Pahami Tentang Staycation, Tren Liburan Masa Kini

staycation

Staycation masih akan menjadi tren liburan tahun 2022 di tengah kehidupan pandemi COVID-19. Tren liburan satu ini memungkinkan orang untuk rileks sejenak, terutama pada saat ini ketika kita belum bisa berlibur ke lokasi jauh demi menekan risiko penyebaran virus. Banyak orang memilih staycation untuk mengambil jeda dan menyegarkan pikiran di tengah hidup yang penuh aktivitas. Lantas, sebenarnya staycation artinya apa? Berikut informasinya.

Apa itu staycation?

Staycation artinya ada banyak; sebagian menyebutnya sebagai kegiatan menginap di hotel dengan hanya melakukan aktivitas di dalam hotel, sementara sebagian lain memasukkan kegiatan lain di luar hotel. Tidak ada yang salah, tren gaya liburan baru yang saat ini diminati oleh kaum milenial ini pada dasarnya adalah sebutan ketika Anda liburan ke lokasi yang relatif dekat dengan rumah. Itulah kenapa staycation sering dijadikan aktivitas refreshing singkat yang bisa dilakukan pada weekend tanpa harus menunggu libur panjang.

Selama staycation, seseorang biasanya menghabiskan sebagian besar waktu di dalam hotel untuk beristirahat, makan, spa, dan sebagainya. Bisa juga pergi untuk mengeksplor beberapa lokasi yang dekat dari hotel. Intinya, staycation artinya kegiatan berlibur tanpa perlu tiket pesawat, paspor, atau visa ke lokasi tujuan liburan. Lokasi staycation jaraknya relatif dekat dari rumah sehingga bisa dilakukan dengan mudah dan biayanya juga lebih murah dibanding vacation.

Mengapa staycation banyak digemari orang?

Tentu bukan tanpa alasan staycation digemari banyak orang dan bahkan menjadi tren liburan masa kini. Berikut ini beberapa alasannya:

1. Lebih hemat 

Dibanding liburan jauh, biaya staycation jauh lebih murah. Anda tidak perlu mengeluarkan bujet untuk membeli tiket pesawat yang biasanya menjadi salah satu pengeluaran terbesar saat liburan. Namun, meskipun berpotensi lebih hemat, staycation tetap bisa memakan biaya besar tergantung dari kegiatan yang Anda lakukan dan hotel yang Anda pilih. Jika hanya ingin beristirahat satu hari, Anda bisa pilih hotel yang lokasinya dekat dari rumah dan murah, tapi menawarkan fasilitas baik.

2. Mudah dilakukan

Coba pikirkan semua hal yang perlu Anda lakukan jika berencana liburan jauh, ke luar negeri misalnya. Anda pastinya perlu membeli tiket pesawat, belum lagi menukar uang ke mata uang negara tujuan, hingga menyiapkan diri menggunakan bahasa Inggris. Jika tidak ingin repot, staycation bisa jadi pilihan karena Anda tidak perlu melakukan semua hal tersebut.

3. Mendukung bisnis masyarakat lokal

Sekarang sudah banyak sekali hotel atau tempat menginap baru milik masyarakat lokal yang bisa Anda pilih untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Pilih saja lokasi yang menawarkan banyak fasilitas atau hiburan yang Anda butuhkan.

Mau liburan tanpa pusingin budget? Lakukan Perencanaan Keuangan!

Manfaat staycation

Dengan melakukan staycation, Anda dapat merasakan sendiri berbagai manfaat berikut ini:

1. Mengurangi waktu perjalanan selama traveling

Ada banyak waktu yang dihabiskan selama perjalanan liburan. Pikirkan waktu untuk menuju bandara, menunggu waktu boarding, waktu terbang pesawat, perjalanan menuju tempat penginapan setelah sampai bandara tujuan, dan sebagainya. Staycation memangkas semua waktu ini sehingga Anda bisa fokus beristirahat tanpa menghabiskan banyak waktu di jalan.

2. Cocok untuk istirahat singkat

Ada kalanya Anda hanya ingin pergi dari rumah selama beberapa hari. Bagi Anda yang bekerja, hari libur sangat penting untuk dimaksimalkan. Lebih mudah dan praktis untuk staycation pada akhir pekan last-minute. Anda dapat menginap satu malam dalam jarak satu jam perjalanan dari rumah untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

3. Lebih sedikit waktu perjalanan berarti lebih banyak quality time

Jika Anda pergi ke luar kota saat libur akhir pekan yang panjang, coba perhitungkan waktu perjalanan, waktu tunggu, dan waktu penerbangan. Semua waktu ini bisa mengurangi quality time. Anda mungkin cenderung mengemas barang sebanyak mungkin sehingga bisa membuat Anda merasa lelah saat tiba di lokasi.

Manfaat besar staycation adalah Anda bisa mendapatkan quality time lebih aktual karena mengurangi waktu perjalanan. Plus, Anda tidak perlu memulihkan diri dari efek penerbangan jarak jauh, kelelahan, dan jetlag. Anda bisa pesan pijat relaksasi atau nikmati spa untuk benar-benar bersantai.

Cara agar staycation lebih optimal

Agar menginap memberikan pengalaman berkesan, ada sejumlah hal yang sebaiknya Anda lakukan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Jangan bekerja

Anda mungkin tergoda melakukan pekerjaan saat staycation karena merasa santai. Namun, apa pun yang berhubungan dengan pekerjaan,  seperti memeriksa email kantor, ikut rapat daring, atau pergi ke kantor sebentar, dapat merusak waktu istirahat selama staycation

2. Rencanakan

Pastikan rencana selama menginap tidak terlalu padat agar Anda bisa beristirahat. Anda bahkan bisa menghabiskan satu hari khusus sebagai hari spa untuk relaksasi. Menentukan rencana waktu minum teh di sore hari atau membaca buku favorit bisa dilakukan selama staycation.

3. Hire jasa house cleaning

Setelah pulang dari staycation, Anda seharusnya lebih fresh. Jangan merusak mood yang sudah bagus itu dengan langsung melakukan pekerjaan rumah. Lebih baik Anda meng-hire jasa house cleaning sebelum pergi staycation agar saat pulang, Anda bisa langsung beristirahat di rumah dengan nyaman.

Setelah memahami staycation artinya apa, apakah kini Anda sudah memutuskan mau liburan ke mana? Jika merasa penat dengan keseharian, Anda bisa staycation untuk menyegarkan pikiran. Semoga bermanfaat!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Tinggalkan Balasan