Tips Hedon dengan Gaji 3 Juta Perbulan

gaji 3 juta hedon

Artikel ini merupakan hasil kerjasama antara LuarSekolah & Modalku

Siapa saja pasti ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang besar untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Karenanya, banyak orang yang sering mengeluh tidak bisa memenuhi kebutuhannya sebab pemasukan atau gajinya yang relatif kecil. Bahkan, terkadang gaji untuk satu bulan ini bisa habis sebelum waktunya.

Perlu Anda ketahui, pemasukan atau gaji yang kecil ini sebenarnya bukan penghalang bagi Anda untuk bisa menikmati hidup. Besar atau kecilnya gaji adalah hal yang relatif. Kuncinya yaitu pengelolaan keuangan yang baik.

Nah ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar Anda masih bisa berbelanja dan mencukupi kebutuhan meskipun gaji Anda terbilang kecil. Bagaimana caranya? Nah berikut ini tips-tips dalam mengelola keuangan perbulan.

Peraturan No.1 : Anda Harus Cerdas

Berapapun gaji yang Anda terima, Anda harus bisa mengoptimalkan dan memaksimalkannya dengan baik. Oleh sebab itu, Anda harus cerdas dalam membelanjakan uang Anda. Pastikan kebutuhan hidup Anda terpenuhi sebelum kebutuhan sekunder lainnya.

Terima Gaji, Lalu Sisihkan untuk Tabungan dan Dana Darurat 

Setelah Anda cerdas dalam mengelola dan memanage keuangan Anda, Anda juga bisa memulai untuk menabung walaupun sedikit demi sedikit. Pastikan setelah Anda menerima gaji, sisihkan sebagian gaji Anda untuk menabung dan mempersiapkan dana darurat.

Mengapa perlu menabung atau mempersiapkan dana darurat? Karena kita tidak tahu peristiwa apa yang akan terjadi kedepannya. Anda harus siap jika terjadi peristiwa yang tidak diharapkan, misalnya pengobatan penyakit, atau memperbaiki peralatan yang rusak. Selain itu, kita juga tidak tahu sampai kapan kita bisa bekerja. Ingat, tabungan dan dana darurat ini penting!

Sulit mengumpulkan dana darurat? Ini dia 5 caranya!

Terapkan Budgeting yang Sesuai dengan Kebutuhan

Nah tips ketiga, Anda bisa menerapkan cara-cara budgeting yang sesuai dengan keuangan Anda. Cara budgeting ini tentunya akan memanage keuangan Anda dengan sangat baik. Ada banyak cara dan tips budgeting yang bisa Anda terapkan. Anda bisa mencoba salah satu dari ketiga tips budgeting berikut ini.

80 – 20

Yang dimaksud disini adalah 80% gaji untuk biaya hidup dan 20% gaji untuk tabungan atau investasi. Jika Anda tidak terbiasa membuat perbelanjaan dengan detail, maka mulai sekarang Anda harus ekstra berhati-hati dalam mencatat transaksi. Rincilah perbelanjaan Anda dalam jangka waktu satu bulan, dan gunakan semaksimal mungkin 80% gaji Anda. Dengan demikian Anda tidak akan kekurangan uang di akhir bulan nanti.

Usahakan juga untuk menabung lebih dari 20% gaji Anda. Tabungan ini berguna untuk masa depan yang lebih aman. Dan apabila ternyata pengeluaran Anda ternyata melebihi dari 80% gaji, maka Anda harus berhemat dan mencoret pengeluaran yang kurang diperlukan.

50 – 30 – 20

Nah kalau yang dimaksud disini adalah 50% gaji untuk biaya hidup, 30% gaji untuk hiburan dan 20%  gaji untuk tabungan atau investasi. Anda bisa memaksimalkan 30% gaji Anda ini untuk berbelanja dan jalan-jalan, seperti nongkrong atau hangout bersama teman. Namun, jika Anda termasuk tipe orang yang kurang suka berbelanja atau jalan-jalan, Anda bisa menggunakan jatah ini untuk pengembangan diri, seperti mengikuti kelas online maupun webinar.

40 – 30 – 20 – 10

Yang terakhir, yaitu 40% gaji untuk biaya hidup, 30% gaji untuk cicilan dan tagihan, 20% gaji untuk tabungan dan investasi, serta 10% gaji untuk sedekah. Untuk Anda yang menerapkan tipe ini, Anda harus bisa mendetailkan perbelanjaan Anda di awal bulan, lalu langsung membaginya dengan sesuai. Budgeting ini tentunya cocok untuk Anda sedang kos, atau yang sedang menanggung cicilan. Selain itu, Anda juga bisa bersedekah sehingga gaji Anda juga bisa bermanfaat bagi orang lain.

Itulah beberapa tips dan cara mengelola keuangan. Sampai saat ini, Anda sudah menggunakan budgeting yang mana?

Nah selain tips diatas, Anda juga bisa mempelajari cara mengelola keuangan dengan baik di kelas “Tips Dasar Mengelola Keuangan Pribadi” yang disediakan oleh Luarsekolah! Modalku dan Luarsekolah berkolaborasi menciptakan kemudahan untuk Anda dalam belajar memulai beriklan di Instagram. 

Apa Saja yang Bisa Anda Dapatkan di Luarsekolah?

Luarsekolah merupakan wadah untuk para generasi milenial Indonesia yang ingin belajar dan menguasai keterampilan untuk mendukung pengembangan industri 4.0. Bagi Anda yang ingin belajar berinvestasi, Anda dapat mengikuti kelas Belajar Investasi Untuk Pemula yang diselenggarakan Luarsekolah.

Luarsekolah telah dipercaya oleh lebih dari 380 ribu penggunanya untuk membeli kelas pelatihan online. Luarsekolah menyediakan berbagai kelas bagi seseorang yang ingin belajar soft skills maupun hard skills dengan harga terjangkau. Mulai dari kategori kelas seperti bisnis, pengembangan diri, pemasaran, teknologi dan software, hingga kelas fotografi. 

Materi yang disajikan mudah dipahami karena menggunakan sistem micro-learning, serta bahan pembelajaran yang terdiri dari video, PDF, sampai podcast. Tujuannya tentu saja agar pengguna dapat lebih fokus dan tidak merasa bosan. Semua mentor dan pemateri di Luarsekolah merupakan instruktur terbaik yang telah memiliki pengalaman menahun di bidangnya.

Tunggu apa lagi? Yuk cek kelas Luarsekolah sekarang juga di www.luarsekolah.com. Dapat ilmunya & dapat juga hadiahnya!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan