Mengumpulkan Kebahagiaan dengan Ikigai

Pernahkah Anda merenung dan mempertanyakan alasan mengapa Anda bangun di pagi hari? Mungkin ini terdengar sepele, namun jika kita menggalinya lebih dalam, pertanyaan tersebut dapat memengaruhi motivasi dan semangat kita dalam bekerja dan menjalani kehidupan. Mungkin Anda bosan dengan rutinitas, berangkat kerja, macet-macetan di jalan, berdesakan di kereta dan akhirnya duduk seharian di kantor dengan semua deadline.

Dari hari ke hari, hanya akhir pekan yang dinanti. Meski gaji segitu-gitu saja, Anda tetap merindukan datangnya hari gajian. Apa kabar dengan passion Anda? Sangat bagus jika passion Anda sesuai dengan pekerjaan. Melakukan yang disukai akan membuat beban kerja tidak terasa berat. Tapi tidak semua orang yang bisa merasakan hal itu. Tak hanya beban, kebosanan juga dapat Anda kurangi saat menjalankan rutinitas. Jika Anda merasakan beberapa hal tersebut, saatnya Anda menemukan keseimbangan hidup dengan mempelajari ikigai. Apa itu ikigai?

Apa Itu Ikigai? 

Ikigai merupakan istilah yang muncul di Negeri Sakura, Jepang. Berasal dari 2 kata, “Iki”  yang berarti kehidupan dan “Gai” dapat diartikan sebagai nilai seseorang. Sederhananya, ikigai merupakan keseimbangan antara kegiatan sehari-hari dan nilai yang mendasarinya. Istilah ini muncul dari kuatnya budaya kerja orang Jepang.

Bagi orang Jepang, berangkat pagi, berdesak-desakan di kereta, hingga bekerja hingga larut malam menjadi hal yang lumrah. Dengan ikigai, semua kerja keras dan hari yang berat akan terasa lebih ringan karena ada nilai mendasarinya. Bahkan, filosofi ikigai bisa diperdalam dengan memahami apa saja hal-hal yang Anda sukai, kemampuan yang Anda miliki, sesuatu yang membuat Anda bernilai, hingga apa saja yang dibutuhkan dunia. Untuk lebih jelasnya, simak gambar di bawah ini:

Source: shutterstock

Dalam gambar tersebut, ikigai menjadi titik pertemuan atau irisan dari beberapa fokus kehidupan. Yakni apa yang Anda sukai, kemampuan yang dimiliki, apakah kemampuan tersebut dibutuhkan oleh masyarakat, hingga apakah kemampuan tersebut bisa menghasilkan uang. Jika berhasil menemukan titik tersebut dalam diri Anda, niscaya kebahagiaan hidup sudah di depan mata.

Perlu diketahui jika diagram venn di atas merupakan penafsiran orang Barat tentang konsep ikigai. Bagi orang Jepang sendiri, ide ikigai sedikit berbeda. Ikigai satu orang bisa saja tidak ada hubungannya sama sekali dengan pendapatan. Dalam sebuah riset yang melibatkan 2000 orang Jepang, hanya 31% yang menganggap pekerjaan mereka sebagai ikigainya. Ini membuktikan, ikigai dapat bermakna lebih dalam daripada sekedar pekerjaan.

Hidup bahagia juga bisa diciptakan bersama orang tercinta. Mulai raih kebahagiaan pernikahan dengan menyusun keuangan rumah tangga.

Penulis Akihiro Hasegawa, seorang psikolog klinis dan profesor di Toyo Eiwa University menunjukkan bahwa ikigai juga sering diterjemahkan sebagai tujuan hidup yang sangat mewah. Lebih lanjut lagi, Hasegawa menemukan bahwa orang Jepang percaya bahwa dengan mengumpulkan kebahagiaan-kebahagiaan kecil dalam kehidupan sehari-hari akan membuat hidup lebih berarti dan penuh makna.

Untuk mencapai kebahagiaan, Anda juga bisa memulai gaya hidup minimalis. Simak 4 Cara Ampuhnya!

Kebahagiaan Kecil untuk Lawan Kebosanan

Akhir-akhir ini, mungkin kadar kebosanan Anda bertambah karena diharuskan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) karena wabah COVID-19 atau virus corona. Jika rasa bosan ini dibiarkan, bukan tidak mungkin akan menjadi rasa kesal dan pada akhirnya mengutuk-ngutuk keadaan. Tentu hal ini tidak baik untuk kondisi mental Anda.

Untuk menyelamatkan kondisi mental akibat kebosanan, Anda dapat mulai mengumpulkan kebahagiaan-kebahagiaan kecil dalam saat bekerja di rumah. Pertama, mulailah dengan mensyukuri ketersediaan waktu Anda bersama keluarga. Hal ini tidak dapat Anda lakukan saat hari-hari biasa kan?

Kedua, dengan bekerja di rumah, justru dapat membuat kinerja Anda makin produktif. Mengapa demikian? Saat hari biasa, Anda harus berjibaku menembus kemacetan, berdesakan di kereta,  hingga menunggu bis. Waktu tempuh pun semakin panjang, yakni 1-2 jam. Bahkan ada yang lebih. Alhasil, kelelahan pun jadi hal yang pasti. Dan tidak jarang rasa lelah “memasung” kreativitas Anda dalam bekerja.

Kebahagiaan ketiga saat Anda work from home adalah anda mendapatkan Work-Life Balance, fleksibilitas tempat dan waktu bekerja. Tentu keunggulan-keunggulan ini sangat cocok untuk generasi mileial. Dari sisi perusahaan, WFH justru mendukung terbentuknya kultur kerja kolaboratif dan bisa menghasilkan banyak hal positif seperti co-creation antar unit, membangun budaya dan pola pikir lebih cepatm hingga meningkatkan kompetensi digitan.

Work from home memang menjadi pilihan menarik untuk bekerja. Dapatkan tips-tips Work From Home menarik di sini!

Mulai Bahagia Sekarang Juga

Kebosanan memang dapat mendera siapa saja, termasuk Anda. Jika tidak diatasi, kebosanan akan mengurangi kebahagiaan Anda. Kebosanan saat WFH harus segera dilawan dengan mengumpulkan kebahagiaan-kebahagiaan kecil seperti ketiga hal di atas. Jika Anda jeli menggalinya, Anda akan menemukan lebih banyak kebahagiaan.

Jika sudah menemukan kebahagiaan-kebahagiaan kecil tersebut, ikigai pun bisa Anda temukan dan keseimbangan hidup bisa Anda raih. Dalam keadaan apapun, Anda tetap dapat bertahan dan bahagia. Berdesakan di kereta saat pergi ke kantor, ataupun melawan bosan saat WFH pun tidak jadi masalah. Karena kebahagiaan bisa ditemukan di manapun, kapan pun dan dalam keadaan apapun. Mulai berbahagialan sekarang juga.

Ikigai juga bisa didapatkan dengan mulai menemukan passion dalam bekerja. Selain itu, Anda juga bisa mulai mengelola waktu dalam bekerja dengan lebih baik. Dengan demikian, waktu kerja efektif dan Anda bisa gunakan untuk hal lain. Keseimbangan tercapai, kebahagiaan pun diraih.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

close

Dapatkan Info Terbaru dari Blog Modalku

Leave a Reply