7 Rekomendasi Usaha Karyawan Minim Modal

Jika Anda adalah seorang karyawan, keadaan keuangan Anda mungkin cukup stabil mengingat ada penghasilan yang relatif tetap setiap bulannya. Tetapi, ada kalanya ada kebutuhan tidak terduga yang mengharuskan Anda untuk merogoh kocek lebih dalam dari biasanya. Jika sudah begitu, tidak ada salahnya Anda mencoba menjalankan beberapa rekomendasi usaha sampingan karyawan pada artikel ini untuk menambah pendapatan.

Usaha sampingan adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk menambah penghasilan mereka tanpa mengganggu pekerjaan utama. Jadi, tidak hanya karyawan, orang-orang lain seperti mahasiswa atau ibu rumah tangga juga bisa memulai usaha sampingan. Selain untuk memperoleh penghasilan tambahan, usaha sampingan ini juga bisa menjadi pelepas penat karena harus berkutat dengan pekerjaan yang itu-itu saja.

Jadi, apa saja rekomendasi usaha sampingan karyawan yang bisa Anda coba? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Jualan pulsa dan paket data

Bisnis sampingan ini adalah salah satu usaha yang cukup simpel. Anda hanya perlu membeli deposit pulsa senilai beberapa ratus ribu, bergantung dari seberapa besar target pasar Anda. Sebagai permulaan, Anda tidak perlu membeli terlalu banyak, secukupnya saja untuk menarget rekan kerja atau keluarga. Selama pelayanan yang Anda berikan kepada mereka cukup baik dan harga bersaing, mereka pasti akan kembali kepada Anda saat sedang membutuhkan pulsa.

2. Jualan jasa foto dan desain grafis

Jika Anda memiliki hobi di bidang fotografi atau desain grafis, usaha sampingan ini perlu Anda pertimbangkan, terlebih lagi jika pekerjaan utama Anda saat ini tidak ada hubungannya dengan kedua hal tersebut. Dengan menjadikan hobi Anda sebagai usaha sampingan, Anda tidak perlu takut bosan dengan hobi tersebut seperti jika Anda menjadikan hobi sebagai pekerjaan utama. 

3. Jadi dropshipper atau reseller

Beberapa tahun terakhir, bisnis e-commerce di Indonesia semakin naik. Bahkan, menurut data dari We Are Social, 88,1 persen pengguna internet di Indonesia pada April 2021 menggunakan layanan e-commerce dan membeli suatu produk dalam beberapa bulan terakhir. Artinya, peluang karyawan untuk melakukan bisnis sebagai dropshipper atau reseller secara online juga semakin besar.

Simpelnya, dropshipper dan reseller adalah sebuah bisnis ketika seseorang menjual kembali produk buatan produsen kepada konsumen. Bedanya, seorang dropshipper tidak perlu menyetok barang jualan tersebut, ia hanya perlu mengiklankan barang dan mengurus pemesanannya ke produsen. Sedangkan untuk seorang reseller, ia harus membeli barang terlebih dahulu dalam jumlah banyak agar mendapat harga grosir kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal.

4. Jasa pembuatan blog atau situs web

Saat Anda ingin mencari tahu tentang sesuatu, hal yang pertama kali terbesit adalah mencarinya di internet. Berangkat dari mindset tersebut, perusahaan berlomba untuk membuat website dengan sedemikian rupa agar banyak pengguna internet tertarik mengunjungi website mereka.

Nah, jika Anda punya keahlian untuk mendesain blog atau website, tidak ada salahnya untuk menawarkan jasa Anda ke perusahaan-perusahaan tersebut. Untuk mencari calon customer pertama, Anda bisa mengiklankan jasa Anda dari mulut ke mulut atau melalui media sosial.

5. Menerjemahkan tulisan

Saat ini, banyak perusahaan asing asal Jepang, Cina, maupun Amerika Serikat yang berusaha melebarkan sayapnya ke Indonesia. Bersamaan dengan itu, mereka membutuhkan penerjemah yang bertugas untuk menerjemahkan berbagai macam tulisan mulai dari dokumen legal hingga artikel yang ditujukan sebagai bentuk marketing. Jadi, Anda yang mahir berbahasa asing seperti Inggris, Mandarin, Jepang, maupun bahasa-bahasa lainnya wajib untuk mencoba usaha sampingan karyawan ini. 

6. Jualan bumbu siap pakai

Kesibukan seseorang terkadang membuat mereka malas untuk melakukan beberapa hal yang dianggap membuang waktu, contohnya memasak. Oleh karena itu, banyak orang beralih menggunakan bumbu instan maupun makanan instan untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan berjualan bumbu siap pakai. Jika perlu, Anda juga bisa menjual makanan yang menggunakan bumbu instan tersebut. Dengan begitu, orang lain yang tidak sempat menghabiskan waktu di dapur bisa membelinya dari Anda.

7. Jualan kue kering

Jika Anda hobi membuat kue, usaha sampingan karyawan ini bisa Anda jalankan. Anda hanya perlu membuat kue di saat hari libur seperti sabtu atau minggu, kemudian menjualnya ke rekan kerja atau mungkin tetangga. Bisnis ini makin menguntungkan menjelang lebaran karena banyak orang akan mencari kue kering sebagai suguhan untuk tamu.

Nah, jika Anda sudah berpikiran untuk melakukan usaha sampingan, tapi tidak memiliki modal yang cukup, Anda bisa menggunakan jasa dari Modalku. Modalku memiliki jasa pendanaan online jangka pendek bagi UMKM yang ingin berkembang, termasuk Anda para karyawan yang ingin mempunyai usaha sampingan.

Modalku menawarkan tingkat bunga hingga 17 persen per tahun dengan tenor pendanaan singkat dari 1 hingga 24 bulan. Anda juga tidak perlu khawatir karena Modalku bersifat resmi dan sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Membuka usaha sampingan bisa menjadi cara untuk memperoleh penghasilan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda. Tujuh rekomendasi usaha sampingan karyawan di atas bisa Anda jadikan sebagai ide untuk memulai memperoleh cuan dari pekerjaan kedua ini. Nanti saat bisnis sudah berjalan dan Anda ingin mengembangkannya, ajukan saja pinjaman modal usaha di Modalku dengan klik tombol di bawah ini:

Pinjam Sekarang!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

https://www.studilmu.com/blogs/details/kerja-sampingan-definisi-manfaat-dan-mengapa-ini-penting-untuk-karyawan/page:2

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan