Praktis! 12 Cara Mengatur Keuangan Usaha Secara Optimal

biar cuan, inilah cara mengatur keuangan usaha
Artikel ini merupakan hasil kerjasama antara Jubelio dan Modalku. 

Tidak ada satu pun pebisnis yang ingin mengalami kerugian usaha bahkan sampai terjadi kebangkrutan. Untuk mencegah kejadian tersebut, maka sebagai pelaku usaha, Anda mesti paham cara mengatur keuangan usaha dengan baik, agar tidak mengalami kerugian. Pada artikel ini akan membahas 12 kunci tips mudah mengelola keuangan bisnis.

1. Melacak Biaya Secara Terperinci 

Cara mengelola keuangan usaha yang pertama adalah melakukan pembukuan semua biaya operasional bisnis.Maka dari itu, Anda mesti menyimpan setiap bukti pendapatan maupun pengeluaran yang terjadi pada usaha Anda agar tidak terjadi kesalahan laporan keuangan.

2. Membuat Perkiraan Keuangan

Tips mengatur keuangan yang baik dan benar ketika berbisnis ialah dengan membuat proyeksi keuangan. Caranya, Anda bisa membuat pos perencanaan pengeluaran biaya usaha dalam satu periode dan membaginya sesuai prioritas, mana pengeluaran biaya yang penting.Untuk mengantisipasi terjadinya pengeluaran tidak terduga di luar rencana keuangan

3. Buat Anggaran Rutin

Setelah Anda membuat perkiraan keuangan, cara mengatur keuangan usaha selanjutnya buat anggaran rutin. Anda bisa memulainya dengan mencatat anggaran pengeluaran yang rutin dikeluarkan terlebih dahulu. Tujuan diadakan anggaran rutin ialah membatasi setiap pengeluaran agar nantinya tidak berlebihan. Sesuaikan pula cara mengelola keuangan dengan kebutuhan bisnis Anda dan buat secara teratur, misalnya dalam waktu seminggu ataupun sebulan. 

4. Membuat Pembukuan Keuangan

Untuk mengawasi setiap pergerakan arus keluar dan masuk, tujuannya adalah meminimalisir resiko terjadinya pengeluaran uang yang tidak wajar. Supaya tidak terjadi hal tersebut, maka Anda sebagai pebisnis wajib membuat pembukuan keuangan dan disertai dengan bukti transaksi

5. Memisahkan Uang Pribadi dan Bisnis

Masih banyak pebisnis yang belum tahu nih bahwa sangatlah penting untuk memisahkan antara uang bisnis dengan pribadi. Hal ini bertujuan menghindari terpakainya modal usaha untuk keperluan pribadi. Caranya sangat mudah, Anda dapat membedakan antara rekening khusus pribadi dengan usaha dan pastikan Anda tidak menggunakan kas bisnis untuk memenuhi keperluan pribadi Anda.

6. Mengurus Faktur 

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwasanya Anda wajib buat pembukuan usaha dengan melampirkan bukti-bukti transaksi. Tidak ketinggalan pula, tips mengelola keuangan usaha ialah langsung mengurus faktur. Anda harus segera mengirimkan faktur ketika melakukan pengiriman barang. Jangan lupa untuk selalu mengecek kesesuaian faktur dengan nomor PO saat faktur diterima.Mengawasi Arus Kas Keuangan

7. Awasi Arus Kas Bisnis

Sesudah Anda mengurus faktur dan bikin pencatatan keuangan usaha, ada pula yang harus Anda perhatikan yaitu awasi arus kas bisnis. Dengan mengawasi pergerakan arus kas keuangan, dapat membantu Anda untuk mengetahui sumber pemasukan keuangan usaha. Mengontrol arus kas memang bukan hal yang mudah, sebab memerlukan ketelitian yang tinggi,.Agar Anda lebih mudah mengawasinya, Anda bisa menggunakan software bisnis.

Penasaran dengan kemudahan mengatur keuangan dengan software? Klik di sini

8. Berhati-hati Ketika Ekspansi Bisnis

Biasanya ketika mendapatkan keuntungan yang besar, pebisnis akan terburu-buru melakukan ekspansi bisnis seperti membuka cabang baru. Namun, sebelum ekspansi bisnis dilakukan Anda mesti berhati-hati dan pastinya perlu pertimbangan yang matang. Karena kebanyakan pebisnis yang membuka cabang baru mengalami permasalahan dalam mengontrol keuangan bisnis di setiap cabang

9. Menyiapkan Dana Darurat

Jangan pernah lupa selalu menyiapkan dana darurat. Dana darurat pada bisnis berfungsi sebagai cara mengelola keuangan bisnis ketika terjadi kejadian darurat yang menimpa usaha. Anda dapat memakai dana ini supaya bisnis bisa terus berjalan walaupun kondisi usaha sedang kurang baik

10. Lakukan Monitoring dan Mengukur Performa

Tips mengatur keuangan bisnis selanjutnya adalah melakukan monitoring dan mengukur performa keuangan bisnis.  Dengan mengadakan monitoring keuangan, Anda bisa memahami kondisi usaha secara cepat sehingga dapat menentukan strategi bisnis kedepannya.

11. Gunakan Laba untuk Mengembangkan Bisnis

Cara mengatur keuangan usaha berikutnya adalah dengan menggunakan laba atau keuntungan sebesar-besarnya untuk mengembangkan bisnis. Intinya jangan habiskan hasil keuntungan usaha untuk keperluan pribadi melainkan Anda bisa memutar laba tersebut, salah satunya yaitu ekspansi usaha.

12. Mencari Pinjaman Usaha

Siapa bilang pebisnis tidak memerlukan pinjaman usaha ? 

Masih banyak orang berpikiran bahwa pengusaha yang meminjam uang pasti sedang mengalami permasalahan keuangan. Padahal kenyataannya tidak seperti itu, bisa saja dia sedang mengembangkan usaha supaya semakin besar. Mungkin sebagian pebisnis masih bingung, bagaimana cara meminjam uang untuk modal usahanya dan dimana mereka bisa meminjamnya.

Sekarang pebisnis nggak perlu bingung, kalau Anda membutuhkan pinjaman modal tambahan untuk bisnis bisa menggunakan Jubelio Financing.

Dengan Jubelio Financing, pebisnis akan mendapatkan tambahan modal maupun biaya penggunaan Jubelio dengan mudah, aman, dan cepat. Karena telah bekerja sama dengan partner terpercaya dan dilakukan secara transparan, jadi pebisnis nggak perlu khawatir lagi.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply