Jastip adalah Usaha Menguntungkan Tanpa Modal Besar, Pahami Hal ini Sebelum Memulai

jastip adalah usaha menguntungkan tanpa modal

Jastip adalah bisnis jasa titip yang hingga saat ini masih cukup populer di kalangan milenial seiring perkembangan digital. Bisnis jastip semakin diminati, khususnya selama pandemi COVID-19, karena tidak semua orang berani keluar rumah untuk belanja.

Usaha menguntungkan tanpa modal besar ini bisa dijalankan hanya dengan smartphone dan akun media sosial seperti Instagram. Keuntungan didapat lewat biaya tambahan dari setiap barang yang dijual ke konsumen. Sebelum memulai bisnis jastip, pahami dulu beberapa hal penting berikut ini.

Memiliki pemahaman mendalam soal jastip

Hal pertama yang perlu Anda siapkan jika ingin memulai bisnis jastip adalah pemahaman yang mendalam. Salah satu yang penting dipahami adalah bagaimana cara kerja jastip. Bisnis dengan sistem pre-order ini memberikan keuntungan hanya jika ada yang memesan produk dari Anda.

Untuk memulai, Anda perlu memberikan informasi kepada orang-orang, biasanya melalui media sosial, bahwa Anda membuka jastip dari kota atau negara tertentu. Lengkapi informasi dengan menyertakan beberapa contoh foto produk yang bisa Anda beli di sana dan buat daftar pemesan. Penentuan tarif jastip bebas sesuai keinginan Anda selama pemesan sepakat membayar dengan harga tersebut.

Ketahui barang yang sedang tren

Untuk menjadikan jastip sebagai usaha menguntungkan tanpa modal besar, Anda perlu mengetahui barang yang sedang tren. Biasanya, konsumen barang jastip tertarik menggunakan jasa ini karena ingin membeli barang yang sedang tren, tapi tidak bisa membeli sendiri, khususnya barang-barang yang hanya bisa didapat di luar negeri. Nah, Anda bisa membuka bisnis jastip untuk mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan.

Tentukan target pasar Anda

Berhubung tidak semua orang tertarik menggunakan jastip, Anda perlu menentukan target pasar Anda saat memulai bisnis ini. Agar tepat menentukan target pasar, luangkan waktu untuk melakukan riset target pasar untuk memastikan bahwa produk jastip Anda benar-benar dibutuhkan.

Lewat target pasar yang jelas, Anda selanjutnya bisa menentukan promosi seperti apa yang harus dilakukan guna memperoleh pelanggan. Misalnya, jika produk jastip yang Anda buka adalah skincare, maka target pasar yang cocok adalah wanita dengan rentang usia remaja hingga dewasa. 

Lakukan promosi dengan baik

Salah satu kunci penting kesuksesan bisnis jastip adalah promosi. Anda harus gencar melakukan promosi jika ingin bisnis jastip Anda punya banyak pelanggan. Jangan lupa pakai hashtag yang ada di media sosial agar bisnis jastip Anda lebih besar exposure-nya. Bentuk promosi bisa disesuaikan dengan kondisi bisnis Anda sekarang, misalnya tidak perlu membayar uang muka bagi pelanggan tetap Anda atau menyediakan program cicilan jika memungkinkan.

Transparansi info produk dan harga

Agar pelanggan percaya dengan bisnis jastip Anda, maka Anda harus memberikan transparansi soal info produk dan harga. Jangan buat pelanggan kecewa karena Anda tidak bersikap secara profesional dengan memberikan informasi produk dan harga yang tidak transparan. Layani setiap pelanggan dengan sopan, ramah, dan baik agar mereka puas dan akan kembali memesan produk dari Anda. 

Tetapkan harga yang masuk akal

Penting juga untuk menetapkan harga yang masuk akal. Keuntungan dari bisnis jastip adalah tarif yang Anda tetapkan untuk produk yang dipesan. Meskipun Anda harus mendapatkan untung, jangan berlebihan dengan menetapkan harga yang tidak masuk akal. Tetapkan tarif normal yang tidak terlalu tinggi agar pelanggan Anda tidak beralih ke jasa jastip lain yang lebih murah.

Contoh usaha jastip di Indonesia

Sebagai ide bisnis jastip di Indonesia, contoh usaha yang bisa Anda coba adalah:

  1. Camilan – Anda bisa buka jastip camilan atau makanan khas dari beberapa negara yang terkenal dan punya cita rasa dan khas. Berbagai jenis camilan unik yang masuk ke dalam bisnis jastip adalah biskuit, permen, cokelat, hingga makanan bayi.
  2. Skincare – Berhubung tidak semua skincare dari luar negeri atau luar kota tersedia di seluruh penjuru tanah air, Anda juga bisa mencoba usaha jastip ini.
  3. Makeup – Sama seperti skincare, jastip makeup juga besar keuntungannya karena banyak sekali pencinta makeup tertarik dengan berbagai produk yang saat ini belum tersedia di Indonesia.
  4. Sepatu – Meskipun kota-kota besar di Indonesia biasanya menjual banyak brand sepatu, tidak demikian untuk kota kecil. Ini bisa jadi peluang bisnis jastip, tidak terkecuali brand sepatu tertentu yang hanya bisa didapat dari luar negeri.
  5. Tas – Terakhir, Anda juga bisa buka bisnis jastip produk tas, khususnya branded, jika punya modal dan ada pelanggannya.

Untuk lebih lengkapnya, simak pembagian barang jastip berdasarkan kategori:

KategoriJenis Barang Jastip
CamilanBiskuit, Permen, Cokelat, Makanan Bayi
SkincareFacial Wash, Toner, Serum, Pelembab, Masker,
Make UpFoundation, Bedak, Eyeshadow, Pensil Alis, Maskara, Blush On, Lipstik,
SepatuSepatu formal, Sepatu olahraga, Sepatu fashion
TasTas Ransel, Pouch, Tote Bag, Tas Selempang, Tas Kerja
Tabel Kategori Produk Jastip

Memulai bisnis jastip adalah pilihan yang tepat jika Anda suka jalan-jalan sambil ingin mendapat pemasukan tambahan. Jika butuh modal, Anda bisa mengajukan pinjaman dana ke Modalku yang aman dan terpercaya. Siap memulai bisnis jastip Anda sendiri sekarang?


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan