Menjadi Leader Yang Menyenangkan

menjadi leader menyenangkan

Artikel ini merupakan kerja sama antara LuarSekolah & Modalku

Saat kita bekerja sama dalam sebuah perusahaan maupun dalam sebuah organisasi, pasti kita akan membutuhkan sosok pemimpin atau leader. Leader ini adalah seseorang yang dipandang memiliki kelebihan dari yang lainnya. Tentunya leader ini dapat memimpin anggota timnya untuk jangka waktu yang lama maupun waktu yang singkat. Selain itu, leader juga memiliki kewenangan dan kekuasan dalam situasi tertentu, misalnya ketika sedang mengambil keputusan. Oleh sebab itu, dalam suatu tim, seorang leader ini pasti dibutuhkan.

Perlu Anda ketahui, leader yang baik adalah seorang pemimpin yang mampu bertahan dalam situasi dan kondisi apapun, sekalipun ketika organisasi berada pada titik terendahnya. Oleh sebab itu, leader yang baik harus mampu untuk memposisikan diri sebagai sosok yang bisa memberikan ketenangan dan motivasi untuk anggotanya.

Dengan demikian, leader yang baik ini akan mampu memimpin tim supaya kinerja setiap anggota tim bisa lebih efektif dan membawa tim menjadi lebih baik lagi. Bahkan, leader yang baik tentunya akan menyenangkan anggota timnya.

Lalu, apa saja yang harus Anda siapkan untuk menjadi seorang leader yang menyenangkan bagi tim? Nah berikut ini beberapa ciri seorang leader yang baik dan menyenangkan.

Berfikir Positif Tentang Dirinya

Seorang leader harus selalu berpikir positif tentang dirinya. Karena leader ini adalah sosok yang selalu berada di baris depan dan memiliki kelebihan dibanding yang lain, sehingga leader ini akan selalu diikuti oleh anggota timnya. Jika seorang leader mampu berpikir positif, mampu berintegritas dan menjadi pelopor, maka timnya pun akan mengikutinya. Dengan demikian, Anda akan menjadi seorang leader yang disenangi dan disegani oleh anggota tim Anda.

Empati yang Kuat untuk Tim

Ketika Anda menjadi seorang leader, Anda juga harus bisa menjalin hubungan dengan baik dengan anggota tim Anda. Seorang leader harus bisa meluangkan waktunya untuk mengobrol atau berinteraksi dengan anggota tim, agar mereka merasa dihargai. Oleh sebab itu, seorang leader harus selalu peduli dan memiliki empati yang kuat, agar anggota timnya lebih percaya diri lagi dan semakin menghormatinya. Sebagai seorang leader yang menyenangkan, Anda juga harus rendah hati dan siap untuk membantu anggota tim Anda dengan adil dan seimbang apapun jabatan mereka.

Selain punya empati, seorang pemimpin juga harus membagi tugas pada bawahannya. Ini contohnya!

Mendorong Tim untuk Tumbuh dengan Cara yang Positif

Leader yang menyenangkan juga harus mampu mendorong tim agar bisa tumbuh dan semakin berkembang ke arah yang lebih baik lagi. Anda harus yakin dan mengakui potensi yang dimiliki setiap orang di dalam tim. Dengan demikian, setiap anggota tim akan semakin percaya diri dan semakin mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Berikan dorongan, motivasi dan kepercayaan kepada anggota tim dengan hal positif. Dengan demikian, tim akan semakin kuat dan solid.

Anda tertarik membangun tim yang solid? Anda bisa mempelajarinya di sini.

Open Minded dan Membuka Kesempatan Tim untuk Berpendapat

Kekuatan seorang leader tidak terletak pada kewenangan dan kekuasaan mereka, tetapi pada kecerdasan dan pengetahuan yang dimilikinya. Selalu berpikir unggul dan open minded merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh anggotanya. Misalnya ketika ada masalah yang muncul, leader harus mampu mengambil keputusan yang bijak dan memanajemen anggota timnya sehingga masalah tersebut dapat diatasi dengan baik. Selain itu, seorang leader juga harus bisa memberikan kesempatan kepada anggota timnya untuk berpendapat. Dengan demikian, Anda akan akan menjadi leader yang semakin baik dan menyenangkan bagi anggota tim Anda.

Selain keempat hal diatas, Anda juga harus selalu mengembangkan dan melatih keterampilan dalam memanajemen diri Anda. Misalkan seperti komunikasi, mengelola pekerjaan, sikap, dan profesionalisme Anda sebagai leader, agar kelak Anda dapat menjadi leader baik dan menyenangkan bagi tim Anda.

Nah jika Anda tertarik untuk menjadi seorang leader, Anda dapat mempelajari dasar-dasar kepemimpinan ini dengan mengikuti kelas “Belajar Menerapkan Prinsip Dasar Kepemimpinan untuk Menjadi Direktur Eksekutif” yang disediakan oleh Luarsekolah! Modalku dan Luarsekolah berkolaborasi menciptakan kemudahan untuk Anda dalam belajar memulai beriklan di Instagram. 

Apa Saja yang Bisa Anda Dapatkan di Luarsekolah?

Luarsekolah merupakan wadah untuk para generasi milenial Indonesia yang ingin belajar dan menguasai keterampilan untuk mendukung pengembangan industri 4.0. Bagi Anda yang ingin mempelajari Tools Decision Making, Anda dapat mengikuti kelas Menerapkan Tools Decision Making Untuk Team Leader yang diselenggarakan Luarsekolah.

Luarsekolah telah dipercaya oleh lebih dari 850 ribu penggunanya untuk membeli kelas pelatihan online. Luarsekolah menyediakan berbagai kelas bagi seseorang yang ingin belajar soft skills maupun hard skills dengan harga terjangkau. Mulai dari kategori kelas seperti bisnis, pengembangan diri, pemasaran, teknologi dan software, hingga kelas fotografi. 

Materi yang disajikan mudah dipahami karena menggunakan sistem micro-learning, serta bahan pembelajaran yang terdiri dari video, PDF, sampai podcast. Tujuannya tentu saja agar pengguna dapat lebih fokus dan tidak merasa bosan. Semua mentor dan pemateri di Luarsekolah merupakan instruktur terbaik yang telah memiliki pengalaman menahun di bidangnya.

Tunggu apa lagi? Yuk cek kelas Luarsekolah sekarang juga di www.luarsekolah.com. Dapat ilmunya & dapat juga hadiahnya!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan