7 Peluang Usaha Modal Kecil yang Paling Menjanjikan

peluang usaha modal kecil

Kebutuhan masyarakat yang beragam menghasilkan berbagai peluang usaha modal kecil hingga besar. Anda bisa membangun bisnis berdasarkan peluang tersebut untuk memenuhi kebutuhan orang banyak. Tidak masalah memulainya dari modal kecil, yang penting Anda bisa mengembangkan bisnis hingga level yang lebih besar.

Bisnis yang besar rata-rata lahir dari usaha bermodal kecil. Usaha kecil justru menjadi bekal Anda untuk bertahan saat membangun bisnis yang lebih besar. Jika Anda bercita-cita sebagai businessman, mulailah dengan membangun usaha kecil-kecilan dulu.

Pilihan Peluang Usaha Modal Kecil yang Bisa Digunakan

Bisnis dengan modal kecil tidak sulit dijalankan, apalagi bidang usahanya sesuai dengan passion atau keahlian Anda. Hanya saja, Anda membutuhkan perencanaan dan konsep yang matang untuk menjalankan bisnis. Salah satu cara untuk mendapatkan inspirasi konsep bisnis adalah melihat peluang yang ada.

Informasi mengenai peluang bisnis bisa didapatkan dengan survey dan melihat kebutuhan target pasar Anda. Bisnis modal kecil biasanya menargetkan penduduk sekitarnya, jadi Anda bisa menganalisa kebutuhan mereka untuk dijadikan ladang usaha. Kalaupun ingin berjualan online, Anda harus teliti melakukan survey target pasar sesuai kondisi demografis yang dituju.

Berikut ini adalah berbagai peluang usaha yang bisa Anda pilih untuk dikembangkan. Apa saja?

1. Laundry Kiloan

Orang zaman sekarang mendambakan gaya hidup yang praktis, termasuk berurusan dengan mencuci pakaian. Laundry kiloan menjadi salah satu peluang usaha yang bisa Anda ambil jika melihat kondisi masyarakat yang serba sibuk saat ini.

Anda bisa menambahkan jasa cuci karpet dan sprei secara kiloan jika bisnisnya ingin lebih menonjol. Tawarkan juga jasa laundry sepatu untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Modal yang dibutuhkan juga minim, seperti mesin cuci, mesin pengering, setrika, dan peralatan lainnya.

Baca Juga: Begini Cara Ajukan Pinjaman untuk Modal Usaha Awal di Modal Kawan Mikro Modalku

2. Bisnis Thrift Fashion

Thrift shop saat ini sedang menjamur beriringan dengan kampanye pengurangan sampah pakaian. Bagi konsumen, mereka bisa menemukan ‘harta karun’ berupa pakaian dengan style yang unik.

Modal yang dibutuhkan juga kecil, Anda bahkan tidak perlu membuka toko langsung dan hanya berjualan secara online lewat media sosial atau marketplace. Biaya beriklan digital di media sosial juga terjangkau dan mampu disesuaikan dengan budget Anda. 

Kalau ingin dijadikan sumber penghasilan utama, Anda harus konsisten menjalankannya. Mulai dari memasarkan produknya hingga terus memasok produk baru dari supplier thrift, semua harus dilakukan secara konsisten dan menggunakan strategi yang tepat.

3. Bisnis Franchise (Waralaba)

Bisnis dengan nama atau brand yang sudah tersohor membuka kesempatan bagi masyarakat untuk membuka toko franchise atau waralaba. Peluang ini disambut baik, terlihat dari banyaknya peminat yang terjun menjalankannya.

Modal untuk membuka usaha waralaba juga murah, Anda bahkan mendapatkan alat-alat dan bahan untuk menjalankannya. Jika Anda membuka bisnis waralaba yang sudah tersohor, pemasarannya pun lebih mudah. 

Pasalnya, banyak orang yang sudah mendengar dan hafal dengan brand-nya. Saat waralabanya dibuka di daerah Anda, mereka berbondong-bondong berbelanja di brand tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Pinjaman Kredit Tanpa Agunan di Tengah Pandemi

4. Buka Jasa Titip

Penggemar traveling atau jalan-jalan bisa membuka usaha jasa titip dengan modal yang relatif kecil. Anda cukup membelikan barang pesanan pembeli di tempat yang dituju. Peluang bisnis lebih terbuka jika barang yang ingin dibeli hanya dijual di luar negeri atau mal-mal di kota besar.

Trik keberhasilan usaha jasa titip (jastip) adalah seleksi target konsumen yang sesuai. Jika ingin menjadikan jastip sebagai usaha utama, sering-seringlah melakukan promosi, termasuk beriklan di media sosial.

5. Pengajar Les

Les yang dimaksud di sini tidak hanya pelajaran, bahasa, olahraga, atau kesenian, tapi juga skill teknis yang dibutuhkan di tempat kerja. Misalnya, skill desain, digital marketing, Microsoft Office, dan lain-lain.

Secara teknis, modal yang dikeluarkan memang ringan. Gunakan sertifikasi atau bukti keahlian untuk menambah kepercayaan konsumen yang ingin berguru kepada Anda. Siapa tahu pada masa depan Anda bisa membangun lembaga pengajaran sesuai bidang yang ditekuni.

Baca Juga: Praktis! 12 Cara Mengatur Keuangan Usaha Secara Optimal

6. Penitipan Hewan Peliharaan

Peluang bisnis yang bisa Anda ciptakan adalah penitipan hewan peliharaan. Saat ini, banyak masyarakat yang memelihara anjing atau kucing sebagai hewan kesayangannya. Bisnis ini menjadi solusi yang bisa Anda tawarkan kepada pemilik hewan piaraan yang ingin berpergian jauh dan bingung mencari tempat penitipannya.

Tambahkan kepercayaan mereka dengan menyediakan shelter yang bersih dan rapi. Sediakan stok makanan yang beragam dan perhatikan permintaan khusus pemilik hewan tersebut. Jasa grooming bisa menjadi layanan tambahan dalam bisnis agar hewan peliharaan tetap terawat kala sang pemilik pergi.

7. Bisnis Makanan Ringan

Terakhir namun tidak kalah penting, Anda bisa menjalankan bisnis makanan ringan. Target pasar yang bisa disasar juga beragam, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Keberhasilan bisnis makanan ringan adalah produknya yang unik dan membuat orang tertarik untuk mencobanya. 

Anda bisa berinovasi dengan varian rasa dan bahan untuk menciptakan makanan ringan yang baru. Jangan lupa untuk melakukan strategi pemasaran dan mempromosikannya secara online agar target pasar Anda semakin luas. Besar kemungkinan bisnis snack Anda menjadi viral seperti es kepal yang sempat menjadi tren beberapa waktu lalu.
Eksekusi peluang usaha modal kecil tentu saja membutuhkan pendanaan. Anda bisa mendapatkan pinjaman modal kerja dari Modalku yang langsung dicairkan lewat rekening. Hubungi tim kami segera dan mulailah menjalankan bisnis dengan layanan pendanaan dari Modalku.

Tinggalkan Balasan