Mengenal Pinjaman Modal Awal Usaha Tanpa Jaminan

Mengenal Pinjaman Modal Awal Usaha Tanpa Jaminan

Bagi bisnis yang baru memulai kegiatan usahanya, pasti akan membutuhkan dana sebagai modal. Salah satu opsi yang bisa dipilih adalah pinjaman modal awal usaha tanpa jaminan. Hal ini dapat memberikan pebisnis dana yang sangat dibutuhkan untuk memulai. Karena tidak membutuhkan jaminan, maka pinjaman ini digemari oleh orang-orang yang tidak memiliki aset dalam jumlah besar. 

Namun ada satu hal yang harus digarisbawahi, tidak semua orang bisa mendapatkan pinjaman ini. Ada beberapa syarat tertentu yang harus dipenuhi. Agar tidak salah informasi, mari simak berbagai macam informasi mengenai pinjaman modal usaha yang bisa didapatkan tanpa perlu memberikan jaminan berikut ini.

Apa Itu Pinjaman Modal Awal Usaha Tanpa Jaminan

Pinjaman modal usaha tanpa jaminan memungkinkan Anda meminjam uang tanpa harus memiliki jaminan untuk membayar kembali pinjaman. Sebaliknya, pinjaman usaha yang dijamin  memerlukan aset bernilai tinggi sebagai jaminan yang bisa didapatkan kembali setelah Anda selesai membayar keseluruhan dana pinjaman.

Para kreditur tidak melihat nilai aset yang Anda miliki, namun sangat mempertimbangkan skor kredit, pendapatan, dan potensi pertumbuhan dari bisnis atau usaha. Mereka akan mendasari keputusan mereka untuk menyetujui pinjaman Anda berdasarkan faktor-faktor ini. Jika sudah disetujui, maka tidak perlu khawatir lagi mengenai kreditur yang nantinya menyita aset Anda jika tidak dapat membayar kembali pinjaman tersebut

Biasanya para kreditur melakukan BI Checking sebagai proses dalam menilai kredit skor para debitur. Biasanya Anda diberikan skor yang didasari dari catatan kolektibilitas. Rincian dari skor tersebut berupa:

  • Skor 1: Kredit Lancar, artinya debitur selalu memenuhi kewajibannya untuk membayar cicilan setiap bulan beserta bunganya hingga lunas tanpa pernah menunggak.
  • Skor 2: Kredit DPK atau Kredit dalam Perhatian Khusus, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 1-90 hari
  • Skor 3: Kredit Tidak Lancar, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 91-120 hari
  • Skor 4: Kredit Diragukan, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 121-180 hari
  • Skor 5: Kredit Macet, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit lebih 180 hari.

Pastikan Anda tidak mendapatkan skor di bawah 2 agar memperlancar proses peminjaman modal awal usaha ini.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Agar Untung Maksimal

Persiapkan Business Plan Untuk Mendapatkan Pinjaman Anda

Selain memastikan Anda mendapatkan skor BI Checking yang baik, business plan yang jelas dan menarik perhatian juga harus dipersiapkan. Rencana bisnis sangat penting bagi perusahaan baru untuk bisa mendapatkan persetujuan terhadap pinjaman tanpa jaminan mereka. 

Kreditur mempertimbangkan seberapa teliti rencananya, industri apa yang digeluti, seperti apa prospek bagi bisnis untuk mampu sukses di industri tersebut, dan bagaimana rencana mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Proyeksi keuangan terperinci sangat penting agar dapat menunjukkan kepada kreditur bahwa memberikan pinjaman tanpa jaminan kepada bisnis Anda sepadan dengan risikonya.

Beberapa hal yang harus ada dalam business plan milik Anda:

  • Ringkasan rencana bisnis
  • Masalah yang ingin Anda pecahkan
  • Informasi produk atau layanan
  • Sasaran pasar
  • Analisis pesaing
  • Model bisnis
  • Rencana keuangan
  • Berapa banyak yang perlu Anda pinjam?

Baca Juga: Keuntungan Ajukan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Jenis-jenis Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Ada beberapa jenis pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang bisa dipilih untuk menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan Anda. Beberapa jenis dari pinjaman tersebut seperti yang ada di bawah ini.

1. Pinjaman Jangka Panjang

Sebagian besar pinjaman jangka panjang memerlukan jaminan, namun bukan berarti opsi yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan tidak ada. Biasanya untuk jenis ini akan ditawarkan pinjaman berkisar hingga 25 tahun. Jika menginginkan pinjaman tanpa jaminan jangka panjang untuk bisnis Anda, maka rekam jejak sejarah bisnis yang terbukti, pendapatan yang kuat, dan kredit yang bagus adalah sebuah kewajiban. Pinjaman jangka panjang umumnya dicadangkan untuk jumlah yang lebih besar dan memiliki pembayaran dalam beberapa tahun.

Baca Juga: 6 Tips Bangun Bisnis dengan Pinjaman Kredit Tanpa Agunan

2. Pinjaman Jangka Pendek

Pinjaman usaha jangka pendek lebih mudah diperoleh, namun kriteria skor kredit dan kondisi keuangan dari bisnis Anda akan tetap memiliki pengaruh besar pada peluang persetujuan aplikasi peminjaman modal usaha. Pinjaman jangka pendek biasanya memiliki jangka waktu pembayaran satu tahun atau kurang dari waktu tersebut. Pinjaman jenis ini paling baik digunakan untuk pengeluaran jangka pendek, seperti pembelian inventaris atau biaya operasi. Banyak bisnis juga menggunakan pinjaman jangka pendek ketika ingin menutupi pengeluaran di saat perusahaan atau bisnis sedang mengalami periode yang menurun.

Itulah informasi mengenai pinjaman modal usaha awal tanpa jaminan. Anda bisa mendapatkan dana tambahan untuk mengembangkan usaha tanpa perlu pusing memikirkan jaminan yang harus diberikan ketika bisnis sudah berjalan. Jika Anda bingung mencari tempat terbaik mendapatkan pinjaman tersebut, maka Modalku merupakan pilihan terbaik. Dapatkan pinjaman online tanpa agunan yang mudah agar memperlancar proses pengembangan usaha Anda.

Tunggu apalagi? Dapatkan pinjaman pinjaman online tanpa agunan,hingga Rp2 miliar dengan proses mudah, praktis, serta aman hanya di sini!


Pinjam Sekarang!

Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan