Yuk Tingkatkan Kemampuan Diri dengan Ikut Kelas Online!

kemampuan diri kelas online

Kemampuan dan pengembangan diri jadi kunci penting untuk memenangkan persaingan di era teknologi dan digital seperti sekarang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan diri tersebut, salah satunya adalah dengan mengikuti kelas online yang dapat Anda akses dari mana saja dan kapan saja. Selain itu, kelas ini ada yang gratis dan berbayar. Tertarik untuk mencobanya?

Berikut beberapa rekomendasi kelas yang bisa Anda ikuti untuk pengembangan diri dan menunjang karir di masa depan.

Kelas coding di Khan Academy

Rekomendasi kelas online yang pertama adalah Khan Academy. Bidang peminatan dalam program ini sangat beragam, mulai dari kelas di bidang eksak hingga = sosial. Ada materi matematika, Scholastic Assessment Test (SAT), sampai Art and Humanities. Jika belum familier, SAT ini digunakan untuk tes masuk perguruan tinggi di Amerika Serikat. Aplikasi pembelajaran dapat di-download di gadget dengan sistem operasi Android maupun iOS.

Ulik soal digital marketing di RevoU

Ingin mendalami bidang digital marketing? Anda bisa ikuti kelas online kedua, yakni RevoU. Ada dua jenis kursus yang bisa dipilih yakni berbayar maupun gratis. Adapun bidang yang dipelajari antara lain Business Development, Product Management, hingga Data Analytic serta Digital Marketing. Selain itu, program yang bisa dipilih ada yang Full Programs selama 6 bulan atau Mini Course yang berlangsung 7 hari. Setelah lulus, nantinya peserta pun akan mendapatkan sertifikat digital yang diakui.

Memahami dunia kerja di Glints ExpertClass

Kelas online ketiga adalah Glints ExpertClass yang berfokus pada pengembangan diri di dunia kerja. Tema dan bidang pembahasan kursus meliputi manajemen, marketing, desain, sales, finance, dan yang berhubungan dengan IT. Kelasnya pun ada dua yakni berbahasa Indonesia dan kelas internasional berbahasa Inggris. Kelas di Glints ini sangat membantu, sebab Anda dapat berinteraksi dan bertanya langsung dengan mentor, dan pastinya ada sertifikat digital yang bisa didapatkan.

Coba kelas dari universitas top dunia di edX

Merasakan belajar di universitas terbaik dunia kini bukan mimpi lagi. Anda dapat mencoba kursus keempat yang ditawarkan edX. Layanan ini memiliki visi dalam memajukan dunia pendidikan. Dimulai sejak tahun 2012 lalu, situs ini digarap oleh MIT dan Harvard University. Keunggulannya, Anda akan mendapatkan materi yang belum tentu diberikan di sekolah umum.

Sebagai contoh, kelas bahasa Basic Spanish ditawarkan secara gratis dengan lama belajar hanya tujuh minggu saja. Untuk kursus yang berbayar, nantinya Anda juga mendapatkan sertifikat dari hasil materi yang dipelajari tersebut.

Belajar soal desain grafis di Udemy

Bagi Anda yang ingin upgrade pengembangan diri di bidang desain, patut mencoba kelas online kelima yang ditawarkan Udemy. Bidang peminatan yang dapat dipilih seperti desain karakter, logo, melukis digital, dan masih banyak jenis desain lainnya. Kursus ini berbayar dengan harga mulai US$10 dan anda akan mendapatkan materi. Bahkan Udemy kini juga membuka kursus untuk desain game development sampai software testing. Baik para pemula maupun expert bisa mengikuti kelas-kelas yang ditawarkan.

Tambah pengetahuan di IndonesiaX

Jika Anda menginginkan kursus dengan bahasa Indonesia yang mendalami peminatan untuk perusahaan di tanah air, maka bisa memilih rekomendasi keenam yakni IndonesiaX. Di platform ini, ada berbagai bidang peminatan seperti keuangan, komunikasi, pengetahuan komputer, bisnis dan manajemen, hukum, dan teknik, serta lainnya. Kerennya lagi, IndonesiaX menggandeng berbagai instansi pendidikan dan perusahaan ternama seperti ITB, UNAIR, NET TV, Bank Negara Indonesia, dan lainnya. 

Kembangkan diri dengan kelas online Coursera

Kelas online yang terakhir yakni Coursera. Sama halnya seperti edX, di sini pengguna bisa mendapatkan materi belajar dari berbagai perguruan tinggi ternama dunia. Misalnya seperti University of Michigan, Illinois, dan John Hopkins University. Bidang peminatannya pun beragam, mulai algoritma hingga paleobiologi. Bahkan, jika tertarik Anda pun dapat mempelajari mengenai sistem pajak dan finansial di Amerika Serikat. Menarik, bukan?


Itulah beberapa rekomendasi kelas online terbaik untuk saat ini yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pastikan Anda juga menghitung budget yang perlu dikeluarkan untuk mengikuti kelas online yang berbayar. Jadi, jangan sampai Anda salah pilih kelas untuk mengembangkan kemampuan di era digital ini, ya!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan kredit modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi dana.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

References:

Subscribe

* indicates required

Tinggalkan Balasan