5 Tipe Orang yang Ajukan Pinjaman Tanpa Agunan

Pinjaman tanpa agunan saat ini banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini karena syaratnya yang mudah dan pencairan yang cepat. Di samping itu, jumlah pinjamannya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, tahukah Anda jika ada berbagai macam tipe orang yang mengajukan pinjaman tanpa agunan ini? Apa sajakah tipe mereka dan bagaimana ciri-cirinya? Apakah Anda termasuk salah satunya? Simak ulasannya di bawah ini.

Tipe yang Suka Gali Lubang Tutup Lubang

Tipe pertama adalah orang yang suka gali lubang tutup lubang. Dengan artian, mereka mengajukan pinjaman tanpa agunan untuk menutupi tagihan utang atau pinjaman lainnya. Di sini, ada sebagian hutang mereka terlunasi. Namun di sisi lain, ada utang yang harus dibayarkan dari pinjaman lainnya.

Sehingga, cicilan pun akan menumpuk dengan bunga yang semakin tinggi seiring dengan bertambahnya utang yang dimiliki. Sebenarnya, tidak masalah bila pihak kreditur memberi pinjaman lagi. Namun, pastikan tagihan sebelumnya sudah lunas dan si peminjam mampu membayarnya tepat waktu.

Baca juga: ” Mengatur Pinjaman Online Cicilan Agar Tidak Terlilit Utang

Tipe yang Pakai Pinjaman Tanpa Agunan Untuk Gaya Hidup

Berikutnya adalah tipe orang yang mengajukan pinjaman tanpa agunan hanya untuk gaya hidup saja. Misalnya meminjam uang untuk memenuhi gaya hidup agar diakui oleh lingkungan sekitarnya. Contohnya membeli smartphone keluaran terbaru, padahal smartphone lama masih bagus dan layak digunakan.

Untuk menghadapi orang seperti ini, Anda memang harus sedikit jeli. Sebab, biasanya ketika ditagih mereka akan memberikan berbagai alasan untuk menunda pembayaran. Ketika masuk jatuh tempo, mereka akan berusaha untuk meminta keringanan. Bahkan, kemungkinan yang terburuk adalah tipe seperti ini jika tidak bisa mengembalikan pinjaman cenderung kabur dan uang tidak terbayarkan.

Baca juga: “4 Hal dalam Pengelolaan Utang yang Harus Dihindari

Tipe Pemenang Kredit

Mungkin tipe orang mengajukan pinjaman tanpa agunan ini asing bagi Anda. Namun, seringkali tipe seperti inilah yang sering meminjam kredit. Orang ini biasanya memiliki persepsi bahwa dirinya akan menang dengan kredit. Jadi, uang hasil pinjaman untuk keuntungan mereka sendiri. Biasanya mereka menggunakannya untuk hal-hal positif.

Pinjaman akan dimanfaatkan untuk hal produktif ketimbang hal konsumtif. Dengan kata lain, mereka memutar uang ini untuk hal-hal yang sifatnya menguntungkan di kemudian hari. Jadi, tipe ini berbeda dengan tipe sebelumnya yang cenderung konsumtif.

Sebagai contoh, mereka mengajukan pinjaman tanpa agunan untuk membeli rumah untuk diinvestasikan seperti disewakan. Begitu juga ketika mereka membeli mobil, tujuannya semata-mata bukan untuk gaya hidup tetapi digunakan untuk hal lain seperti rental. Separuh dari uang sewa kemudian dapat mereka alokasikan untuk membayar cicilan pinjaman.

Baca juga: “Cara Praktis Mengelola Utang Agar Tidak Menjerat Bisnis Anda

Tipe Pelupa

Sifat lupa itu wajar bagi manusia. Namun, tipe orang seperti ini juga berlaku bagi mereka yang mengajukan pinjaman tanpa agunan. Lupa di sini adalah dalam artian sebenarnya. Maksudnya, si peminjam ini sebenarnya memiliki itikad untuk membayar pinjaman tersebut dalam waktu yang sudah ditentukan. Namun, terkadang mereka lupa karena hal-hal tertentu.

Biasanya mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan dan kegiatan lainnya. Oleh karena itu, bagi pihak pemberi pinjaman, baik itu pihak bank maupun platform pinjaman online resmi, perlu mengingatkan tipe orang seperti ini. Bisa dilakukan melalui telepon, surat panggilan, dan cara-cara lainnya agar si peminjam dapat membayar uang pinjaman sebelum tenggat waktu yang diberikan berakhir.

Tipe Teladan

Tipe orang yang mengajukan pinjaman tanpa agunan terakhir adalah tipe teladan. Mengapa disebut demikian? Hal ini karena orang dengan tipe tersebut cenderung tidak perlu memaksa ketika ditagih agar uang kembali. Pasalnya, mereka akan membayar semua tagihan pinjaman tepat waktu. Bahkan, ada pula yang membayarnya sebelum batas waktu tiba.

Dengan kata lain, mereka ini adalah peminjam yang baik dan memiliki reputasi baik pula. Sehingga, jika di kemudian hari mereka ini mengajukan pinjaman lagi, maka pihak bank maupun pemberi pinjaman tidak khawatir uang tidak kembali. Justru tipe peminjam seperti inilah yang diharapkan oleh pihak pemberi pinjaman tanpa agunan.

Itulah tipe orang yang mengajukan pinjaman tanpa agunan yang perlu Anda ketahui. Kini, mengajukan pinjaman tanpa agunan sangat mudah dengan platform pinjaman online terbaik dan tepercaya seperti Modalku. Di sini, Anda bisa memilih pinjaman sesuai kebutuhan. Selain itu, Modalku aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply