Jangan Terkecoh, Ini Ciri-ciri Pinjaman Online Terpercaya yang Harus Anda Perhatikan

kenali ciri pinjaman online tepercaya

Pinjaman online adalah salah satu inovasi berbasis financial technology yang cukup populer akhir-akhir ini. Dibantu dengan kemajuan teknologi, kini Anda bisa lebih mudah mengajukan pinjaman untuk mengembangkan bisnis. Persyaratannya mudah, Anda hanya perlu memberikan dokumen berupa KTP, slip gaji, NPWP, dan sebagainya.

Ciri Pinjaman Online Terpercaya

Tak perlu melakukan proses wawancara atau pengecekan kredit, pengajuan bisa langsung diterima. Proses pencairan dana pinjamannya juga terbilang cepat. Namun, beberapa oknum memanfaatkan benefit ini untuk melakukan penipuan. Karena itu, sebagai calon peminjam, Anda harus tahu ciri-ciri pinjaman online terpercaya supaya Anda tak terjebak. 

Berizin OJK

Pinjaman online terpercaya pasti sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika sudah terdaftar di OJK, bisa dipastikan aman sehingga Anda tak perlu lagi ragu untuk mengajukan pinjaman. Anda juga bisa mendapatkan perlindungan secara hukum bila terjadi hal yang tidak diinginkan selama proses pengajuan hingga pelunasan pinjaman. Bagaimana cara mengetahui apakah pinjaman online resmi terdaftar, berizin dan diawasi OJK? Anda bisa terlebih dulu mengecek namanya di website resmi OJK sebelum mengajukan pinjaman.

Lihat juga: 6 Ciri Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

Situs resmi dan alamat kantor jelas

Ciri lain pinjaman online terpercaya adalah memiliki situs resmi dan alamat kantor yang jelas. Situs resmi memberikan kemudahan untuk konsumen dalam mengakses informasi serta memahami produk-produk pinjaman yang dimiliki lembaga pinjaman online tersebut. Pastikan pula alamat situs serta email yang digunakan bukan email personal, melainkan email perusahaan. Alamat kantor juga idealnya dituliskan di situs resmi mereka sehingga memudahkan calon peminjam untuk survei langsung, menyampaikan keluhan, atau kebutuhan lainnya.

Layanan yang ditawarkan jelas

Jika suatu pinjaman online menawarkan layanannya dengan cara spam terus-menerus, bisa dipastikan perusahaan tersebut adalah ilegal. Biasanya pinjaman online ilegal ini menawarkan layanan via sms, iklan di situs tidak resmi, dan sebagainya. Mereka juga tidak mencantumkan layanan apa yang ditawarkan, bagaimana cara melunasi pinjaman, hingga kejelasan penalti untuk membuat calon peminjam bingung.

Sebaliknya, pinjaman online terpercaya biasanya menawarkan layanan dengan konten edukasi untuk memperkenalkan produk keuangan, membagikan tips memilih pinjaman online yang aman, dan sebagainya. Jadi, tak hanya berfungsi menawarkan pinjaman, namun juga edukasi untuk masyarakat.

Syarat praktis

Persyaratan praktis termasuk dalam ciri-ciri pinjaman online resmi dan terpercaya. Umumnya, Anda hanya diminta menyiapkan dokumen seperti KTP, slip gaji, NPWP, dan sebagainya untuk mendapatkan pinjaman. Meski terdengar praktis, justru syarat ini merupakan taraf yang wajar. Jika terlalu mudah atau bahkan terlalu sulit, waspadalah dan pikirkan kembali sebelum mengajukan pinjaman.

Informasinya transparan

Informasi yang diberikan oleh pinjaman online juga harus transparan. Misalnya rincian persyaratan, bunga yang dibayarkan, jatuh tempo pembayaran, cara pelunasan, dan sebagainya. Dengan informasi yang matang ini, bisa menjadi perhitungan Anda sebelum akhirnya memutuskan mengajukan pinjaman. Lihat pula informasi lembaga tersebut mulai dari website, alamat kantor, hingga nomor teleponnya.

Biaya yang dibebankan wajar

Selain melunasi pinjaman, ada pula beberapa biaya lain yang harus dibayar oleh calon peminjam dana, contohnya biaya administrasi. Jika pinjaman online terpercaya, idealnya biaya umum ini berjumlah kecil dan tidak signifikan untuk meningkatkan beban tagihan. Biaya ini juga tak boleh diajukan saat pinjaman belum diterima. Jadi, jika ada biaya lain yang besarannya bisa mencapai 40% tanpa ada tujuan jelas, segeralah cari pinjaman online resmi yang terbukti terpercaya.

Proses penagihan sesuai prosedur dan etika

Ciri terakhir pinjaman online terpercaya adalah proses penagihannya sesuai dengan prosedur dan etika. Belakangan, pinjaman online ilegal melakukan hal-hal yang tidak pantas untuk menagih pembayaran, mulai dari mengakses fitur smartphone hingga mengancam untuk menyebarkan data bila Anda terlambat bayar.

Hal ini tidak akan dilakukan oleh pinjaman online resmi karena sudah ada prosedur dan ketentuan yang jelas terkait proses penagihannya. Bila Anda gagal membayar, maka pihak pinjaman online akan melaporkannya kepada OJK.

Semua ciri-ciri pinjaman online terpercaya ini bisa Anda temukan di Modalku. Modalku siap membantu Anda dalam peminjaman modal untuk mendirikan bisnis Anda sendiri. Prosesnya tidak rumit, tenornya lebih fleksibel, dan prosesnya juga cepat sehingga makin memudahkan Anda mendapatkan dana tambahan. Yuk, ajukan dana lewat Modalku sekarang juga!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan