang negatif

Tidak ada yang bisa menjamin bahwa 100% testimoni pembeli yang diterima itu positif. Pasti ada juga testimoni yang berisi kritikan atau keluhan. Testimoni yang negatif tidak bisa diabaikan begitu saja, Anda juga perlu menanggapi jenis testimoni seperti ini. Karena seperti yang sudah disebut di awal tadi, testimoni pembeli berkaitan langsung dengan kepuasan pelanggan.

Saat merespon testimoni negatif, pastikan Anda melakukannya dengan ramah dan tetap profesional. Tenangkan pelanggan dan cobalah untuk memperbaiki kekurangan dari produk atau layanan Anda ke depannya. Jangan lupa sampaikan terima kasih bagi pelanggan yang sudah menyampaikan respon tersebut. Jika terdapat keluhan, jangan tunda dan segera berikan solusi yang ideal bagi pelanggan.

Begitu testimoni pembeli Anda dapatkan, siapkanlah strategi pemasaran berikutnya. Jika banyak mendapat respon positif, jangan ragu untuk mengembangkan usaha lebih jauh. Jangan khawatir soal modal pengembangan usaha, ada Modalku yang siap membantu Anda. Dengan layanan pinjaman modal online yang aman, cepat, dan efisien, usaha Anda bisa berkembang dengan lebih pesat.

Leave a Reply