Menjadi Pahlawan dengan Cerdas Mengelola Keuangan

Tahukah Anda? Meski terlihat mudah, mengatur keuangan tidak semudah yang terlihat. Nyatanya, banyak orang yang sudah berpenghasilan tinggi, namun sulit menabung, bahkan terjerat utang. Dengan mengelola keuangan dengan baik, Anda sudah jadi pahlawan lho! Kok bisa?

Pengelolaan keuangan yang baik akan membawa dampak positif bagi diri sendiri, orang lain, dan masyarakat di sekitar kita. Dengan pengelolaan yang baik, kita dapat memastikan bahwa kebutuhan finansial senantiasa tercukupi. Kemudian, Anda juga bisa membantu keluarga dan teman yang sedang kesulitan, 

Lebih luas lagi, kemampuan finansial yang mumpuni akan menjaga daya beli Anda tetap pada posisi yang stabil. Daya beli yang baik akan mendorong konsumsi dalam negeri terus meroket. Secara otomatis, Anda sudah berkontribusi dalam menekan resesi karena roda ekonomi terus berputar. 

Oleh karena itu, penting sekali untuk memahami cara mengatur keuangan yang baik dan mudah. Keberadaan teknologi kini makin memudahkan kita, tak terkecuali dalam mengelola keuangan. Berikut ini beberapa cara mudah dalam mengelola keuangan!

Beralih ke Bank Digital

Selain bank konvensional, kini makin banyak bermunculan bank digital. Melalui bank digital, nasabah bisa mendapatkan layanan perbankan tanpa harus datang ke kantor cabang. Apalagi kini bank digital juga memberikan banyak fitur khusus untuk kemudahan dalam menabung.

Fitur yang ditawarkan adalah pembayaran tagihan otomatis, bebas biaya transfer dan admin bulanan, dengan keamanan dalam bertransaksi yang sudah terjamin. Dilihat dari tidak ada biaya transfer dan admin bulanan saja, sudah bisa membantu Anda untuk menghemat pengeluaran. Namun, ingat, Anda tetap harus jeli memilih bank digital agar tidak salah, ya!

Lihat juga: Mengenal Bank Digital

Manfaatkan Fitur Otomatisasi untuk Rutin Menabung

Aplikasi pengaturan keuangan berbasis teknologi sering juga disebut dengan fintech. Fintech ini berbentuk aplikasi yang bisa diunduh di handphone untuk memudahkan cara mengelola keuangan. Salah satu fitur dari aplikasi fintech ini adalah otomatisasi supaya pengguna bisa lebih rutin menabung.

Anda bisa mengelola secara otomatis seberapa banyak uang dari penghasilan Anda untuk ditabung. Hal ini akan mudah bagi Anda yang masih kesusahan untuk menyisihkan uang untuk ditabung setiap bulannya, apalagi beberapa aplikasi fintech mengunci uang yang sudah ditabung supaya tidak sembarangan digunakan.

Budgeting Menggunakan Aplikasi Pengatur Keuangan 

Sering kali kita bertemu dengan pengeluaran yang tidak terduga. Bahkan terkadang pengeluaran ini bisa lebih besar dibandingkan anggaran yang sudah ditetapkan. Jika Anda ingin keuangan lebih teratur, maka cobalah budgeting menggunakan aplikasi pengatur uang. Sekarang aplikasi budgeting ini sudah canggih membagi-bagi pengeluaran Anda. Misalnya untuk transportasi, membayar tagihan, bahkan sampai urusan investasi.

Mengingat ada banyak aplikasi budgeting yang kini tersedia, pastikan Anda mengunduh yang fiturnya aman dan lengkap untuk membantu cara mengelola keuangan pribadi. Lalu, usahakan atur budgeting Anda saat di awal bulan agar bisa lebih dikontrol!

Tak cuma keuangan pribadi, mengelola keuangan bisnis juga sangat penting lho! Ini caranya!

Bagi yang Sering Menggunakan e-Wallet, Perlakukanlah Seperti Uang Tunai

Teknologi fintech juga memberi kemudahan dalam menyimpan uang melalui keberadaan e-wallet. Disebut juga dengan dompet digital, e-wallet memudahkan penggunanya untuk bertransaksi secara online. Di sisi lain, kemudahan pembayaran dengan e-wallet juga dapat menjadi bumerang apabila tidak digunakan secara bijak.

Bukan tidak mungkin Anda tergiur menyimpan banyak uang di e-wallet untuk belanja, terlebih jika handphone Anda dilengkapi aplikasi mobile banking yang bisa dengan muda top-up saldo e-wallet. Karenanya, perlakukan e-wallet seperti uang tunai, tentukan batasan khusus saat menggunakannya.

Lihat juga: “5 Cara Mengatur Keuangan Modal Usaha Online”

Investasi Lewat Aplikasi 

Cara mengelola keuangan pribadi juga mencakup investasi untuk persiapan finansial di masa depan. Sudahkah Anda melakukannya? Kini investasi bisa dilakukan dengan mudah langsung dari handphone Anda. Salah satunya lewat Modalku.

Dengan Modalku, Anda bisa berinvestasi sekaligus mendukung UMKM di Indonesia. Dana investasinya pun bisa dimulai dari Rp100.000 saja! Ditambah dengan bunga yang bisa mencapai 17% per tahunnya, investasi di Modalku bisa jadi pilihan tepat. Tenang, investasi di Modalku juga sudah resmi berizin dan diawasi oleh OJK, jadi Anda tak perlu lagi khawatir akan keamanannya.

Rajin Unduh Riwayat Transaksi, Tips Sukses Cara Mengatur Keuangan

Cara mengelola keuangan dengan memanfaatkan teknologi lainnya adalah dengan rajin mengunduh riwayat transaksi. Baik aplikasi bank digital, mobile banking, dompet digital, dan semacamnya, kini telah dilengkapi dengan fitur mengunduh bukti transaksi.

Bukti transaksi ini bisa dijadikan pertimbangan saat Anda melakukan budgeting pada bulan berikutnya. Dari sini, Anda pun bisa mengetahui pos pengeluaran mana saja yang paling banyak menyita keuangan sehingga Anda dapat mengelolanya kembali.

Itulah enam cara mengelola keuangan dengan memanfaatkan teknologi. Anda jadi bisa lebih teliti dalam mengelola keuangan, bahkan menghemat pada sektor-sektor tertentu. Anda juga menyisihkan sebagian penghasilan Anda lewat Modalku. Danai sekarang, tuai manfaatnya di masa depan! Klik tombol di bawah ini untuk mendanai:

Danai Sekarang

Dengan mendanai Anda juga telah menjadi pahlawan bagi para UMKM penerima dana. Mereka mendapatkan “amunisi” untuk menghadapi resesi. Jangan lupa juga untuk terus menggunakan produk UMKM juga ya! Anda adalah pahlawan yang hebat!

Tingkatkan Level Pengelolaan Keuangan dengan Memulai Bisnis

Setelah mengelola keuangan pribadi, bagi Anda yang ingin atau punya minat untuk berbisnis, inilah saatnya! Anda dapat menantang diri Anda untuk mengelola keuangan dengan lebih baik, Yakni keuangan bisnis. Tentu mengelola keuangan bisnis tidak semudah mengeola keuangan pribadi, jika salah, bisnis bisa bankrut dan merugikan banyak orang. Namun, memulai bisnis merupakan pekerjaan mulia, karena kontribusinya pada perekonomian negara.

Selain itu, saat memulai usaha, tentu skala bisnis Anda masih kecil atau bisa digolongkan ke dalam UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan, keinginan, serta minat Anda. Bisa pilih sektor kuliner, kerajinan tangan, fesyen, hingga pertanian. Karena skalanya masih kecil, tentu konsumennya juga masih orang-orang sekitar.

Jika dibandingkan dengan produk-produk lainnya, produk UMKM cenderung lebih dekat ke konsumen. Para pelaku UMKM tersebar di berbagai tempat di Indonesia, bukan hanya fokus di kota-kota besar. Keberadaan bisnis Anda ini, secara tidak langsung telah memperkecil jurang ekonomi. Masyarakat di kota terpencil tidak perlu repot jauh-jauh datang ke kota besar untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tidak berlebihan jika menyebut pebisnis UMKM merupakan pahlawan ekonomi.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan