Sustainability

Modalku Menghadiri ICEF 2021: “Green Infastructure Financing in Circular Economy”

Virtual, 23 Juli 2021 – Greener Foundation melalui Indonesia Circular Economy Forum (ICEF) 2021, pada Juli 2021 silam, menyelenggarakan ruang diskusi yang membahas tentang transisi Indonesia menuju ekonomi sirkular. Tahun ini, ICEF 2021 membawa tema besar bertajukTowards Smart & Sustainable Cities Through Circular Economy: Building Resilience During COVID-19 Recovery”, dan melibatkan berbagai sesi pleno dan sesi tematik.

Ekonomi sirkular sendiri di Indonesia tersemat pada Perpres No. 97/2018 tentang kebijakan Strategi dan Kebijakan Nasional (Jakstranas), yang fokus terhadap pengolahan sampah rumah tangga di tingkatan kota/kabupaten hingga nasional. Melalui aturan tersebut, pengurangan sampah diharapkan memenuhi target sebesar 30% dan pada tahun 2025 persentase penanganan sampah sebesar 70%.

Tentu saja aturan yang ditetapkan pemerintah tersebut, menginisiasi Greeneration Foundation mengadakan Indonesia Circular Economy Forum (ICEF) sebagai ruang diskusi untuk mengimplementasikan ekonomi sirkular di Indonesia.

Pada 21-23 Juli, ICEF 2021 diselenggarakan dan mencakup 6 sesi pleno serta 9 sesi tematik yang dihadiri oleh narasumber dari berbagai bidang. Keenam sesi pleno tersebut adalah Circular Economy Action Plan, Urban Spatial Planning and Good Governance, Green Procurement and Green Supply Chain, COVID-19 Resilience through Circular Economy, Circular Industrial Park, dan Advancing Circular Cities from Research and Innovation. 

Sementara 9 sesi tematik yang dibawakan adalah Circular City and Eco-Tourism, The importance of Multi Stakeholder Partnership to Accelerate Circular Economy in Indonesia, The Future of Sustainable Fashion in Circular Economic, Circular Jumpstart Demo Day, Advancing EPR for Packaging in Indonesia, Green Economy Best Practices from Hungary, Green Infrastructure Financing in Circular Economy, The Role of Education in Waste Management and Circular Economy to Drive Behaviour Change, dan Your Guide to Sustainable Life.

 Modalku melalui kesempatan ini, menghadiri ICEF 2021 hari ke-3 pada sesi tematik bertajuk “Green Infrastructure Financing in Circular Economy”, yang dihadiri oleh Pradana Murti, (PT. Sarana Multi Infrastruktur), yang menjelaskan tentang ‘sustainable financing’ dan sumber pendanaannya. Selanjutnya, pembicara kedua turut menghadirkan Poppy Cut Rahmasuci (Senior Partner in Corporate, Commercial, and Investment) yang menyampaikan kondisi terbaru mengenai Omnibus Law, Kirana Diah Sastrawijaya (Senior Partner in Project & Infrastructure)  membahas mengenai kelanjutan infrastruktur penghijauan di sektor energi terbarukan, sekaligus menjelaskan dampak dan risikonya.

Terakhir, diskusi tematik turut menghadirkan Paula Aprijanto (Associate in Capital Markets), yang membahas tentang Dana Investasi Infrastruktur Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (DINFRA) yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal yang sebagian besar diinvestasikan pada aset infrastruktur manajer investasi.

Sejalan dengan berbagai pembahasan yang disampaikan pada ICEF 2021, Modalku berkomitmen mengambil bagian sebagai platform pendanaan digital bagi UMKM serta memberikan dukungan bagi perkembangan ekonomi di Indonesia. Melalui fasilitas pendanaan, Modalku berupaya terus memberikan dukungan dan bantuan kepada UMKM sekaligus mendukung pemulihan ekonomi dan transisi  ekonomi sirkular di Indonesia.

Berikut fasilitas pendanaan yang kami tawarkan: Modalku Kawan Mikro, Modalku Virtual Credit, Modal Karyawan, dan Invoice Financing.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Recent Posts

Tips Manajemen Stok Barang untuk Bisnis UKM Offline

Manajemen stok barang yang efektif tidak hanya menguntungkan toko online, tapi juga bisnis yang beroperasi…

4 hari ago

Seluk-beluk Modal Ventura untuk Kesuksesan UKM

Bagi UKM yang sedang membutuhkan dana untuk menjalankan bisnis, modal ventura layak dipertimbangkan. Yuk, kenali…

1 minggu ago

Manfaat Transparansi Keuangan dan Cara Menerapkannya

Bagaimana cara menerapkan transparansi keuangan dalam bisnis agar meningkatkan kepercayaan pegawai hingga mendukung pengambilan keputusan?

2 minggu ago

6 Cara Mengurangi Beban Pajak Usaha untuk UKM

Mengurangi beban pajak usaha efektif untuk menekan pengeluaran UKM. Begini cara yang bisa Anda lakukan…

3 minggu ago

Manfaat dan Tips Pengembangan SDM dalam UKM

Tanpa SDM berkualitas, UKM Anda akan lebih sulit bertahan di tengah persaingan pasar. Simak bagaimana…

4 minggu ago

Cara Membuat Jadwal Kerja yang Efektif untuk Karyawan Anda

Bingung soal cara membuat jadwal kerja yang tepat untuk karyawan perusahaan Anda? Tenang, Anda bisa…

4 minggu ago