Cara Menggunakan Paylater untuk Bisnis dengan Mudah

cara menggunakan paylater

Keunggulan fasilitas pembayaran online yang sering dirasakan adalah cara menggunakan paylater yang mudah dan aman. Paylater kini tidak hanya dirasakan secara pribadi, bisnis juga bisa memanfaatkan keuntungan fasilitas ini. Pengelolaan arus kas keuangan (cashflow) bisnis menjadi lebih mudah jika menggunakan paylater sebagai sarana pembayarannya.

Prosedur penggunaan paylater yang tidak rumit menjadi alasan fasilitas ini banyak digunakan akhir-akhir ini. Karena berbasis teknologi, pengguna paylater bisa mengaksesnya hanya berbekal smartphone mereka. Seperti apa cara penggunaan paylater yang terbilang lebih praktis daripada kartu kredit tersebut?

Sebelum Menggunakan Paylater

Pemilik bisnis yang cerdas harus pintar memilih layanan paylater yang ingin digunakan, terutama untuk kelangsungan usahanya. Sebelum memutuskan untuk menggunakan paylater, Anda sebaiknya memerhatikan beberapa hal penting dalam penggunaannya. Jika tidak digunakan dengan tepat, paylater bisa menjadi bumerang bagi Anda.

Pertama, pilihlah layanan paylater yang terpercaya dan sudah di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Peran OJK sebagai regulator akan menghindari terjadinya transaksi paylater yang menyeleweng dan di luar aturan perundang-undangan. Saat memutuskan untuk mendaftar, baca dan pahamilah kontrak perjanjian yang diberikan sebelum disetujui. Jangan ragu untuk bertanya apabila ada pertanyaan yang ingin disampaikan.

Kedua, perhatikan tenor dan suku bunga yang diberikan. Dua hal ini penting jika Anda ingin menggunakan layanan paylater. Saat melihat penawaran suku bunganya, Anda harus mempertimbangkannya agar mampu membayar tepat waktu. Tenor atau jangka waktu pelunasan juga harus diperhatikan agar Anda tidak buru-buru saat ingin melunasinya.

Ketiga, pahami denda atau konsekuensi keterlambatan pelunasan pinjaman. Besarnya denda yang ditanggung harus menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih layanan paylater. Dalam bisnis, selalu ada kejadian mendadak, jadi Anda bisa mengantisipasinya dengan mengetahui denda keterlambatan ini.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Modal Usaha

Proses Pendaftaran Paylater

Pengguna yang ingin merasakan kemudahan fasilitas paylater harus mendaftar dulu. Paylater merupakan layanan finansial berbasis teknologi (fintech), jadi Anda harus membuat akunnya terlebih dulu sebelum mengaksesnya. Prosedurnya sama seperti membuat akun lainnya, di mana kita harus mendaftarkan alamat e-mail dan nomor handphone di dalamnya.

Perbedaannya, Anda membutuhkan dokumen berupa KTP dan foto selfie dengan KTP untuk mendaftar paylater. Dokumen tersebut diperlukan karena Anda hendak membuat akun yang berisi informasi sensitif, yakni keuangan. KTP dan foto selfie tersebut berguna sebagai proses verifikasi saat pengajuan pinjaman dana.

Untuk bisnis, dokumen yang dibutuhkan lebih banyak, tergantung skala dan legalitasnya. Bisnis yang dijalankan secara perseorangan dan telah beroperasi selama enam bulan harus menyediakan dokumen Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Bisnis dengan legalitas, seperti UMKM berbentuk PT atau CV, harus menyediakan KTP, NPWP, dan surat yang menunjukkan legalitas bisnis.

Cara pendaftaran paylater berbeda-beda tergantung penyedia layanannya. Kendati berbeda, basisnya tetap sama, yakni memasukkan alamat e-mail dan/atau nomor handphone yang ingin digunakan untuk mengakses akun paylater Anda. Masukkan juga password sesuai dengan persyaratan yang disediakan oleh penyedia layanannya.

Setelah memasukkan alamat e-mail dan nomor handphone, Anda akan menerima notifikasi SMS atau e-mail yang berisi kode One Time Password (OTP). Masukkan kode tersebut ke halaman pengisian kode OTP yang muncul di aplikasinya. Jika dikirimkan melalui e-mail, Anda bisa melakukan cara yang lebih mudah, yakni klik link yang terlampir di dalamnya.

Apabila proses verifikasi selesai, Anda bisa menggunakan paylater untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau bisnis.

Cara Menggunakan Paylater untuk Kebutuhan Bisnis

Sistem kerja paylater hampir mirip dengan kartu kredit, di mana seseorang diberikan limit kredit dari penyedia layanannya. Pengguna juga diharuskan membayar kembali dana tersebut dalam tenor atau jangka waktu yang sudah dipilih.

Begini proses menggunakan paylater yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis:

1. Pemesanan Stok Barang

Pelaku bisnis memesan stok barang yang dibutuhkan secara online atau offline seperti biasa. Mereka akan menerima invoice atau tagihan pembayaran dari supplier tempatnya bertransaksi. Saat proses pemesanan, pelaku bisnis menginformasikan sistem pembayaran yang digunakan kepada supplier, dalam hal ini paylater.

Baca Juga: Bisakah Menggunakan Paylater untuk Pinjaman Modal Bisnis?

2. Pembayaran dengan Paylater

Invoice atau tagihan tersebut kemudian diunggah (upload) pelaku bisnis ke aplikasi atau sistem paylater yang digunakan. Penyedia layanan paylater kemudian membayarkan tagihan tersebut ke supplier lewat metode pembayaran yang sudah disepakati. Di tahap ini, pelaku bisnis tidak perlu membayar biaya apapun sampai barang diterima.

3. Penerimaan Stok Barang

Pembayaran dari paylater dianggap lunas dan telah diterima oleh supplier. Barang pesanan kemudian dikirimkan ke alamat tujuan pemilik bisnis. Jika ongkos pengirimannya di luar biaya pembeliannya yang menggunakan paylater, pemilik bisnis harus membayar ongkos dan biaya operasionalnya secara terpisah.

Baca Juga: Mudahnya Mendanai Kebutuhan Bisnis dengan Paylater

4. Pembayaran Pinjaman

Setelah menerima barangnya, pemilik bisnis baru melakukan pembayaran pinjaman sesuai jumlah dan jangka waktu yang ditetapkan. Biasanya, tenor waktu yang diberikan berkisar 15-60 hari, sesuai dengan kesepakatan awal bisnis dan penyedia layanan paylater.

Seperti itulah gambaran besar cara menggunakan paylater untuk keperluan pengembangan bisnis Anda. Selain paylater, Anda bisa memanfaatkan program pendanaan lainnya, yakni pinjaman dana tunai dari Modalku. Keuntungannya, layanan pembayaran ini sudah dipercaya oleh berbagai online marketplace terbesar Indonesia, jadi bisa Anda gunakan langsung untuk memasok stok barang. Dapatkan berbagai keuntungan layanan ini untuk bisnis Anda berkat program Modalku ini.

Tinggalkan Balasan