Pahami Lebih Lanjut Risiko Investasi Crypto Sebelum Beli Asetnya!

investasi crypto cuan

Investasi crypto kini memiliki tempat tersendiri di kalangan anak muda. Banyak dari mereka yang berbondong-bondong menyimpan uangnya ke dalam bentuk digital currency. Selain kekinian, investasi cryptocurrency juga dinilai memiliki masa depan yang menjanjikan sebagai salah satu bentuk investasi digital saat ini.

Pengertian cryptocurrency

Cryptocurrency adalah mata uang virtual atau digital yang sudah terjamin dengan sistem cryptography. Sistem ini memungkinkan mata uang crypto tidak dapat dipalsukan atau digandakan. Selain sebagai bentuk investasi, cryptocurrency juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran atau transfer antarpengguna.

Konsep transfer tersebut mirip dengan pembayaran online yang biasa digunakan untuk membeli barang di marketplace. Bedanya, cryptocurrency memiliki nilai yang bisa naik dan turun jika ditukarkan dengan mata uang yang digunakan setiap negara.

Berbeda dengan mata uang setiap negara yang tersentralisasi oleh bank sentral, cryptocurrency bersifat terdesentralisasi berdasarkan teknologi blockchain, yaitu buku besar terdistribusi yang diberlakukan oleh jaringan komputer yang berbeda.

Jenis-jenis cryptocurrency

Sama halnya dengan mata uang yang berbeda di setiap negara, cryptocurrency juga memiliki ragam jenis mata uang digital yang berbeda-beda sesuai dengan platformnya. Saat ini, terdapat empat jenis mata uang digital atau cryptocurrency yang umum digunakan di pasaran, yaitu:

  1. Bitcoin

Bitcoin (BTC) adalah asal-muasal dari banyaknya mata uang digital crypto saat ini. Mata uang ini diperkenalkan pada 2009 oleh seseorang bernama Satoshi Nakamoto. Investasi crypto pada Bitcoin terbilang sangat menggiurkan. Pasalnya, Bitcoin pada tahun 2011 per koinnya hanya memiliki nilai seharga Rp28.000 saja. Namun, kini, Anda akan melongo melihat harganya yang sudah mencapai Rp580 juta. Nilainya yang terus naik membuat siapa pun ingin memilikinya.

  1. Litecoin

Berbeda dengan Bitcoin yang merupakan sesepuh dari mata uang digital sekarang, Litecoin baru muncul ketika pasar peminat mata uang digital sudah mulai menarik perhatian banyak orang. Cryptocurrency ini lahir pada 2011 sebagai mata uang digital peer-to-peer (P2P) yang membentuk blockchain dengan perputaran lebih cepat. Kelebihan dari jenis mata uang digital ini adalah memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi dengan lebih cepat tanpa memerlukan sistem komputasi yang powerful.

  1. Dogecoin

Dogecoin bisa disebut sebagai adik termuda dari dua jenis cryptocurrency di atas, sebab Dogecoin baru hadir pada 2013. Dogecoin adalah mata uang kripto yang menggunakan anjing Shiba Inu sebagai maskotnya. Dogecoin mempunyai nilai yang lebih rendah dibanding Bitcoin, sehingga mata uang ini biasanya digunakan untuk transaksi yang skalanya kecil, seperti donasi atau memberi tip.

  1. Ethereum

Ethereum merupakan platform digital terdesentralisasi yang menciptakan mata uang digital dengan nama Ether (ETH). Beberapa waktu belakangan ini, Ethereum ramai diperbincangkan oleh banyak orang karena Ghozali berhasil memperoleh keuntungan ETH dari hasil menjual foto pribadinya yang diambil selama lima tahun berturut-turut di OpenSea. Saat ini, 1 Ethereum (ETH) senilai dengan Rp60-an juta. Bahkan, mata uang digital yang satu ini digadang-gadang sebagai pesaing berat dari Bitcoin (BTC).

Waspada risiko saat investasi crypto

Saat ini, minat masyarakat terhadap investasi crypto terbilang cukup tinggi. Dilansir dari Kompas.com, Bank Indonesia (BI) masih memantau perkembangan dampak dari investasi cryptocurrency yang memiliki beberapa risiko menonjol. Risiko yang menonjol tersebut sangat variatif, berikut ulasannya.

  1. Ada hambatan regulasi di beberapa negara

Beberapa negara melarang segala aktivitas jual beli menggunakan mata uang digital atau cryptocurrency. Di Indonesia sendiri, peraturan investasi cryptocurrency masih cukup baru. Namun, kamu masih tetap bisa menggunakan mata uang digital untuk melakukan transaksi.

  1. Harga yang fluktuatif

Beberapa waktu lalu, nilai beli Bitcoin sempat mengalami kenaikan yang ekstrem akibat Elon Musk (CEO TESLA) mengizinkan pembelian saham menggunakan Bitcoin (BTC). Selain itu, ia juga pernah membuat harga Dogecoin (DOGE) melambung hanya karena mengunggah foto anjing Shiba Inu di akun Twitter pribadinya. Begitulah risiko investasi cryptocurrency, nilainya sangat fluktuatif dan cenderung ekstrem.

  1. Kemungkinan kejahatan siber

Investasi crypto adalah jenis investasi yang berbasis teknologi, sehingga segala tindak kejahatan tidak dapat terlihat secara langsung di hadapan Anda. Investasi cryptocurrency yang Anda miliki bisa saja hilang begitu saja akibat adanya peretasan. Kasus ini sudah banyak terjadi pada beberapa pengguna.

  1. Waspadai bursa bodong

Makin tinggi minat masyarakat terhadap investasi crypto, makin tinggi pula tindak kejahatan yang menyertainya, salah satunya adalah bursa bodong crpto yang tidak terdaftar di Bappebti. Banyak masyarakat tertipu dengan kata-kata manis mengenai keuntungan investasi crypto yang ditawarkan oleh situs bodong ini. Untuk menghindari risiko investasi cryptocurrency ini, sebaiknya gunakan platform yang telah mendapat izin resmi dari pemerintah.

Investasi adalah kegiatan yang penting untuk mengembangkan harta maupun modal bisnis. Banyak orang kini mulai merambah ke investasi crypto lantaran keuntungannya yang fantastis. Namun, jika Anda belum siap terjun ke instrumen investasi tersebut, Anda bisa berinvestasi secara konvensional untuk mengembangkan modal usaha Anda.

Jika membutuhkan uang untuk modal bisnis, Anda juga bisa menggunakan jasa dari Modalku. Modalku adalah platform digital yang memberikan pinjaman dana untuk para pelaku UMKM di Indonesia. Sudah ada lebih dari 50.000 UMKM Indonesia yang menggunakan pinjaman uang dari Modalku. Anda juga bisa memilih tenor pembayaran sesuai kemampuan, mulai dari 1-24 bulan. Informasi lebih lanjut mengenai Modalku, klik tombol di bawah ini!

Danai Sekarang


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia.

Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Referensi:
https://www.liputan6.com/crypto/read/4865510/tak-ingin-terjebak-investasi-bodong-kripto-simak-tips-ini

https://money.kompas.com/read/2021/10/05/171907026/ini-risiko-investasi-kripto-menurut-bank-indonesia

https://katadata.co.id/safrezi/digital/61b170f652225/apa-itu-ethereum-memahami-sejarah-cara-kerja-dan-komponennya


Tinggalkan Balasan