Cara Menabung yang Benar dan Cepat untuk Masa Depan

cara menabung yang benar

Untuk mengumpulkan kekayaan demi hidup yang berkecukupan, Anda wajib menabung. Tapi, bagi beberapa orang, menabung bukanlah hal yang  mudah karena ini membutuhkan disiplin dan perencanaan matang. Mungkin Anda masih bingung tentang cara menabung yang benar demi mempersiapkan masa depan. Nah, pastikan Anda menyimak beberapa cara menabung dengan benar dan cepat di bawah ini.

Menimbun uang tabungan memang membutuhkan proses, tetapi cara menabung yang benar di bawah ini akan mempersingkat waktu yang diperlukan.

Baca juga: 3 Langkah Mempersiapkan Tabungan Dana Pensiun

1. Ketahui apa yang ingin dicapai

Cara menabung yang benar memerlukan target yang jelas. Maka dari itu, Anda harus punya gambaran jelas tentang tujuan akhir yang ingin dicapai. Apakah Anda mau mencukupi tabungan cadangan untuk keadaan darurat, atau mungkin Anda ingin mengikuti kursus yang akan memengaruhi karier? Tuliskan apa saja yang terlintas di benak agar Anda bisa menjaga semangat saat menabung nanti.

2. Tentukan target dana dan jangka waktu

Jika Anda ingin menumbuhkan tabungan dalam waktu yang lebih singkat, cara menabung yang benar berikutnya adalah memasang target nominal berdasarkan estimasi harga. Kemudian, jangan lupa menentukan banyaknya waktu yang dihabiskan untuk mencapai target tersebut, entah dalam hitungan bulan atau tahun, sebab tenggat waktu sangatlah penting untuk mempertahankan motivasi sampai akhir.

3. Urutkan prioritas

Saat Anda berencana menabung untuk meraih lebih dari satu tujuan, Anda harus membuat daftar prioritas. Urutkan goal yang sudah Anda buat mulai dari yang paling urgen hingga yang bisa ditunda untuk nanti. Dengan kata lain, cara menabung yang benar bisa dilakukan dengan fokus pada satu butir terlebih dahulu sebelum berpindah ke yang lain supaya Anda tidak kesulitan.

Baca juga: Cara Membuat Skala Prioritas agar Tidak Boros

4. Pisahkan rekening tabungan dan konsumsi

Apabila memungkinkan, coba terapkan cara menabung yang benar dengan membuat rekening baru. Gunakan rekening tersebut untuk menabung agar Anda tidak perlu menghabiskan waktu menghitung sisa tabungan setelah digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan begitu, Anda bisa langsung melihat sendiri kemajuan yang telah dibuat.

Setelah tabungan makin meningkat, Anda dapat mulai mengembangkan dana dengan menyalurkan pendanaan ke UMKM melalui Modalku. Selain membantu, Anda juga dapat bunga dari kredit modal usaha yang diberikan. Klik tombol di bawah ini untuk mulai pendanaan:

Danai Sekarang

5. Kurangi pengeluaran yang tidak perlu

Cara menabung dengan cepat dan benar lainnya adalah dengan memotong pengeluaran yang tidak perlu. Sebaiknya Anda lebih memprioritaskan kebutuhan pokok, seperti tempat tinggal, listrik, air, pulsa, makanan, dan produk kebersihan agar bisa tetap hidup dengan nyaman. Namun, untuk menghindari stres, Anda tetap dapat mengalokasikan sedikit dana untuk self-reward selama jumlahnya di bawah 5% dari total pemasukan. 

6. Bayar utang finansial

Kalau Anda masih memiliki utang yang belum dilunasi, alokasikan uang yang ada untuk membayarnya terlebih dahulu. Pasalnya, utang yang masih menunggak akan mempersulit Anda ketika menerapkan cara menabung yang benar. Selain itu, utang yang dibiarkan begitu saja juga bisa berdampak buruk pada skor kredit Anda, sehingga Anda akan terkena blacklist oleh bank.

Baca juga: Cara Mengatur Pinjaman Online Cicilan

7. Catat pemasukan dan pengeluaran

Elemen utama dari cara menabung yang benar adalah rutin membuat catatan budget yang merekam pemasukan dan pengeluaran uang. Dengan budgeting, Anda akan mengetahui setiap Rupiah dihabiskan untuk tujuan apa saja, sehingga perhitungan Anda juga lebih praktis. Untuk solusi yang lebih mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi budgeting canggih yang tersedia untuk smartphone.

8. Biasakan berbelanja dengan cashback dan diskon

Ada cara yang dapat Anda terapkan untuk memenuhi kebutuhan primer dengan lebih hemat, yaitu dengan memanfaatkan promo cashback serta potongan harga. Prinsip tersebut juga berlaku bagi pengeluaran sekunder dan tersier, tetapi sebaiknya jangan terlalu sering. Sekali lagi, selalu prioritaskan kebutuhan utama dan jaga pengeluaran konsumtif agar kurang dari 5% setiap bulannya.

9. Siapkan bekal sendiri

Tips satu ini bisa menjadi cara menabung dengan cepat untuk Anda. Jika selama ini terbiasa membeli makanan di luar ketika sedang bekerja atau berkuliah, cobalah untuk mengurangi kebiasaan tersebut. Tentukan daftar menu selama satu minggu ke depan dan buatlah bekal makan siang berdasarkan daftar tersebut agar lebih hemat. Tidak hanya irit biaya, makanan buatan sendiri juga lebih sehat karena Anda bisa mengontrol kadar gula, garam, dan minyak yang digunakan. 

Tahukah Anda? Gaya Hidup Sehat dapat Memperbaiki Keuangan Anda lho!

10. Jangan turuti keinginan impulsif

Meskipun melihat-lihat barang di toko fisik maupun online dengan alasan “cuci mata”, ada kalanya Anda jadi menginginkan sesuatu yang belum tentu diperlukan. Jika demikian, berhenti sejenak dan menjauhlah dari tempat untuk menenangkan emosi Anda. Tekankan kembali bahwa Anda sedang dalam proses menabung dan Anda hanya akan mengutamakan kebutuhan penting alih-alih keinginan.

Baca juga: Cara Menghindari Gaya Hidup Digital yang Boros

Menabung demi pundi-pundi kekayaan memang membutuhkan usaha serta disiplin. Tapi, hasilnya akan sangat setimpal dengan jerih payah Anda. Praktikkan kesepuluh cara menabung yang benar secara rutin, dan niscaya tabungan Anda akan terus bertumbuh. Dengan demikian, Anda bisa mewujudkan goals masa depan atau mendapatkan barang yang Anda inginkan dengan lebih cepat.

Cara menabung dengan cepat dan benar di atas juga bisa Anda praktikkan ketika ingin mengumpulkan modal usaha. Namun, jika Anda membutuhkan bantuan dana dengan cepat, jangan ragu untuk mengajukan kredit usaha di Modalku. Dengan pengajuan yang mudah dan tenor fleksibel, yakni 1-24 bulan, Modalku sudah memberi kredit usaha pada jutaan UMKM di Indonesia. Klik tombol di bawah untuk ajukan kredit usaha:

Ajukan Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan