Siapa Itu Gen Z?Apa Bedanya dengan Gen X dan Gen Y?

apa itu Gen Z? Inilah Gambarannya

Belakangan, orang-orang ramai membagi setiap generasi manusia ke dalam suatu kelompok. Mulai dari generasi baby boomer, generasi X, millennial, hingga yang paling muda, generasi Z atau biasa disebut gen Z. Menurut mereka, tiap generasi memiliki karakteristik tersendiri. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih jauh apa itu gen Z dan sebenarnya, apa perbedaan karakteristik generasi ini dengan generasi-generasi sebelumnya, khususnya dengan generasi X?

Siapa yang termasuk gen Z?

Setiap ahli memiliki pendapat mereka masing-masing mengenai gen Z dan siapa sebenarnya yang termasuk dalam kategori generasi ini. Perdebatan tersebut umumnya berkutat mengenai rentang tahun kelahiran seseorang hingga ia dianggap sebagai gen Z.

Contohnya, tim riset McCrindle dari Australia beranggapan bahwa gen Z adalah mereka yang lahir tahun 1995 hingga 2009. Pendapat lainnya disampaikan oleh Beresford Research. Menurut mereka, gen Z adalah orang yang lahir dari rentang tahun 1997 hingga 2012.

Terlepas dari berapa rentang tahun yang benar, generasi ini pada anak muda yang lahir bersamaan dengan perkembangan teknologi, terutama dunia internet, yang semakin pesat. Jadi, bagaimana sebenarnya karakteristik dari gen Z?

Karakteristik gen Z

Menurut para ahli, perbedaan era lahir seseorang ternyata mempengaruhi bagaimana seseorang berpikir dan bersikap. Salah satu ahli yang beranggapan seperti itu adalah Bruce Tulgan, seorang penulis asal Amerika Serikat yang mempunyai spesialisasi dalam hal perbedaan antargenerasi. Menurutnya, gen Z memiliki lima karakter umum.

Yang pertama, gen Z tidak bisa dilepaskan dengan media sosial. Menurutnya, orang-orang yang termasuk ke dalam golongan ini tidak pernah mengenal dunia yang benar-benar terisolasi dari keberadaan orang lain karena adanya media sosial tersebut. Melalui media sosial, generasi ini akan selalu bisa berinteraksi dengan orang lain kapan pun dan di mana pun.

Karakteristik tersebut membentuk karakteristik gen Z yang kedua, yaitu mereka menganggap bahwa keterhubungan dengan orang lain adalah salah satu hal penting yang mereka butuhkan dalam hidup. 

Ketiga, generasi ini akan merasakan adanya kesenjangan keterampilan jika dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Sebut saja keterampilan komunikasi interpersonal, berpikir kritis, serta keterampilan teknis lainnya.

Berikutnya, gen Z juga memiliki keterbatasan dalam hal pengalaman menjelajah secara geografis. Hal itu bisa terjadi karena adanya koneksi internet yang membantu gen Z menjelajahi dunia sosial secara virtual.

Karakteristik tersebut membentuk karakteristik yang terakhir, yaitu gen Z menjadi suatu generasi yang memiliki pandangan serta pola pikir global. Sikap yang sering disebut sebagai open minded ini membuat gen Z sulit mencari identitas dirinya sendiri. Selalu ada informasi baru yang membuat seseorang dalam generasi Z mengubah pola pikir dan sikap mereka terhadap suatu hal.

Baca juga: 6 Produk Keuangan yang Perlu Dimiliki Generasi Milenial

Apa bedanya dari generasi X dan Y? 

Jika merujuk kembali pada pendapat  Beresford Research tentang gen Z kita bisa menganggap bahwa generasi Y atau generasi millenial adalah mereka yang lahir tahun 1981 hingga 1995, sedangkan generasi X adalah mereka yang lahir dari tahun 1965 hingga 1980. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap generasi tersebut memiliki karakteristiknya sendiri yang membedakan mereka dengan generasi ini.

Misalnya saja generasi Y. Menurut Paul Abramson, seorang Profesor Psikologi dari University of California, Los Angeles, generasi ini adalah generasi pertama yang mengenal dunia digital. Hal tersebut membuat mereka menjadi seseorang yang sangat mandiri karena tidak selalu bergantung pada orang lain untuk memecahkan masalah mereka. Selain itu, perkembangan awal dunia digital juga membuat millenial memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. 

Sedangkan untuk generasi X, Abramson berpendapat lain. Ia menganggap bahwa generasi ini merasakan pertumbuhan dunia digital, tetapi mereka juga pernah merasakan era kehidupan sebelum era digital. Hal tersebut membuat orang-orang dari generasi X cenderung punya banyak akal, sehingga mereka bisa jadi pemecah masalah yang baik.

Baca juga: Kata Siapa Generasi Milenial Boros?

Apakah pembagian generasi ini sifatnya paten?

Pembahasan mengenai masing-masing generasi serta karakteristik mereka bisa dibilang cukup rancu. Bagaimana tidak? Setiap ahli memiliki pendapat mereka sendiri mengenai topik tersebut. Namun, ada satu hal yang bisa kita ambil dengan mempelajari bermacam-macam generasi ini, yaitu bagaimana antargenerasi bisa belajar berkomunikasi atau bekerja sama.

Jadi, meskipun karakteristik tiap individu akan berbeda, mereka pasti punya satu karakteristik umum yang dimiliki oleh hampir seluruh orang dari generasi tersebut. Nah, karakteristik itulah yang bisa kita pahami saat kita ingin bekerja sama dengan generasi lain. Jadi pertanyaan sebenarnya bukanlah “Siapa itu gen Z?” tapi “Bagaimanakah karakteristik generasi ini?”.

Itulah penjelasan lengkap seputar generasi Z dan pembagian generasi berdasarkan tahun kelahirannya. Ternyata, ada empat pembagian, yakni generasi baby boomer, generasi X, generasi Y atau millenial, dan generasi Z. Agar bisa saling melengkapi, memahami karakteristik antargenerasi menjadi hal yang penting untuk dilakukan.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

References:

https://gaya.tempo.co/read/1545275/mengenal-generasi-z-dan-5-karakteristiknya

https://www.kompas.com/tren/read/2021/12/26/170000565/mengenal-apa-itu-generasi-baby-boomers-x-y-z-millenials-dan-alpha?page=all

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan