2

Ikuti 4 Tips Work From Home Ini, Agar Kinerja Anda Tetap Maksimal!

Wabah pandemik virus corona yang menyebabkan penyakit COVID-19 telah menyebar di Indonesia. Tak pelak, hal ini telah memengaruhi berbagai sektor kehidupan. Penyebaran virus yang begitu cepat membuat pemerintah mengeluarkan himbauan untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Diharapkan dengan WFH, interaksi fisik orang akan berkurang, sehingga penyebarannya bisa ditekan.

Meski bekerja terkesan hanya “memindahkan” tempat kerja dari kantor ke rumah, WFH tidak semudah yang terlihat. Saat di rumah ada saja hal-hal yang membuat konsentrasi Anda terdistract. Misalnya, anak rewel, pasangan yang minta tolong untuk melakukan pekerjaan rumah tangga, hingga godaan untuk rebahan di kasur yang empuk.

Sekilas semua itu terlihat sebagai keistimewaan, karena fleksibilitasnya. Namun, secara tidak langsung fleksibilitas ini berpotensi mengancam produktivitas kerja. Lantas harus bagaimana? Apakah dengan WFH, kita tetap produktif & gangguan-gangguan yang menurunkan kinerja?

Bekerja dari rumah juga bisa menjadikan Anda bebas finansial lho! Kok bisa? Simak artikel ini “Meraih Kebebasan Finansial bagi Ibu Rumah Tangga”

Bulatkan Tekad

Tekad yang kuat menjadi kunci untuk meraih keberhasilan dalam segala hal. Tak terkecuali saat work from home. Tanpa tekad, WFH menjadi tidak optimal dan minim produktivitas. Tentu hal ini akan berdampak pada kinerja perusahaan tempat Anda bekerja. Di saat-saat ancaman krisis ekonomi akibat wabah corona, justru diperlukan kinerja terbaik agar bisnis perusahaan dapat terus bertahan.

Membulatkan tekad saat work from home bisa dimulai dengan melakukan rutinitas yang sama saat bekerja di kantor. Mulailah dengan tetap bangun pagi layaknya hari-hari ngantor. Lanjutkan dengan mandi, agar kesegaran tubuh tetap terjaga. Kemudian, gunakan pakaian rapi sebagaimana Anda harus ke kantor atau meeting. Sebisa mungkin jangan pakai baju yang dipakai saat tidur, seperti baby doll, piyama, ataupun sarung. Hal ini memang sepele, namun sangat berpengaruh untuk menjaga mood saat bekerja. Dengan memakai baju tidur, mood terganggu dan mudah tergoda untuk rebahan.

Jangan lupa untuk “isi bahan bakar” dengan sarapan yang sehat dan bernutrisi. Lanjutkan dengan menentukan spot kerja yang nyaman. Hindari bekerja di atas kasur agar konsentrasi Anda tidak terganggu. Kasur berpotensi meningkatkan keinginan Anda untuk rebahan. Secara psikologis, pikiran kita akan memandang kasur sebagai tempat bersantai dan rileks. Tentu ini bertentangan dengan semangat bekerja bukan?

Menyusun to do list menjadi senjata ampuh agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan terstruktur. Dalam menjalankan to do list, terkadang diperlukan koordinasi dengan rekan kerja. Saat WFH, hal ini bisa dilakukan dengan video conference. Ini bisa dilakukan dengan berbagai platform seperti zoom & google hangout. Setelah semua itu, Anda harus tetap mengontrol agar kinerja Anda optimal dengan memastikan durasi kerja tetap 8 jam seperti saat ngantor. Pastikan juga Anda jauh dari gangguan yang membuyarkan fokus seperti kerja sambal nonton TV.

Pentingnya Lingkungan Kerja yang Kondusif

Seperti yang sudah disinggung di atas, pemilihan spot bekerja di rumah menjadi kunci sukses WFH. Dengan spot kerja yang kondusif, fokus dan konsentrasi menjadi milik Anda. Pertama, selain menghindari area kasur, Anda juga harus memilih ruangan yang jauh dari suara bising. Kedua, pastikan ruangan tersebut punya ventilasi dan pencahayaan alami yang cukup. Ketiga, pastikan koneksi internet lancar, karena internet adalah sarana yang vital saat WFH.

Kemudian, Anda perlu memastikan tempat kerja Anda nyaman. Mulailah dengan memilih meja dan kursi yang khusus untuk bekerja. Tak lupa, lengkapi juga berbagai perangkat kerja. Saat semuanya sudah tersedia, Anda harus pastikan spot kerja Anda selalu bersih dan rapi. Lanjutkan dengan memilih playlist untuk mewarnai hari agar mood selalu on fire.

Anda juga bisa menciptakan suasana kantor di rumah. Simak dengan klik di sini!

Utamakan Kesehatan

Bekerja di rumah bukan alasan bagi badan untuk kurang gerak. Jika biasanya Anda harus lari-lari mengejar jadwal kereta atau bis, kini Anda bekerja dari rumah. Secara otomatis, pergerakan fisik Anda akan berkurang. Jika berkelanjutan, tentu kondisi ini akan memengaruhi kesehatan. Ingat kembali, bahwa tujuan WFH adalah menjaga kesehatan, bukan memperburuknya. Oleh karena itu, tetap berhatikan kesehatan dan kebugaran Anda.

Mulailah dengan mengatur waktu istirahat di sela-sela bekerja. Misalnya setiap 25 menit bekerja, istirahatlah selama 5 menit. Makan tepat waktu  dengan nutrisi yang cukup juga menjadi kunci utama untuk menjaga kesehatan. Biasanya, karena bekerja di rumah, banyak orang yang melupakan minum air putih. Bekerja di rumah dianggap tidak melelahkan karena Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk pergi dan pulang ke kantor. Padahal tidak demikian. Bekerja di kantor maupun rumah, asupan air putih harus tetap terjaga.

Duduk seharian di depan layar sering membuat otot kaku dan pegal. Selalu pastikan bahwa postur dan posisi duduk Anda sudah sesuai. Sempatkan berdiri, stretching, dan jalan kaki minimal tiap 30 menit. Sempurnakan semua itu dengan minum vitamin D dan C untuk menjaga kebugaran tubuh.

Jangan Ragu Bertanya!

Komunikasi harus menjadi salah satu perhatian penting saat bekerja di rumah. Ketika di kantor, koordinasi pekerjaan labih mudah karena rekan kerja berada di samping Anda. Kini, semua orang berjauhan dan berada di rumah masing-masing. Oleh karena itu, penting untuk menjaga komunikasi agar tetap intens. Tetaplah online dan terhubung dengan jaringan komunikasi kantor Anda. Hal ini juga akan membantu Anda untuk tetap fokus pada pekerjaan.

Jika ada pekerjaan yang tidak Anda pahami, jangan ragu untuk berdiskusi dan bertanya pada rekan ataupun atasan Anda. Dengan demikian, berbagai persoalan yang ditemui saat bekerja bisa diselesaikan dengan optimal. Video call, text message, maupun e-mail, semuanya bisa Anda gunakan sesuai keperluan dan urgensinya.

Itulah 4 tips agar work from home Anda tetap optimal. Terapkan setiap langkahnya, agar kinerja maksimal dan jauh dari godaan rebahan. Produktivitas Anda pun tetap tinggi, sehingga tujuan perusahaan tetap tercapai. Berikan performa terbaik Anda saat WFH, sehingga Anda mampu menghadapi berbagai tantangan bisnis di depan mata.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Comments 2

  1. ijin pakai gambar ini di konten blogku ya… aku cantumkan link sumber… makasih

    1. Sip. Terima kasih sudah meminta izin dan menjelajah ke blog Modalku. Kami sangat menghargai usaha kamu. Selama mencantumkan link sumber & tertaut ke blog, silahkan pakai gambar di konten blog Modalku. Terima kasih

Leave a Reply