Cara Gampang Buka Bisnis Impor Tanpa Modal!

mau buka bisnis impor tanpa modal? Modalku aja

Dalam membuka usaha, modal awal adalah hal yang paling sering membuat para entrepreneurs pemula ragu untuk membuka bisnis. Penyebabnya adalah karena biaya yang besar. Terutama untuk bisnis impor yang biasanya juga memiliki ongkos pengiriman yang mahal. Untungnya, barang-barang manufaktur dari China umumnya jauh lebih murah dibandingkan harga jualnya di Indonesia, sehingga menjanjikan margin yang tinggi bagi para pebisnis. Oleh karena itu,  tidak jarang mereka juga bertanya mengenai bagaimana cara impor melalui Alibaba dan cara impor China bagi pemula. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan impor tanpa perlu menyiapkan modal awal sehingga Anda dapat langsung membuka bisnis? Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui rahasianya!

Meski impor dari negara lain, di Alibaba Anda bisa mendapat ongkir udah lho! Ini Caranya!

1. Impor lewat Pre-Order 

Cara menjadi importir tanpa modal yang pertama adalah dengan terlebih dahulu menawarkan produk secara pre-order. Keuntungan menggunakan sistem ini terletak pada fleksibilitasnya. Sistem pre-order dapat digunakan pada hampir segala macam bisnis, baik bisnis online maupun offline. Sistem ini memungkinkan Anda untuk melakukan perkiraan jumlah customer dan mendapatkan pembayaran di muka. Dengan uang muka dari konsumen yang telah melunasi pembayaran, Anda dapat menggunakan uang ini sebagai biaya bahan baku atau modal awal untuk melakukan impor. Sehingga Anda dapat menjadi importir tanpa modal. Sudah banyak perusahaan dan toko yang menerapkan konsep ini sehingga Anda tidak perlu sungkan untuk meminta pembayaran 100%. Terutama apabila barang yang Anda jual termasuk ke dalam barang langka yang banyak dicari.

Sistem pre-order yang kita anjurkan adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan anda memilih produk luar negeri yang lagi laris/unik
  2. Hitung semua biaya impor sampai ke Indonesia dan hitung landed cost anda
  3. Bandingkan landed cost anda dengan harga di Marketplace dan pastikan anda mempunyai margin yang cukup untuk jualan
  4. Mulai tawarkan Produk2 Pre-Order ke calon Customer anda

Kelebihan : pembeli sudah ada dan uang diterima di depan.

Kekurangan: perlu pintar2 menjaga ekspektasi pembeli, jangan sampai ada yang complaint minta refund karena pembayaran sudah dibayar di depan tapi barang belum sampai juga. 

Pro Tip : Apabila Anda masih pemula, Anda bisa ikut menjual dulu produk-produk Unik Groupbuy yang ditawarkan oleh Perusahaan Procurement AsiaCommerce dimana sudah tersedia produk-produk Unik yang lagi laris dan juga perhitungan harga modal sampai ke Indonesia. 

2. Impor lewat Jastip

Apabila Anda tipe yang sering keluar negeri karena pekerjaan atau travelling, maka sistem ini merupakan cara impor skala kecil yang paling mudah dan bisa mendapat Cuan sekaligus untuk biaya keluar negeri. 

Sistem Jastip yang bisa anda tiru adalah sebagai berikut:

  1. Seller mengumumkan bahwa dia akan pergi keluar negeri (contoh : China / Thailand / Jepang) di tanggal tertentu
  2. Seller menawarkan jasa membeli barang dari luar negeri, produk bisa sesuai list Seller atau produk spesifik pilihan Customer
  3. Customer memilih produk yang ingin diimpor dari negara tujuan dan melakukan pembayaran di muka atau memberikan DP
  4. Seller melakukan pembelian barang di China dan membawa barang kembali ke Indonesia
  5. Seller mengirimkan barang ke Customer

Dalam membuka Jastip luar negeri, produk yang dititipkan biasanya beragam, mulai dari snack-snack murah hingga pakaian branded yang harganya mencapai puluhan juta. 

Tahukah Anda? Jastip adalah bisnis minim modal yang mengasyikkan lho!

Kelebihan : bisa dimulai oleh siapa saja, bahkan keuntungan dari jastip bisa membiayai tiket pesawat pulang pergi

Kekurangan : hanya bisa impor skala kecil karena barang2 yang dibeli tidak boleh terlalu banyak dan hanya untuk personal consumption.

3. Impor lewat Procurement Company dan Tanpa Perlu Bayar Barang di depan

Loh koq bisa ? Ya benar karena sekarang Modalku sudah bekerjasama dengan Perusahaan Procurement AsiaCommerce dalam membantu para UMKM untuk mengimpor barang tanpa perlu ribet!  Bahkan enaknya adalah, para UMKM bebas berkonsultasi dengan tim Profesional AsiaCommerce untuk impor Barang apapun dan tim AsiaCommerce dapat memberikan advis masukan, pencarian barang, negosiasi supplier, sampai Quality Checking agar barang2 yang diinginkan bisa diimpor dengan lancar. 

Sistemnya impor tanpa Bayar Barang di depan adalah sebagai berikut:

  1. Anda memilih dulu barang yang ingin anda impor lewat Marketplace Internasional seperti Alibaba, 1688, atau Taobao ataupun juga langsung lewat direct Supplier anda.
  2. Lakukan Request dan konsultasi dengan AsiaCommerce lewat : https://asiacommerce.id/import-export-request atau Chat dengan CS AsiaCommerce di website Asiacommerce.id
  3. Tim AsiaCommerce akan membantu memeriksa semua regulasi dan membantu menghitungkan semua biaya Importasi sampai ke Landed Cost barang anda.
  4. Setelah anda setuju dengan quotation dari AsiaCommerce, maka anda akan mendapatkan Sales Order dari AsiaCommerce dan anda bisa mengupload Sales Order itu di dashboard Modalku agar anda bisa memakai fasilitas Modalku dan tidak perlu bayar barang di depan.
  5. Barang akan diimporkan oleh AsiaCommerce dan sampai ke tempat anda dan bisa anda jualkan langsung ke Calon Customer anda. 

Kelebihan :  anda bisa mulai impor tanpa ribet dan dan dapat impor dengan skala besar tanpa bingung modal di depan.

Setelah melihat artikel di atas, tentu Anda akan menyadari bahwa melakukan impor tidak serumit dan semahal yang Anda kira selama ini. Bahkan, ada banyak cara untuk memulai impor dan membuka bisnis Impor tanpa modal! Apakah Anda tertarik untuk memulai impor bersama AsiaCommerce dan Modalku? Mulai saja dulu dengan layanan Import-Export anti ribet bersama AsiaCommerce dan nikmati kemudahan berbisnis hingga ke luar negeri. Klik pada gambar di bawah ini untuk mendaftar sekarang juga!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan