6 Alasan Mengapa Pinjaman untuk Modal Usaha Awal Bisa Ditolak

Kata Siapa Investasi deposito nggak cuan?

Jika pengajuan pinjaman untuk modal usaha awal Anda ditolak, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu alasan penolakan. Meskipun Anda mungkin sangat berkecil hati saat ini, jangan merasa down dulu karena ini terjadi pada banyak pebisnis sukses, bahkan terkadang lebih dari sekali. Memahami alasan mengapa pinjaman modal usaha Anda ditolak adalah langkah pertama menuju pengajuan pinjaman masa depan yang sukses. Berikut enam di antaranya!

1. Catatan kredit buruk

Salah satu alasan paling umum terjadinya penolakan pinjaman untuk modal usaha awal adalah pemberi pinjaman menganggap catatan kredit Anda buruk atau skor kredit “terlalu rendah.” Catatan kredit pribadi Anda menjadi faktor pinjaman usaha kecil, bahkan jika bisnis Anda telah menjalankan bisnis untuk waktu yang terbilang cukup lama. 

Jika Anda tidak dapat mengelola kredit pribadi, logikanya adalah, seberapa andal Anda dalam hal membayar kembali pinjaman modal usaha? Jika catatan kredit rendah adalah alasan pinjaman modal usaha awal Anda ditolak, tinjau skor Anda dan ambil langkah untuk memperbaikinya. 

2. Rencana bisnis Anda kurang meyakinkan

Jika Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis, Anda harus tahu cara menulis rencana bisnis yang meyakinkan. Pemberi pinjaman memang akan melihat faktor standar yang diperlukan dari semua pemohon pinjaman modal usaha, seperti riwayat kredit, nilai kredit, dan aset. Namun, pemberi pinjaman bisnis juga akan mempertimbangkan rencana bisnis karena mereka ingin tahu apakah ide bisnis Anda akan layak dan berkelanjutan.

Untuk menilai kelayakan rencana bisnis, pemberi pinjaman akan melihat semua aspek, termasuk laporan keuangan, strategi penjualan, dan rencana keuangan Anda secara keseluruhan. Rencana bisnis yang baik akan mencakup pendapatan dan laba masa lalu selama beberapa tahun (jika ada). Rencana bisnis juga akan memperkirakan penjualan dan keuntungan tiga sampai lima tahun ke depan. 

Melalui rencana bisnis, pemberi pinjaman bisa memperoleh informasi tentang bisnis apa yang Anda jalankan, produk apa yang Anda tawarkan, dan seperti apa lanskap persaingannya. Informasi dalam rencana bisnis digunakan untuk mengukur peluang keberhasilan bisnis Anda, yang pada akhirnya akan memungkinkan Anda berhasil dan melakukan pembayaran pinjaman untuk modal usaha awal kepada pemberi pinjaman. 

3. Pinjaman modal usaha tidak disetujuai, karena laporan arus kas tidak memuaskan

Arus kas adalah salah satu hal pertama yang dilihat pemberi pinjaman ketika memutuskan apakah akan menyetujui pinjaman untuk modal usaha awal. Pemberi pinjaman ingin tahu bahwa Anda memiliki arus kas yang cukup untuk tidak hanya menutupi pengeluaran bisnis Anda, namun juga membayar kembali pinjaman. Jika arus kas Anda tidak stabil, atau Anda secara teratur mengalami penurunan musiman, itu bisa menjadi tanda bahaya. 

Arus kas yang buruk adalah penyebab utama kegagalan bisnis. Jika ini sebabnya aplikasi pinjaman Anda ditolak, Anda mungkin perlu memeriksa keterampilan manajemen kas Anda. Coba gunakan perangkat lunak akuntansi yang memungkinkan Anda menghasilkan laporan dan proyeksi arus kas dengan mudah. Kemudian, pantau arus kas setiap minggu, rajin kumpulkan pembayaran yang jatuh tempo dari pelanggan, dan jangan biarkan faktur berlarut-larut hingga lewat jatuh tempo.

4. Persyaratan tidak terpenuhi

Tentu saja pemohon pinjaman untuk modal usaha awal harus memenuhi semua persyaratan yang sudah ditetapkan oleh pihak pemberi pinjaman. Pastikan bahwa Anda mengawali pengajuan pinjaman dengan teliti mengirim berkas atau syarat peminjaman di tahap pendaftaran. Masing-masing pemberi pinjaman mungkin menerapkan formulir peminjaman yang berbeda, tapi secara garis besar semuanya mewajibkan beberapa hal, seperti identitas, penghasilan, usia, lokasi, dan tempat bekerja. Jika persyaratan tidak terpenuhi, sudah pasti pinjaman modal akan ditolak.

5. Ada kesalahan pada lampiran dokumen

Sayangnya, salah satu alasan paling umum mengapa pengajuan pinjaman untuk modal usaha awal ditolak adalah karena pemohon tidak melengkapi aplikasi dengan benar atau ada kesalahan pada lampiran dokumen.

Di antara dokumen pendukung yang akan diminta, sebagian besar bank ingin mengetahui rencana bisnis, pengembalian pajak bisnis dan pribadi selama tiga hingga lima tahun, laporan rekening bank bisnis, laporan atau proyeksi keuangan untuk bisnis, dan laporan kredit pribadi dan bisnis.

Bank mungkin juga ingin melihat dokumen hukum yang terkait dengan bisnis Anda seperti kontrak, sewa, lisensi, izin, dan dokumen perusahaan. Cara mengatasi masalah ini mudah, siapkan dokumen Anda selengkap mungkin sebelum mendaftar lagi agar bisa mengajukan pinjaman untuk modal usaha awal.

6. Proposal peminjaman kredit kurang layak

Saat mengajukan pinjaman modal usaha, idealnya Anda akan diminta menyerahkan proposal pengajuan atau peminjaman. Jika pengajuan Anda ditolak, bisa jadi alasannya karena proposal peminjaman tersebut kurang layak. Sejumlah alasan di balik ketidaklayakan ini bisa disebabkan oleh?

– Tidak menyebutkan pengalaman usaha

– Tidak menyebutkan nominal kredit usaha yang diajukan

– Tidak menyebutkan lokasi usaha secara detail dan statusnya

– Tidak menjelaskan legalitas dan izin usaha

Penolakan pinjaman untuk modal usaha awal saat Anda membutuhkan pembiayaan pasti menyakitkan. Namun, ingat, Anda dapat mencoba lagi. Sebagai solusi, Anda bisa mengajukan pinjaman di Modalku yang prosedurnya mudah. Pengajuan di Modalku bisa dilakukan secara online dan persyaratannya pun mudah untuk dipenuhi. Mari ajukan pinjaman modal usaha di Modalku sekarang juga!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan