6 Ciri Finansial Bisnis Anda Tidak Sehat dan Butuh Pinjaman Dana Online

Finansial bisnis adalah hal yang paling krusial ketika Anda menjalankan sebuah usaha. Sebab, hal tersebut akan berdampak pada keberlangsungan bisnis. Jika keuangan sehat, maka usaha Anda pun akan cenderung lancar dan mendapatkan keuntungan besar. Sebaliknya, apabila finansial bisnis kurang baik, maka perusahaan akan goyah. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui apa saja ciri-ciri finansial bisnis yang tidak sehat dan butuh pinjaman dana online berikut ini.

Tumpukan Piutang yang Belum Dilunasi

Ketika menjalankan sebuah usaha, pasti ada yang namanya piutang dalam arus kas keuangan. Piutang ini biasanya berupa pembayaran tagihan dari pihak lain yang belum dibayarkan. Semakin banyak piutang menandakan finansial bisnis Anda sedang dalam keadaan kurang baik.

Ini karena akan berpengaruh pada pemasukan bisnis. Jika demikian, tidak hanya mengancam pemasukan, melainkan juga berisiko menyebabkan usaha gulung tikar. Di sini, ada baiknya Anda melakukan penagihan pada saat-saat tertentu. Kemudian, ketika tagihan sudah terkumpul, Anda bisa melakukan pinjaman dana online untuk menutupi kekurangannya. Namun ingat, Anda tetap harus menagih piutang ini sampai semua urusannya selesai.

Profit Semakin Menipis

Tujuan seseorang membuka usaha atau bisnis adalah mendapatkan profit yang besar. Dalam hal ini, Anda harus menentukan pula marginnya. Margin bisa diartikan sebagai selisih harga penjualan terhadap harga produksi. Profit yang menipis karena margin yang kecil akan berpengaruh pada finansial bisnis. Dampaknya, jika tidak segera tertangani, usaha Anda tidak akan maju dan harus terus mengajukan pinjaman dana online agar usaha terus berjalan.

Margin atau profit yang kecil dapat dipengaruhi banyak faktor. Misalnya saja harga dari bahan pokok yang kian meningkat, biaya sewa, maupun persaingan harga di pasaran. Kuncinya di sini adalah Anda harus memikirkan bagaimana untuk melakukan inovasi agar produk tetap diminati konsumen lama maupun calon konsumen baru.

Isu Overtrading

Secara umum, overtrading memiliki pengertian perusahaan telah melakukan penjualan sebuah produk yang sedang diminati masyarakat dengan cara yang berlebihan. Akibatnya, jika tidak dikelola dengan baik, justru akan menumpuk utang dan piutang Anda. Finansial perusahaan pun terganggu.

Sementara itu, Anda harus memikirkan biaya harian usaha. Misalnya seperti biaya operasional harian, mingguan, bahkan bulanan yang mungkin tidak mungkin Anda pangkas. Dengan begitu, ini bisa mengakibatkan likuiditas dan Anda kesulitan mendapatkan uang tunai hasil penjualan. Karena itu, cara menutupinya bisa dilakukan dengan mengajukan pinjaman dana online.

Turnover Karyawan yang Tinggi

Manajemen keuangan usaha yang tidak baik apabila dibiarkan terlalu lama maka akan merembet kepada hal lainnya. Masalah finansial yang terjadi pada perusahaan biasanya berdampak pada karyawan. Sebagai contoh, bonus bagi karyawan yang dipangkas bahkan gaji yang dibayarkan mengalami keterlambatan.

Bila terus terjadi, akan terjadi turnover karyawan atau banyak karyawan resign dan mencari perusahaan baru. Akibatnya, Anda kehilangan karyawan terbaik yang dapat memajukan bisnis Anda. Selain itu, keuangan perusahaan akan semakin buruk. Mengajukan pinjaman dana online pun mungkin bisa dilakukan, namun hal ini tidak akan membantu secara banyak. Jadi, Anda harus melakukan strategi terbaik untuk mengurangi tingkat turnover karyawan ini.

Pengelolaan Kas Tidak Dijaga

Perusahaan yang jarang mengaudit keuangan secara berkala adalah ciri perusahaan yang tidak sehat, khususnya bagi finansial perusahaan. Oleh karena itu, pengelolaan kas perlu dikelola dan dijaga dengan baik. Jangan sampai pengeluaran lebih besar sementara pemasukan semakin menipis dan lambat laun membuat Anda merugi.

Karenanya, mulailah dari hal terkecil sekalipun. Contoh melakukan pencatatan tiap bulannya baik penerimaan pemasukan maupun pengeluaran. Dari sini, Anda bisa melakukan evaluasi berkala apakah dalam satu bulan perusahaan mendapatkan keuntungan atau justru merugi serta kapan waktu yang tepat untuk mengajukan pinjaman dana online. 

Modal Tidak Cukup? Pakai Pinjaman Dana Online

Tak hanya ciri di atas saja, hal lainnya yang membuat finansial bisnis Anda tidak sehat adalah terkait masalah modal. Ya, modal memang menjadi hal paling vital dalam berbisnis. Sebab, ketika Anda kekurangan modal, maka dampaknya adalah bisnis yang tidak akan berjalan lancar. Bahkan, Anda akan melewatkan kesempatan-kesempatan emas ketika berbisnis. 

Masalah kekurangan modal ini sebenarnya bisa diatasi dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengajukan pinjaman. Beberapa platform pinjaman online menawarkan pula bantuan modal usaha kepada pelaku bisnis khususnya UMKM.

Pastikan platform pemberi pinjaman yang Anda pilih sudah tepercaya, memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), reputasi yang baik, serta komitmen yang tinggi dalam membantu UMKM. Ini bisa dilihat dari portofolio di website resmi pemberi pinjaman. Salah satunya yang memenuhi seluruh kriteria tersebut adalah Modalku yang terus konsisten memberikan bantuan modal usaha kepada UMKM di Indonesia.  


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply