Jangan biarkan uang Anda diam begitu saja di dalam lemari. Tingkatkan nilainya melalui investasi. Uang yang Anda alokasikan untuk investasi kemungkinan besar akan semakin bertambah nilainya seiring dengan berjalannya waktu. Tentu ada banyak faktor yang mempengaruhinya, mulai dari kondisi ekonomi nasional hingga kemampuan Anda sendiri sebagai seorang investor.

Meski masih relatif awam dalam dunia investasi, bukan berarti Anda tidak bisa belajar dan meningkatkan kemampuan diri. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menjadi investor handal.

Bekali Diri dengan Informasi Dasar

Warren Buffet, seorang ahli investasi, pernah mengatakan, “Berhenti masuk ke industri yang tidak kita mengerti bisnisnya.” Kalimat tersebut sepertinya sudah jelas, bahwa Anda setidaknya harus membekali diri dengan informasi dasar sebelum terjun ke bidang tertentu. Begitu halnya dengan investasi. Tidak perlu mempelajari seluruh hal detail terkait dengan investasi, Anda bisa mencari informasi-informasi dasar seperti jenis investasi untuk pemula, jumlah budget yang dibutuhkan untuk tiap jenis investasi tersebut, profil risiko, keuntungan dan kelemahan, dan lain sebagainya. Jadi, ketika memasuki dunia investasi, Anda tidak “buta” karena sudah memiliki pedoman berupa informasi dasar.

Perhatikan Biaya Instrumen Investasi

Fokus dari investasi adalah mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin dengan modal seminim mungkin. Uang menjadi hal penting dalam investasi karena segala jenis investasi pasti membutuhkan biaya. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengerti biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk memulai investasi. Selain modal, umumnya ada biaya-biaya lain yang perlu dibayar, seperti biaya pendaftaran, biaya transaksi, material, pajak, biaya broker, dan lain sebagainya. Hitung akumulasi biaya tersebut dan cocokkan dengan budget yang Anda miliki. Untungnya, ada beragam jenis investasi yang bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan budget Anda tersebut, jadi Anda tidak perlu memaksakan diri melakukan investasi yang melebihi kemampuan finansial.

Kemampuan Membandingkan dan Memilih

Survei terhadap beragam jenis investasi akan berujung pada pengambilan keputusan tentang investasi mana yang akan Anda pilih. Pada prosesnya, Anda akan melakukan berbagai pertimbangan dan membandingkan seluruh jenis investasi untuk menemukan yang terbaik dan sesuai tujuan finansial Anda. Nah, perlu diingat bahwa pertimbangan dan perbandingan yang Anda lakukan haruslah seimbang. Pada instrumen saham, misalnya, tidak akan fair apabila Anda membandingkan saham dari perusahaan otomotif dengan farmasi karena produk dan pangsa pasarnya berbeda. Ibaratnya, perbandingan tersebut tidaklah apple to apple.

Kenali Profil Risiko

Dalam dunia investasi, ada yang disebut dengan profil risiko, yakni tingkat penerimaan seseorang dalam menghadapi risiko. Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, setiap jenis investasi memiliki risiko masing-masing. Risiko kerugian pasti selalu ada walaupun tingkatnya berbeda pada tiap jenis investasi. Profil risiko menunjukkan seberapa berani Anda dalam menghadapi risiko yang mungkin terjadi ketika menempatkan uang untuk diinvestasikan. Misalnya, apabila Anda termasuk orang dengan profil risiko rendah, investasi yang relatif “aman” seperti deposito akan cocok untuk Anda. Perlu diingat bahwa umumnya profil risiko berbanding lurus dengan keuntungan yang didapat. Semakin tinggi profil risiko, semakin besar keuntungan.


Selain keempat hal di atas, tentukan pula tujuan Anda dalam berinvestasi. Tujuan inilah yang akan menjadi guide Anda dalam berinvestasi. Jenis investasi dengan tujuan membeli rumah dan pendidikan tentu akan berbeda. Lagi pula, menjadi investor handal tidak akan bisa dicapai jika tidak ada tujuan, bukan? Jadi, sebelum berinvestasi, tentukan dulu tujuan Anda. Good luck!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, platform peer-to-peer (P2P) lending nomor 1 di Indonesia. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.