Sambut Ramadan 2022 dengan 6 Tips Mengatur Keuangan Berikut!

TIps Mengatur Keuangan di Tahun Ramadan 2022

Ramadan 2022 bisa Anda jadikan momentum untuk lebih baik dalam mengatur keuangan. Terlebih, ada banyak pengeluaran selama Ramadan sehingga Anda perlu mengetahui dan menerapkan tips mengatur keuangan yang tepat. Dengan mengatur keuangan, Anda bisa menyambut bulan penuh keberkahan dengan lebih nyaman. Apa saja tips mengatur keuangan untuk menyambut Ramadan 2022 yang bisa Anda terapkan? Berikut informasinya!

1. Susun rencana pengeluaran

Sebagai langkah awal yang paling mudah disusun untuk mencapai sebuah tujuan, rencana pengeluaran membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih baik. Tips mengatur keuangan ini bisa dimulai dengan membuat daftar berisi berbagai prioritas yang akan Anda butuhkan selama Ramadan 2022.

Misalnya, total anggaran yang bisa Anda keluarkan untuk membeli bahan makanan sahur dan berbuka, biaya listrik, hingga uang yang mungkin ingin Anda sumbangkan ke masjid atau orang-orang yang membutuhkan selama Ramadan. Jika sudah menyusun rencana pengeluaran yang baik dan matang, Anda akan terhindar dari keinginan mengeluarkan uang untuk hal-hal yang kurang penting. 

2. Catat pengeluaran secara detail 

Mencatat pengeluaran secara detail sangat berguna sehingga Anda bisa setia dengan budget yang sudah Anda tetapkan sebelumnya. Setia dengan budget berarti pengeluaran Anda tidak lebih dari jumlah yang sudah Anda tentukan. Jika Anda sering lupa atau bingung soal ke mana saja uang Anda dihabiskan setiap bulannya, mencatat pengeluaran secara detail bisa membantu Anda dalam mengevaluasi budget dan mengidentifikasi masalah keuangan.

Misalnya, jika pengeluaran untuk kebutuhan hiburan seperti membayar biaya subscription (Netflix atau YouTube) atau membeli kopi tiap hari dirasa terlalu besar, mungkin ini saatnya Anda memangkas pengeluaran.

Lihat juga: 4 Tips untuk Mengatur Keuangan Keluarga

3. Kuatkan tekad dan komitmen

Tips mengatur keuangan terbaik adalah yang bisa Anda jalani secara konsisten. Oleh karena itu, Anda perlu menguatkan tekad dan komitmen selama Ramadan 2022 ini. Tanpa tekad dan komitmen yang kuat, akan mudah bagi Anda untuk menghabiskan uang pada hal-hal yang sebetulnya tidak Anda butuhkan.

Jika Anda sudah menentukan rencana awal mengenai bagaimana Anda akan mengatur keuangan selama bulan Ramadan ini, usahakan untuk konsisten dan berkomitmen menjalaninya. Dengan bertekad kuat dan berkomitmen menjalani rencana keuangan, Anda bisa menyesuaikan pengeluaran sesuai ekspektasi sehingga pengeluaran tidak berlebihan.

4. Buat daftar menu harian

Membuat daftar menu harian untuk sahur dan berbuka membantu Anda menghitung jumlah biaya yang perlu dikeluarkan untuk makan selama Ramadan 2022. Lebih baik buat daftar menu harian untuk memasak sendiri di rumah mengingat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Tidak hanya lebih higienis, Anda juga bisa menghemat pengeluaran jika masak menu sahur dan berbuka sendiri di rumah.

Jika bingung menentukan menu yang enak, Anda bisa mencari inspirasi lewat YouTube, media sosial seperti Instagram, dan lain sebagainya. Anda bisa mendapat informasi tentang bahan apa saja yang perlu disiapkan sehingga proses memasak jadi lebih gampang.

5. Belanjalah lebih awal

Berbelanja lebih awal bisa membuat Anda lebih hemat mengingat harga kebutuhan pokok, seperti beras, minyak, cabai, dan sebagainya, mengalami peningkatan selama bulan Ramadan. Membeli berbagai kebutuhan pokok jauh-jauh hari memungkinkan Anda stok barang yang dibutuhkan selama bulan ini. Anda pun tidak perlu mengeluarkan budget lebih besar untuk belanja kebutuhan saat harganya melejit. Namun, pastikan saja Anda tidak melakukan panic buying agar tidak menghamburkan uang.

6. Prioritaskan kebutuhan

Dalam mengatur keuangan, Anda pastinya punya prioritas kebutuhan. Misalnya, membeli bahan makanan yang sehat untuk menunjang imun tubuh selama bulan Ramadan 2022. Memprioritaskan kebutuhan menjadi salah satu tips mengatur keuangan yang perlu diterapkan karena Anda bisa menentukan mana yang penting dan tidak.

Mengeluarkan uang sesuai dengan prioritas kebutuhan akan membantu Anda lebih hemat karena tidak menghabiskan uang untuk hal tidak terlalu penting. Memprioritaskan kebutuhan berarti Anda mengeliminasi semua hal tidak penting, seperti buka bersama tiga kali seminggu dan aktivitas lain yang menghamburkan uang.

Dengan enam tips mengatur keuangan di atas, Anda bisa menyambut Ramadan 2022 dengan lebih baik. Mengatur keuangan yang baik bisa membantu Anda memenuhi semua kebutuhan selama Ramadan dan bulan-bulan seterusnya. Semoga bermanfaat!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Tinggalkan Balasan